Peduli Sahabat, Layanan Pendampingan Dunia Non-Heteroseksual

medium_37peduli-sahabat

Semakin maraknya kaum LGBT (lesbian, gay, biseksual, transjender) di Indonesia ternyata menimbulkan keresahan tersendiri di kalangan masyarakat. Kalau sekadar informasi tentang hukum secara agama, budaya, atau peraturan pemerintah maka banyak orang bisa mencarinya secara gratis di Internet. Hanya saja masalah yang timbul bukan semudah itu.

Masyarakat membutuhkan informasi secara objetif tentang orientasi seksual dan identitas sosial non-heteroseksual. Mereka juga memerlukan bantuan ‘gratis’ apabila, salah satu dari mereka dan kerabatnya, merasa tidak nyaman dengan orientasi seksual atau identitas sosial non-heteroseksual.

Apa yang sebaiknya mereka lakukan agar bisa mengikuti aturan agama, budaya, dan peraturan pemerintah meskipun ‘berbeda’?

Hari Sabtu, tanggal 14 Maret 2015 di kantor Insists (Institute for the Study of Islamic Thought and Civilizations) Kalibata Jakarta, telah berdiri layanan Peduli Sahabat yang mempunyai visi dan misi sebagai berikut.

Visi
Menjadi sahabat, dalam norma agama dan budaya Indonesia, bagi individu yang mempunyai orientasi seksual atau identitas sosial non-heteroseksual dan keluarga serta orang terdekatnya.

Misi
Memberikan pendampingan dan konsultasi secara pribadi kepada individu yang merasa hidup tidak nyaman dengan alasan sebagai berikut.

Istri/suami yang mengetahui (baik secara langsung atau tidak) pasangannya berorientasi seksual atau beridentitas sosial non-heteroseksual.
Orang tua yang mengetahui (baik secara langsung atau tidak) anaknya berorientasi seksual atau beridentitas non-heteroseksual, atau sebaliknya.
Keluarga dan saudara dekat yang mengetahui seseorang mempunyai orientasi seksual atau beridentitas sosial non-heteroseksual.
Seseorang yang mempunyai orientasi seksual atau beridentitas sosial non-heteroseksual.

Tujuan
Menjadi sahabat terbaik, sesuai norma agama dan budaya, bagi setiap individu yang mempunyai orientasi seksual atau identitas sosial non-heteroseksual dan keluarga serta orang terdekatnya.

Susunan Pengurus
Pembina:
– Dr. dr. Fidiansjah, Sp. KJ, MPH
– dr. Agung Frijanto, SpKJ
– Rita Soebagio, Spt, M.Si
– Raikaty S Panyiilie, B.Sc.

Pengawas
– dr.Prianto Djatmiko, SpKJ
– Dr. Dinar Dewi Kania

Ketua
– Agung Sugiarto, S.Pd

Sekretaris
– Kusuma Wijaya Paputungan, S.Psi
– Sarah Larasati Mantovani, S.H., M.P.I

Bendahara
– Tetrasari, SE.Ak.
– Suci Susanti, S.Sos.I

Pengolah Data dan Penelitian
– Arif Santoso, ST
– Galuh Andina Putri, M.Psi
– Vequentina Puspa Indah, M.Psi, Psi

Pendampingan Layanan
– Yurisa Nurhidayati, S.psi
– Wulan Irodatiah R, S.Psi, Psi
– Nurtika Ulfah, M.Psi, Psi

Pendampingan Hukum
– Edy Wirastho, SE.MPI
– Miftahul Jannah, M.Psi, Psi

Humas
– Ayub, S.Pd.I
– Sinta Yudisia Wisudanti, S.Psi

Embrio layanan ini digagas oleh Sinyo (Agung Sugiarto) dan teman-teman narasumber di milis hijrah_euy dan grup Tobatnya LGBT II. Gayung bersambut datang dari AILA (Aliasi Cinta Keluarga), para pakar psikiater seperti DR.dr. Fidiansjah.Sp.KJ.,MPH (Ketua Forum Komunikasi Study Kesehatan Jiwa Islam Indonesia), dr. Prijanto Djatmiko, SpKJ, dan berbagai organisasi kemasyarakatan dan wanita untuk mendukung layanan ini secara legal formal.

Peduli Sahabat sudah bisa melayani gratis mulai hari (15 Maret 2015) untuk sementara di Facebook dulu (legal formal susunan pengurus, website, dan berbagai macam layanan yang bisa diberikan sedang dalam proses), selanjutnya menyusul layanan lain termasuk bisa bertemu muka.

1. Layanan personal bisa ‘add’ id pedulisahabat2015 atau sinyo.egie. Layanan ini khusus bagi teman-teman yang akan ikut pendampingan langsung sesuai metode yang kami miliki.

Sebaiknya teman-teman yang akan berkonsultasi membuat id FB baru khusus kepentingan ini. Jika Anda menggunakan id FB asli bisa langsung berkirim pesan (tanpa berteman).

2. Layanan umum silakan bergabung di grup

https://www.facebook.com/groups/pedulisahabat2014/ , di sini masyarakat dapat bertanya berbagai hal berhubungan dengan dunia LGBT. Kita akan dibantu banyak ahli dan profesional di bidangnya.

Layanan Peduli Sahabat ini bersifat umum, berlaku untuk semua masyarakat yang membutuhkannya.

Profil Penulis:

Sinyo – penulis buku laris Anakku Bertanya tentang LGBT. Selain menulis buku parenting dan bacaan anak-anak, dia juga konselor LGBT, pendiri layanan Peduli Sahabat, serta aktif menjadi humas di beberapa grup kepenulisan. Bisa dihubungi di [email protected], saat ini aktif di Komunitas Ummi Menulis

Sumber: https://pedulisahabat.org/?p=23

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: