Wisata Jawa Tengah

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang dianugerahi dengan begitu banyak keistimewaan. Selain kaya akan budaya dan adat istiadat, provinsi yang berbatasan langsung dengan Jawa Barat, Jawa Timur, serta Daerah Istimewa Yogyakarta ini juga punya bentang alam yang menawan.

Ada begitu banyak tempat wisata menarik di Jawa Tengah yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama ketika musim liburan dan akhir pekan. Mungkin tempat wisata berikut ini bisa menjadi rekomendasi yang cocok bagi anda.

1. Candi Borobudur

Ikon wisata paling terkenal di Jawa Tengah adalah Candi Borobudur yang terletak di Magelang, tepatnya 40 km arah barat laut Yogyakarta. Tempat wisata di Jawa Tengah ini merupakan peninggalan agama Budha masa lampau.

Selain merupakan candi Budha terbesar di dunia yang sarat akan nilai sejarah, Borobudur juga didapuk sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia. Di kompleks Candi Borobudur sendiri terdapat 1.460 relief dan 504 stupa yang hingga sekarang masih terjaga keasliannya.

2. Candi Prambanan

Ketika berkunjung ke tempat wisata di Jawa Tengah ini, anda tidak hanya akan disuguhi dengan jejak sejarah yang eksotis, tapi juga hijaunya pepohonan yang tumbuh di sekitar area candi. Karena terletak di perbatasan, candi ini dikelola secara kerja sama antara DIY dan Jawa Tengah.

Candi Pramanan yang merupakan komplek candi Hindu terbesar di Indonesia pernah mengalami beberapa kali pemugaran, terutama pasca gempa Jogja pada 2006 silam. Meski begitu, kesan asli candi yang bersejarah tetap tidak hilang dari bangunan ini.

3. Puri Maerokoco

Di Taman Mini Indonesia Indah-nya Jawa Tengah ini Anda bisa menyaksikan berbagai jenis kebudayaan khas Jateng seperti pakaian khas, rumah adat, sampai permainan tradisional.

Tempat wisata di Jawa Tengah ini sangat cocok dijadikan destinasi liburan akhir pekan bersama keluarga, terutama untuk si kecil, karena ada banyak wahana menarik yang bisa dicoba, mulai dari perahu, kereta, sepeda air, dan wahana lain yang tak kalah menarik.

4. Kota Lama Semarang

Kota Lama sendiri merupakan sebuah kawasan yang oleh pemerintah kolonial dulu dijadikan sebagai pusat perniagaan. Anda bisa menjumpai bangunan-bangunan peninggalan Belanda, seperti Gereja Blenduk, Stasiun Kereta Api Tawang, Jembatan Mberok, PT. Pelni, Pabrik Rokok Praoe Lajar, Polder Air Tawang, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Anda bisa singgah ke berbagai tempat makan yang masih sangat berbau Eropa, baik dari bangunannya maupun menu yang ditawarkan, salah satunya adalah Toko Oen yang merupakan salah satu tempat wisata kuliner di Semarang yang paling terkenal.

5. Lawang Sewu

Meskipun namanya Lawang Sewu, bukan berarti bangunan ini memiliki 1.000 pintu. Hanya saja bangunan ini memang memiliki jumlah pintu yang sangat banyak. Pada zaman dulu bangunan ini dipakai sebagai kantor pusat perkeretaapian di wilayah Semarang. Tidak heran kalau berkunjung ke sini, Anda akan melihat banyak miniatur kereta yang dipajang di meja yang dilindungi kaca-kaca.

Aura mistis seketika akan menyergap Lawang Sewu pada malam hari. Kalau Anda suka menguji nyali, cobalah datang dan jelajahi bangunan kuno ini ketika matahari sudah terbenam, dijamin bulu kuduk anda akan merinding.

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Skip to toolbar