Jurus Anti Grogi

image : https://circle.cerdasmulia.net/darimana-datangnya-perasaan-gugup/

Kita kadang dihadapkan pada keadaan yang memaksa kita untuk bicara, dari hal yang sepertimya sepele, seperti menanyakan materi yang tidak dipahami kepada dosen, atau mungkin teman bahkan diskusi di kampus, presentasi, atau  di forum-forum ilmiah.

Nyatanya dalam suatu forum diskusi atau bahkan di kelas saat pembelajaran tidak banyak orang yang bisa mengemukakan pendapatnya, alasannya pun bermacam-macam, dari mungkin yang tidak memahami materi, tidak punya ide, atau terkadang sering seseorang sudah memiliki gagasan, bahkan sudah dirancang sedemikian bagusnya tapi tidak bisa mengungkapkan.

Alasannya sebenarnya sepele, kebanyakan muncul rasa khawatir, ragu, malu, yang membuatnya tidak percaya diri, rasa cemas, grogi yang over ini bisa menimbulkan berbagai dampak negatif, misalnya jika karena ia tidak jadi mengemukakan gagasannya, padahal gagasannya sebenarnya sudah tepat di akhir nanti akan muncul rasa menyesal, apalagi bila ada orang lain yang memiliki gagasan yang sama dan ia berani mengungkapkannya sehingga ia mendapat banyak pujian, rasa menyesal itu akan semakin besar, dampak lain misalnya bila ia mencoba mengungkapkan tetapi tidak bisa membunuh groginya, bisa jadi gagasan yang sudah diruntutkannya akan menjadi acak-acakan, bahkan kebingungan.

Melawan grogi, bahkan membunuh grogi ini sangat penting, meskipun hampir setiap orang yang akan tampil misalnnya selalu memiliki grogi, bahkan motivator ulung sekalipun, bedanya mereka yang sukses dalam speaknya ialah yg bisa mengendalikan groginya.

Berikut ialah jurus jitu anti grogi yang bisa kita terapkan,

  1. Gerakkan Badan, sebelum mulai bicara gerakkan, usir ketegangan dengan berusaha santai berusaha menghilangkan ketegangan di tubuh dengan melakukan kerja aktiv pada tubuh tapi dengan gerakan ringan, misal pijit-pijit tangan pukul-pukul pipi, atau senam-senam kecil lainnya.
  2. Curi waktu, usahakan mengkondisikan diri dulu untuk memastikan sudah benar-benar siap dan memastikan kondisi audience, curi waktu sebentar, untuk diam, menatap ke pembicara, tetapi jangan terlalu lama, dan pastikan kamu sudah benar-benar siap.
  3. Tarik Napas, jurus ketiga ini sering digunakan dan memang terbukti hasilnya, tarik napas dan keluarkan perlahan, gunakan pernapasan perut karena powernya lebih besar.
  4. Senyum, Salam, Sapa, nah ini juga tidak kalah pentingnya, senyummu bisa menimbulkan semangat positif orang laian hingga orang lain akan membalas senyumanmu dan itu akan meningkatkan kepercayaan dirimu.
  5. Berdo’a, jangan lupa juga sebelum memulai aktivitas apapun berdo’a pada Allah SWT agar semua aktivitas kita dimudahkan, dan mendapat berkah dan manfaat.

Nah itu jurus jituy agar kita bisa tenang saat bicara atau tampil dan menampilkan kualitas diri kita yang maksimal, selamat mencoba, semoga sukses!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: