Analisis Phyco Social Sangkal Putung “Susanto”

IMG_20151111_091549

Kesehatan merupakan bagian penting dari kehidupan, sehinggapengobatan terhadap suatu penyakit sangat dibutuhkan. Berbagai macampengobatan semakin berkembang, baik pengobatan modern maupunpengobatan tradisional. Salah satu pengobatan tradisional yang masih diminati masyarakat yaitusangkal putung. Dukun patah tulang atauyang biasa disebut sangkal putung berarti pijat urat bagi orang yang patahtulang. Definisi lainnya sangkal putung merupakan suatu bentuk pengobatantradisional yang masih cukup banyak dipakai oleh penderita patah tulangsebagai alternatif terhadap cara pengobatan yang diberikan oleh ilmukedokteran. Sangkal putung merupakan pengobatan patah tulangyang menggunakan kekuatan doa, dan minyak yang dimilikioleh dukun patah tulang dan susu yangbersaldarisapimongoliasebagaiobatbagipasien. Sangkalputungtelahdilengkapidenganfasilitas-fasilitas modern sepertiambulan, radiologi, rawatinap, dokterumum.

Pelaku dalam Pengobatan Sangkal Putung

Beberapa orang beranggapan bahwa menjadi ahli sangkal putungmerupakan seseorang yang pintar memijat. Ada pula yang mengidentikan ahlisangkal putung sebagai orang berkemampuan khusus dan memperolehkeistimewaan itu dengan cara gaib. Selain itu, masyarakat juga percayabahwa seseorang bisa menjadi ahli sangkal putung apabila memiliki garisketurunan seorang sangkal putung.Untuk menjadi seorang juru sembuh sangkal putung, maka seseorangperlu menguasai ilmu khusus yang diperoleh dari banyak sumber. Ilmutersebut dapat diperoleh melalui ilmu warisan turun temurun dari nenek ataukakek, ayah atau ibu , dan juga dapat berasal dari orang lain yang terlebihdahulu menguasai ilmu tersebut.

Ada juga yang berasal dari para leluhur yangtelah tiada.Para leluhur tersebut umumnya menyampaikan pesan melalui banyak media. Namun untuk menjadi penyembuh sangkal putung yang profesional, orang tersebut jugaharus melengkapi pengetahuan dengan banyak bertanya kepada mereka yanglebiha ahli maupun dengan mencari informasi dan referensi dari banyak sumber lain.

Metode Pengobatan Sangkal Putung

Metode yang digunakan tidak jauh berbeda seperti praktik pijat padaumumnya yang menggunakan keterampilan tangan dan obat gosok. Awalnya,penderita cidera tulang akan diperiksa lebih dahulu dengan alat rontgent pada bagian yang dikeluhkan. Pengamatan tersebut berfungsi untuk mendiagnosa keparahan dan sebagai pertimbangan untuk memutuskan caradalam memijat. Pasalnya tiap jenis cidera akan berbeda perlakuan dalammemijatnya.

Padapasien yang mengalamicidera yang sangatparah, maka mas Zaka (pemilikSangkalPutung) akanmerujukpasienkerumahsakit. Namunbagipasien yang menurutnyadapatditangani, makaakanditerimadandiberipelayananpengobatan. Di dalam dunia pengobatan sangkal putung, mereka percaya bahwa tulang yang patah setelahdiberikanpengobatanmakalambatlaun tulang tersebut akan tersambung kembali.

Metode pengobatan sangkalputung adalah pengobatan tulang tanpa melalui jalan operasi. Hal inilah yang membedakan pengobatan sangkal putung dengan pengobatan kedokteran.Pengobatan sangkal putung kebanyakan tidak ada pembiusan, jadi pasientetap merasakan sakit sepanjang proses pengobatan. Selain itu, di sangkalputung tidak menggunakan pen dan gif, melainkan hanya dibidai dengankertas kardus ataupun papan kayu sesuai ukuran dan diikatkan pada bagianyang sakit kemudian dibalut dengan perban. Pada kasus tertentu seperti patahtulang di tangan hanya dibebat dengan kain sewek yang digantungkan padaleher. Hal tersebut dilakukan jika bagian yang sakit adalah tangan atau kaki.

Pasien yang berobat ke sangkal putung akan mendapat perawatan rutinyaitu pemijitan yang dilakukan tiap hari untuk membetulkan sambungantulang dan memperlancar aliran darah. Proses pemijatan akan dilakukanberkala bila tingkat keparahan cidera tinggi. Bagipasien yang menderitacideraparahatautidakdapatberjalanmakaakandiberikanpelayanandenganrawatinap. Persyaratan penderita yang diterapi adalahistirahat total dan tidak boleh menggerakkan bagian tubuh yang cidera selamabeberapa hari. Bagi penderita yang datang dari jauh atau yang tingkatkeparahannya tinggi biasanya memanfaatkan fasilitas pondok tersebut.

Selainmenjaga agar bagian tubuhnya tidak bergerak bila dipaksakan untuk melakukan perjalanan jauh, rupanya mereka juga bermaksud agar ahlisangkal putung memonitor penderita selama di pondok hingga penderitasembuh.Disediakan pula obat berupasusu yang berasaldarisapimongolia yang didatangkandari distributor secaralangsung. Dan seperti yang diketahui oleh masyarakatluas, pengobatan sangkal putung jauh lebih murah daripada pengobatanmodern. Namun pengobatan ini juga dapat menyebabkan beberapa senditangan atau kaki yang menjadi kaku karena tidak pernah digerakkan untuk waktu yang lama yaitu sekitar satu bulan. Barulah setelah tulang tersambung,sendi yang kaku tersebut dilemaskan atau diurut.

Sisi Positif dan Negatif Sangkal Putung

Sisi Positif Sangkal Putung

  1. Biaya yang relatif lebih murah, karena beberapa sangkal putungmenerapkan sistem pembayaran sukarela
  2. Kemudahan dalam segi administrasi, sehingga lebih mudah dijangkau oleh masyarakat
  3. Lokasi yang mudah dijangkau karena sebagaian besar lokasi sangkalputung dekat dengan pemukiman warga.

 

Sisi Negatif Sangkal Putung

  1. Walaupun tulang dapat menyatu sendiri, namun jika posisinya tidak diatur, maka penyatuan tulang dapat menimbulkan beberapa masalahseperti gangguan pada saraf berupa kesemutan sampai gangguanfungsi gerak dan bentuk yang tidak simetris.
  2. Memanipulasi tulang yang patah tanpa mengetahui gambaranpatahnya dapat merusak jaringan sekitarnya.
  3. Pada patah tulang yang terbuka, resiko infeksi tulang besar.

Studi Kasus

Berikut ini adalah opini-opini yang terjaring oleh kelompok kami denganmetode wawancara dan pencarian di internet sebagai studi kasus mengenaipengobatan Sangkal Putung:

  1. Ibu Sariyem

Ibu Sariyemmerupakan pasien sangkalputung yang kami temuidisana.IbuSariyemmerupakanpasiendengan keluhantulangretakpadatangnnyaakibatterpelesetkotoranayam. Beliaumemilihpengobatan sangkalputungbapakSusantokarenarekomendasidaritetanggadankarenapadasangkalputungbapaksusantoinitelahdilengkaapidenganfasilitaskesehatan yang memadaisepertirongent.Selainitu, padasangkalputung bapaksusantotidakmematokbiayayang mahalsehinggadapatdijangkauolehbeliau. IbuSariyemtelahmelakukanperawatanrutindantelahmerasakanperkembangan yang baik.

Analisis dengan Model pelayanan kesehatan psikologikalsosial

Psikologikal sosialmerupakanpelayanankesehatan yang menggunakansistemkepercayaandansikapseseorangdalammelihatpelayanankesehatan yang ada.Terdapat4 kategori yang menjadikanfaktorseseorangmemilihpelayanankesehatantersebutdiantaranya:

  • Perasaankerentanan terhadappenyakit/sakit.
  • Perasaankeseriusanpenyakit/sakit.
  • Harapankeuntungan daritindakanygdiambil (menggunaanpelayanankesehatan) untukmenghadapipenyakit/sakit.
  • Isyaratygmendorongtindakanindividu.

Menganalisis pada pelayanan kesehatan alternatif Sangkal Putung “Susanto” dapat dianalisis dengan menggunakan pendekatan psikologikal sosial. Dimana setiap dari pasien yang datang berkunjung untuk melakukan pengobatan ternyata termotivasi dengan keyakinan dan kepercayaan dari pasien tersebut untuk sembuh dari sakitnya melalui pelayanan Sangkal Putung “Susanto”.

Sistem kepercayaan ini dibangun oleh masyarakat khususnya yang menjadi pelaku pasien dari pelayanan Sangkal Putung ini, mempercayakan penuh dan bahkan memberikan harapan yang besar kepada “dukun” yang akan mengobatinya. Selain dari sistem kepercayaan, masyarakat juga mempunyai suatu cara pandang tersendiri mengenai tindakan seperti apa yang nantinya akan diambil ketika seseorang sedang sakit. Seperti yang dilakukan oleh ibu Sariyem, beliau memiliki 4 kategori yang menjadikanfaktorseseorangmemilihpelayanankesehatantersebutdiantaranya:

  • Perasaankerentanan terhadappenyakit/sakit.

Perasaan yang dirasakan inu Sariyem pada saat ini sedang mengalami masa-masa dimana beliau rawan dalam melakukan gerak terutama yang melibatkan tangannya. Perasaan semacam ini akan menimbulkan kekhawatiran tersendiri jika akan melakukan gerakan-gerakan pada tubuhnya.

  • Perasaankeseriusanpenyakit/sakit.

Keputusan ibu Sariyem untuk berobat dan memilih ke Sangkal Putung bapak Susanto karena adanya rasa kekhawatiran jika sakit yang ada pada tangannya akan mengalami sakit yang parah, maka dari perasaan itulah, ibu Sariyem memutuskan untuk berobat ke Saangkal Putung bapak Susanto tersebut.

  • Harapankeuntungan daritindakanygdiambil (menggunaanpelayanankesehatan) untukmenghadapipenyakit/sakit.

Salah satu alasan yang menjadi alasan mengapa ibu Sariyem memutuskan untuk berobat ke Sangkal Putung disini karena adanya harapan besar yang beliau pikirkan, yaitu tangannya yang sakit dapat segera sembuh dengan pelayanan pengobatan alternatif Sangkal Putung tanpa adanya pengobatan medis berupa operasi yang sekiranya menghabiskan banyak biaya. Dengan berobat ke Sangkal Putung bapak Susanto ini, ibu Sariyem juga berharap dapat berobat dengan biaya yang lebih terjangkau bila dibandingkan dengan pengobatan secara medis.

  • Isyaratygmendorongtindakanindividu.

Selain dari ketiga kategori yang telah disebutkan tadi, adapula kategori dimana ibu Sariyem mendapat sesuatu isyarat sembuh ketika beliau mempercayakan pengobatannya pada Sangkal Putung. Isyarat ini dapat berasal dari keyakinan ibu Sariyem untuk sembuh dan hal itu berupa sugesti yang dibangun, selain itu isyarat dari para mantan pasien Sangkal Putung ini memberikan recommended bahwa pengobatan di Sangkal Putung pasti akan sembuh dan terbukti dengan banyaknya pasien yang dapat sembuh

Tulisan ini dipublikasikan di Sosiologi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: