Mengenal Jenis- jenis Kopi

Di postingan sebelumnya pasti sudah sangat paham tentang kopi. nah untuk nambah pengetahuannya tentang jenis jenis mari lanjut baca artikel ini.

Semenjak ditemukannya kopi oleh tukang gembala kambing di Ethiopia, Kopi mulai menyebar luas dari arab terus dibawa dan diperkenalkan di eropa dan menjadi komoditas Duniria. Kopi menjadi komoditas dari negara negara yang berada di garis Bean Belt. ada dua jenis kopi yang beredar di dunia sekarang ini yaitu :

1. Kopi Arabika

https://2.bp.blogspot.com/-GDkf79Bt5a8/Vff-WWngmrI/AAAAAAAAHl8/bbDiCQSduxI/s400/kopi%2Bflores%2Barabika.jpgkarakteristik jika di pasaran
1. Harga lebih mahal 2-3 kali dari kopi robusta.
2. Menguasai 70% pasar kopi dunia
3. Kafein rendah.
4. Rasa asam dangan karakter rasa asli yang kuat.
5. Tanaman kopinya hidup di dataran tinggi
6. Kopi Arabika Indonesia termasuk salah satu kopi arabika terbaik di dunia karena karakter rasanya yang khas dan menjadi primadona di pasar kopi dunia.

2. Kopi Robusta

https://2.bp.blogspot.com/-PX--ui_ehBY/VdTfd0QBvqI/AAAAAAAAHcs/dm6bF4waz20/s400/robusta%2Bmedium%2Bkopi.jpg
1. Harga lebih murah.
2. Menguasai 30% pasar kopi dunia.
3. Kafein tinggi, sekitar 2-3 kali lebih banyak dari kopi arabika.
4. Rasa pahit dengan sedikit rasa asli.
5. Tanaman kopinya hidup di dataran rendah.
6. Kopi Robusta Indonesia menguasai pasar kopi nasional, sebagian besar diolah menjadi bahan baku produk kopi sachet dan kopi instan.

kopi yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia yaitu sekitar 70%, sementara 30% sisanya adalah konsumsi kopi robusta. Saat ini, kopi merupakan komoditas kedua yang paling banyak diperdagangkan setelah minyak.

Tanaman kopi sebenarnya bisa tumbuh sampai setinggi 10 meter, tapi tanaman kopi di perkebunan kopi umumnya dibuat untuk tumbuh sampai 3 meter saja agar mudah dipetik. Buah kopi dipetik dan diolah sampai tersisa bijinya saja, lalu biji tersebut dikeringkan. Selanjutnya biji kopi yang masih berwarna hijau ini dipanggang pada suhu 260 derajat Celcius sampai merekah dan berubah warna. Nah, biji yang sudah dipanggang inilah yang bisa diolah jadi minuman.

Nah Sudahkah Anda Minum Kopi Pagi ini?

 

Source : Hipwee.com

Kopijavalorek.com

Posted in Celoteh and tagged , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: