Naskah Sosiodrama dengan Discovery Learning

dc

PROLOG

Suatu hari tepatnya pada hari Senin yang cerah, seusai upacara bendera, kelas XII D akan diadakan pembelajaran mata pelajaran Sosiologi dengan menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning. Metode pembelajaran ini merupakan salah satu metode pembejaran yang inovatif yang berguna untuk merangsang peserta didik untuk berpikir, aktif dan dapat menemukan ilmu sendiri dengan tuntunan pendidik.

BAGIAN I

SETTING SEKOLAH

            SMAN 2 Ungaran merupakan salah satu sekolah berstandarkan Nasional yang terletak di Kabupaten Semarang, dimana setiap peserta didik yang ada di sekolah tersebut memiliki keaktifan dalam proses pembelajaran.

  1. Penokohan dan Karakter
  • Guru
  • Novia Utari Aprilia Elizawati

Karakter guru dalam skenario ini memiliki sifat easy going, humoris, sabar, dan tegas

  • Siswa
  • Alim Asfuriyah

Karakter                      : Siswa Centil, Kritis, dan Pemalu.

  • Dede Hernawati

Karakter                      : Siswa Pemalu, dan Kurang Konsentrasi

  • Abdul Aziz

Karakter                      : Siswa Nakal, dan Tukang Tidur

  • Nurul Arifin

Karakter                      : Siswa Pendiam dan Aktif

  1. Dress Code
  • Siswa : Seragam OSIS
  • Guru : Memakai jas abu-abu, celana abu-abu dan sepatu pantofel.

  1. Setting Kelas
  • Disebuah sekolah di Kab. Semarang yaitu SMAN 2 Ungaran
  • Waktu : Hari Selasa pukul 07.00 WIB.
  • Posisi tempat duduk :
  • Jumlah Siswa : 4 Orang

BAGIAN II

            Bagian dalam naskah ini berisi tentang sintaks serta aktivitas pembelajaran secara detail tentang aktivitas guru dan siswa dengan berdasarkan model pembelajaran Discovery Learning selama 35 menit, meliputi :

  • Materi yang disampaikan yaitu mengenai bab Pengertian Masalah Sosial.
  • Setting waktu sosiodrama pada pukul 07.00 yang merupakan jam pertama pelajaran.

  • Analisis situasi

Situasi kelas yang kondusif karena mata pelajaran Sosiologi berada di jam pelajaran pertama sehingga menjadikan siswa dalam kondisi yang masih fresh dan semangat pagi dan guru menjaga kondisi kelas agar tetap kondusif hingga pembelajaran usai.

  • Metodepembelajaranyang digunakan dalam sosiodrama ini yaitu metode pembelajarantanya jawab.
  • Media pembelajaran inovatif yang digunakan gambar-gambar tentang masalah sosial dan direfleksikan dengan video tambahan sebagai pendukung.
  • Peralatanpendukung yang dipakai beruapa laptop, alat tulis, LCD, dan proyektor.

  • Sumberyang digunakan sebagai proses pembelajaran yaitu buku paket, koran dan internet.
  • KegiatanPembelajaran

Langkah-langkah :

  • Kegiatan Awal (10 menit)
  1. Guru masuk kelas dan mengucap salam.
  2. Guru memimpin doa sebelum pembelajaran dimulai.
  3. Guru mempesensi kehadiran peserta didik.
  4. Guru melakukan review tugas dengan melakukan quiz sederhana berupa tanya jawab tentang pengertian masalah sosial.

  • Kegiatan Inti (30 menit)
  1. Guru memberikan rangsangan berpikir kepada peserta didik sebagai stimulus dengan cara menampilkan dua gambar tentang penyimpangan sosial dan masalah sosial.
  2. Guru memberikan kesempatan kepada pesrta didik untu bertanya seputar gambar yang ditampilkan.
  3. Setelah mengajukan pertanyaan, guru membagi pesrta didik dalam 2 kelompok yang beranggotakan 2 dan 3 orang.
  4. Peserta didik diberi kesempatan oleh guru untuk berdiskusi sejenak untuk mencari informasi dari internet yang terkait dengan masalah sosial.
  5. Setelah berdiskusi dan mencari informasi, peserta didik diminta untuk mengklasifikasikan macam-macam dari masalah sosial.
  6. Setelah mengklasifikasikan, peserta didik diminta untuk menyimpulkan tentang masalah sosial.
  7. Peserta didik diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka.
  8. Guru melakukan review dari pembelajaran yang telah diajarkan.

  • Kegiatan Akhir ( 5 menit )
  1. Guru mengakhiri pembelajaran.
  2. Guru mengucap salam dan keluar kelas.

  • Kemampuanberfikir :menganalisis, menemukankemudianmenyimpulkan

  • Evaluasi : non tes, jadievaluasinyapadaproses dansikapsiswadenganpenilaainpengamatan

BAGIAN III

Model pembelajarandenganmemberikanduagambartentangmasalahsosialuntukkemudiandiklasifikasikandandiukur oleh peserta didik dengan awalan gurumemberikanpertanyaaanuntukmerangsangpeserta didik agar peserta didik dapat menyimpulkanisikasusdarigambartersebut.

Tulisan ini dipublikasikan di Sosiologi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: