Nov 08

Belanja online merupakan proses pembelian barang/jasa oleh konsumen ke penjual real-time, tanpa pelayan dan melalui Internet. Toko virtual ini mengubah paradigma proses membeli produk/jasa dibatasi oleh tembok, pengecer atau mall. Proses tanpa batasan ini dinamakan belanja online Business-to-Consumer (B2C). Ketika pebisnis membeli dari pebisnis yang lain dinamakan belanja online Business-to-Business (B2B). Keduanya adalah bentuk e-commerce (electronic commerce). Diawali tahun 1990-an, Tim Berners-Lee dengan WWW server pertamanya, membuka penggunaannya secara komersial dan dipergunakan sebagai sistem online toko pizza, Pizza Hut. Tahun 1994, Netscape memperkenalkan enkripsi data SSL transfer online, agar belanja lebih aman. Tahun 1995, Amazon meluncurkan situs belanja online, dilanjutkan dengan eBay di tahun 1996.

Toko online, tersedia selama 24 jam sehari, memiliki lebih banyak konsumen yang mengakses lewat internet kapan dan di mana pun, lebih banyak menghemat BBM dan waktu. Toko online menjelaskan produk yang dijual dengan baik, melalui teks, foto dan file multimedia. Mereka juga menyediakan informasi produk, prosedur keselamatan, saran, dan cara penggunaannya, fasilitas untuk berkomentar, me-ranking itemnya, akses meninjau situs lain, fasilitas real-time menjawab pertanyaan pelanggan, sehingga mempercepat mendapat kata sepakat pembelian dari berbagai vendor pemilik toko online.

Toko Online selalu meningkatkan kinerjanya dengan menganalisa pengunjungnya sehingga mereka tahu bahwa kita ada, bagaimana dan mengapa kita datang, di mana kita melihat dan mencari produknya, melihat apa yang kita beli, dan bagian apa yang kita tidak suka, serta mengapa kita pergi tanpa membeli. Berdasarkan informasi itu, mereka mengoptimalkan diri untuk memenuhi kebutuhan pengunjungnya agar lebih baik, misalnya dengan fasilitas search box, reviews of products, personalized recommendations, dan lain-lain.

Konsumen lebih memperhatikan aspek kemudahan mendapatkan barang dan metode pembayarannya. Konsumen hanya perlu menghubungi retailer-nya, menunggu kiriman dari pos. Biasanya pengiriman dalam jumlah kecil, jauh lebih mahal dari pengiriman lebih besar, bahkan ada yang menawarkan pengiriman gratis pada pesanan yang cukup besar. Konsumen juga dapat beralih antar pemasok dan vendor tanpa mengganggu proses belanja seperti belanja konvensional.Konsumen juga tidak perlu terganggu dengan adanya keributan suara orang belanja,kemacetan,  tempat parkir, pelayan yang tidak ramah, AC yang sangat dingin, bau menyengat, kamera di lemari ganti, dan banyak lagi.

Cara Meyakinkan Konsumen Agar Mau Membeli Produk dalam Online Shop

Konsumen yang ragu dan cenderung takut adalah hal-hal yang lumrah biasa kita temui jika harus berbelanja di internet. Berbagai banyak kasus penipuan online juga semakin marak, membuat konsumen terkadang cukup was-was jika harus membeli barang di internet. Padahal dari sisi cost belanja di internet jauh lebih menguntungkan konsumen, tapi dari sisi trust kebanyakan konsumen masih cenderung berfikir panjang jika harus berbelanja di internet.

  1. Membuat website khusus

Jika memang Anda serius untuk menjadi online seller, Anda harus membuat website sedemikian rupa yang tentunya menggambarkan tentang perusahaan Anda dan menampilkan produk yang Anda miliki. Buat pengunjung yakin bahwa Anda serius untuk menjual produk-produk Anda dengan memiliki nama domain website sendiri.

  1. Cantumkan profile yang jelas

Kebanyakan konsumen ketika melihat sebuah toko baru, tidak hanya online, offlinepun mereka pasti akan bertanya-tanya ini toko milik siapa dan menjual apa saja? Nah, agar bisa menambah kepercayaan dari konsumen maka jangan lupa untuk mencantumkan profile diri atau profile perusahaan Anda beserta visi misinya. Jangan hanya nama kalau perlu cantumkan alamat yang jelas dan nomor telfon Anda atau perusahaan Anda.

  1. Tampilkan produk yang jelas

Untuk menjual produk di internet, pastikan semua produk Anda dapat dilihat secara jelas, tidak samar. Kalaupun berupa gambar atau foto, tampilkanlah foto yang paling maksimal dan tidak pecah. Selain dari foto, penulisan deskripsipun harus singkat dan jelas. Tidak terlalu panjang ataupun pendek, pastikan dalam deskripsi tersebut konsumen tidak akan bertanya kembali kepada Anda. Semua yang menjadi pertanyaan konsumen pada umumnya, harus sudah Anda tuliskan pada deskripsi produk tersebut. Terkadang jika Anda memposting produk pada situs-situs marketplace, jangan menuliskan deskripsi produk yang hanya meng-copy paste dari situs lain. Misalnya Anda menjual handphone, biar deskripsi jelas Anda menuliskan kembali spesifikasi dari handphone tersebut yang mengambil deskripsi dari situs lain. Jsutru kebanyakan pembeli tidak cukup tertarik untuk membaca spesifikasi dari apa yang Anda cantumkan. Lebih baik Anda menuliskan deskripsi produk sendiri itu akan jauh lebih baik dan dari sisi orisinalitasnya lebih bisa meyakinkan konsumen.

  1. Memberikan pelayanan terbaik

Anda sebagai penjual pastikan harus bisa memberikan pelayanan yang bisa membuat konsumen tertarik untuk membeli produk Anda nantinya. Lima konsumen yang bertanya tentang produk Anda, paling tidak satu dari mereka usahakan sudah pasti akan membeli produk Anda nantinya. Jika ada pertanyaan dari konsumen, jawablah dengan sikap yang ramah, sopan, dan tegas. Perlihatkan apa yang menjadi keunggulan dari produk Anda tersebut. Pastikan konsumen bisa benar-benar yakin dan percaya bahwa produk Anda adalah terbaik dari yang paling baik. Sehingga nanti pada akhirnya konsumen akan tertarik untuk membelinya.

  1. Eksistensi diri

Untuk menunjukkan bahwa Anda adalah online seller yang serius. Maka yang namanya eksistensi diri perlu dilakukan. Sebagai contoh jika saat ini Anda menjadi penjual sepeda. Tunjukkan kepada orang-orang bahwa Anda adalah penjual sepeda yang terpercaya dengan merubah nama profile di berbagai situs jejaring sosial, atau juga bisa merubah nama contact bbm yang Anda miliki dengan nama misalnya, “Anto Pedagang Sepeda”. Jika nama profile dan kontak Anda tuliskan seperti itu semua, nantinya orang-orang akan selalu ingat kalau mau beli sepeda bisa menghubungi Anto.

  1. Update produk secara berkala

Salah satu kunci untuk meyakinkan konsumen adalah dengan terus memperbanyak jumlah produk. Anda tidak akan bisa menjual produk dengan hanya menjual beberapa item saja. Semakin banyak produk yang Anda jual tentu akan semakin menambah tingkat kepercayaan dari konsumen.

  1. Perbanyak jaringan

Cara selanjutnya agar bisa membuat konsumen percaya pada usaha atau bisnis Anda yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah memperluas jaringan dan perbanyak relasi. Jangan lupa untuk mengenalkan usaha Anda juga. Semakin banyak orang yang mengenali Anda, maka bisnis Anda juga akan semakin dikenal oleh banyak orang. Otomatis orang juga sudah percaya bahwa Anda adalah penjual yang mereka kenali. Jadi tidak akan ada lagi perasaan khawatir dari konsumen karena sebagian konsumen adalah rekan Anda sendiri.

Anda tentu masih bisa bereksplorasi sendiri untuk meyakinkan konsumen agar mau membeli produk Anda. Berhasil atau tidaknya cara diatas adalah tergantung dari keseriusan Anda dalam menjalankannya. Satu hal lagi, melakukan cara-cara diatas hasilnya tidak akan langsung bisa terlihat jika hanya dilakukan sekali atau dua kali saja. Lakukan cara tersebut secara berulang-ulang dan jangan lupa untuk update terus produk Anda secara berkala.

Jenis barang apa saja yang biasa di beli di shopping online

.1. Perawatan Kecantikan Wajah dan Tubuh

Mayoritas peminat jual beli online didominasi oleh kaum wanita yang juga ibu rumah tangga dan pekerja muda. Mereka senang melihat dan membeli beragam jenis produk perawatan kecantikan yang ditawarkan guna mempercantik penampilan mereka.

Kerapkali harga yang ditawarkan antara produk yang dijual secara online lebih murah dibandingkan dengan produk yang dijual secara fisik. Produk yang dijual sangat lengkap seperti pemutih wajah, pemutih tubuh, penurun berat badan dan lainnya.

2. Pakaian

Bisnis pakaian memang tidak ada habisnya. Kebanyakan dari pakaian yang dijual adalah pakaian wanita karena kebutuhan fashion wanita memang jauh lebih tinggi dari pria.

Bila pria tahan tidak membeli pakaian baru dalam satu bulan? Bagaimana dengan wanita? Wanita memang lahir dengan keinginan belanja yang lebih tinggi daripada pria. Jenis pakaian yang ditawarkan juga lengkap, mulai dari pakaian  dalam hingga gaun pengantin bisa Anda dapatkan di toko online.

3.  Sepatu dan Tas

Bila dulu Anda harus pergi ke toko atau pusat perbelanjaan untuk membeli tas atau sepatu, kali ini Anda tidak perlu melakukannya lagi. Banyak sekali toko online yang menawarkan produk sepatu dan tas.

Tidak hanya sepatu dan tas dalam negeri, sepatu dan tas import bersertifikatpun kini bisa Anda dapatkan dengan bantuan toko online.

4. Alat Rumah Tangga

Sering melihat iklan home shopping di televisi? Yups, konsep serupa juga ditawarkan di toko online yang menjual peralatan rumah tangga seperti blender, microwave, pisau dan mixer. Alat-alat rumah tangga yang kerap kali Anda liat iklannya di tivi umumnya ditawarkan dengan harga yang cukup tinggi.

Membeli barang di toko online tidak menjamin Anda mendapatkan produk serupa dengan harga yang lebih murah tetapi Anda dapat menemukan banyak pilihan alternatif dengan kualitas tidak kalah bagusnya dan dengan harga yang pastinya jauh lebih murah.

5. Gadget

Meskipun membeli gadget melalui toko online mengandung resiko yang sangat tinggi, peminat gadget yang membeli secara online masih cukup tinggi.

Karena harga yang ditawarkan antara membeli di toko secara langsung lebih tinggi dibandingkan membeli secara online sehingga peminat membeli gadget secara online masih cukup tinggi.

Keuntungan dari shopping online

Sifatnya yang mudah, cepat dan terkadang lebih murah. Secara umum, dibanding berdiri di antrian yang panjang menunggu giliran membeli tiket, orang lebih suka cara yang lebih sederhana dengan log-in di website dan membeli langsung secara online. Dalam beberapa hal, anda mungkin berkenan membayar harga premium untuk pembelian online dikarenakan faktor kemudahan dan kenyamanannya.

Contoh, apabila anda membeli tiket secara online, mungkin anda harus membayar lebih mahal sedikit dibanding beli langsung di loket, tetapi orang-orang lebih memilih online karena faktor kemudahan tersebut. Membeli online juga berguna apabila anda ingin mengirimkan hadiah ke teman yang bertempat tinggal di kota atau negara yang berbeda.

   Lebih praktis karena tidak perlu melewati padatnya lalu lintas.

Kemungkinan harga lebih murah itu besar, karena sang pemilik online shop tidak perlu membayar sewa ruko, toko dsb.

      Harga bervariasi, sehingga dapat membandingkan antara online shop satu dengan online shop lainnya.

Jangkauan belanja luas, tidak hanya sebatas dalam kota, luar kota pun bisa bahkan luar negeri. terlebih lagi, banyak sekali website yang dikhususkan untuk forum transaksi jual beli lokal, interlokal, maupun internasional.

2 Responses to “PENGARUH SOSIAL MEDIA TERHADAP TREND JUAL BELI ONLINE”

  1. mbanya suka blanja online ga? 😀

  2. enggak terlalu kak, soalnya kalau online kadang barangnya menipu 😀

Leave a Reply