Jika Berhasil, Proyek Beasiswa ke Jepang Akan Berlanjut

Prosesi pelepasan 14 pelajar SMK asal Jawa Barat yang meraih beasiswa ke Jepang. (Foto: Oris R/Okezone)

BANDUNG – Dinas Pendidikan Jawa Barat menyambut baik pemberian beasiswa belajar, magang, hingga bekerja di Jepang untuk 14 siswa dari sembilan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Proyek itu merupakan kerjasama antara Disdik, Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS), dan Sentra Global Edukasi (SGE).

“Ini merupakan yang pertama di Indonesia, mudah-mudahan bisa berjalan dengan sukses,” kata Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Asep Hilman, di Kantor Dinas Pendidikan Jawa Barat, Kota Bandung, Kamis (1/10/2015).

Di Jepang, ke-14 siswa itu akan belajar selama 3,5 tahun. Mereka akan dibekali kemampuan bahasa Jepang, budaya, pelatihan skill, hingga bekerja paruh waktu. Setelah lulus, mereka juga akan bekerja di perusahaan Jepang dengan durasi kontrak kerja selama lima tahun.

Selama berada di Jepang, mereka diharapkan membuat bangga Indonesia. “Mudah-mudahan mereka bisa menunjukkan bahwa kualitas SDM kita tidak kalah dengan yang dari luar negeri lainnya,” ungkapnya.

Sementara jika program itu berhasil, bukan tidak mungkin proyek tersebut akan kembali dilakukan. Dengan begitu, akan makin banyak siswa Indonesia yang mendapatkan ilmu di Jepang dengan tujuan akhir memberi kontribusi positif bagi Indonesia di masa depan.

“Kalau berhasil, program ini akan kita lakukan setiap tahun,” jelas Asep.

(Oris Riswan dalam https://news.okezone.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: