BUMIKU, KONSERVASIKU, RUMAHKU #1

BUMIKU, KONSERVASIKU, RUMAHKU

images

Siapa pun sepakat, kualitas pendidikan harus selalu ditingkatkan. Hal tersebut bukan saja amanat, tetapi sebuah keniscayaan ketika persaingan global menjadi kenyataan. Lewat pendidikanlah, rakyat berpikir kritis menyikapi realitas sosial-budaya. Dalam tataran  praktis, upaya apa yang mampu dilakukan lemmbaga perguruan tinggi kependidikan untuk mendukung ketercapaian amanat tersebut?

Sejak 2010 Uniersitas negeri Semarang menetapkan visi universitas konservasi. Lengkapnya, universitas konservasi bertaraf internasional yang sehat unggul dan sejahtera, sesuai dengan tugu SUTERA yang merupakan simbol Unnes.  Cita-cita ini dideklarasikan Prof Sudijoono Sastroatmodjo M.Si bersama unsur pimpinan dan mahasiswa dengan disaksikan Menteri Pendidikan dan kebudayaan, M. Nuh.

Visi menjadi universitas konservasi tak semata-mata menggambarkan imajinasi gigantis para pengelola universitas, melainkan “ambisi” untuk berbagi. Sebab, pencapaian tertinggi visi ini bukan lembaga itu sendiri, melainkan manfaat bagi umat. Maka, adalah niscaya Unnes untuk mengembangkan diri menjadi lembaga keilmuan yang memiliki reputasi internasional

Untuk menuju ke sana, konservasi Unnes harus berbasis riset ddan inovasi keilmuan yang bermuara keunggulan setiap fakultas dari Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Matematika dan Ipa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakkultas Ilmu Sosial, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu keolahragaan, Fakultas Hukum,dan Fakultas Teknik. Keunggulan konservasi Unnes adalah konservasi yang ditopang oleh kretivitas kinerja keilmuan dosen dan mahasiswa di setiap fakulta serta ditopang oleh layanan prima tenaga kependidikan. Mengapa riset dan keilmuan? Sebab, “ilmu adalah Jendela Dunia”.

Soal konservasi moral, seluruh lapisan masyarakat mengidamkan kehidupan yang tentram dan harmoni. Moral adalah perangkat batin agar kehidupan ideal semacam itu bisa diwujudkan dengan partisipasi tiap orang. Tugas Unnes adalah membumikan semangat konservasi moral agar detaknya dirasakan oleh masyarakat luas. Moralitas jadi PR besar, sebagaimana diamanatkan Tuhan kepada para rasulya untuk “memperbaiki akhlak”.

Pesan untuk mahasiswa Unnes untuk wujudkan Unnes konservasi bereputasi  :

Tanamkan semangat berprestasi

Laksanakan tugas sepenuh hati

Taati aturan administrasi

Jadikan hidup selalu berarti

 

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di UniversitasNegeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: