Cuplikan Silabus Sosiologi Kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013

Hai Kawan blogger  ?

Postingan kali saya akan memberikan pengetahuan mengenai silabus sosiologi SMA kelas XI kurikulum 2013. Waktu pelaksanaan kegiatan pembelajaran Sosiologi kelas XI dilaksanakan selama empat jam pelajaran per-minggu. Dalam mendukung kegiatan pembelajaran tersebut, diperlukan suatu materi pembelajaran dan kompetensi dasar untuk dua semester yang akan disajikan sebagai berikut:

  1. Materi Pembelajaran ke 1

Pembentukan kelompok sosial : Dasar-dasar pembentukan kelompok; berbagai bentuk dan jenis kelompok-kelompok kepentingan di masyarakat; karakteristik khusus atau partikularisme dan eksklusivisme kelompok.

Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Memahami pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan Sosiologis.
  • Menalar tentang terjadinya pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan Sosiologis.
  1. Materi Pembelajaran ke 2

Permasalahan sosial dalam masyarakat : Permasalahan sosial di masyarakat; partikularisme kelompok dan dilema pembentukan kepentingan publik; berbagai jenis permasalahan sosial di ranah publik; dampak permasalahan sosial terhadap kehidupan publik; pemecahan masalah sosial untuk mencapai kehidupan publik yang lebih baik.

Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Memahami permasalahan sosial dalam kaitannya dengan pengelompokan sosial dan kecenderungan eksklusi sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan Sosiologis.
  • Melakukan respon mengatasi permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat dengan cara memahami kaitan pengelompokan sosial dengan kecenderungan eksklusi dan timbulnya permasalahan sosial.
  1. Materi Pembelajaran ke 3

Perbedaan, kesetaraan, dan harmoni sosial : Partikularisme kelompok dan perbedaan sosial di masyarakat; kesetaraan untuk mencapai kepentingan umum atau publik; perbedaan dan kesetaraan antar kelompok dalam kehidupan publik; relasi antar kelompok dan terciptanya keharmonisan sosial dalam kehidupan masyarakat atau publik.

Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Memahami arti penting prinsip kesetaraan untuk menyikapi perbedaan sosial demi terwujudnya kehidupan sosial yang damai dan demokratis.
  • Menerapkan prinsip-prinsip kesetaraan untuk mengatasi perbedaan sosial dan mendorong terwujudnya kehidupan sosial yang damai dan demokratis.
  1. Materi Pembelajaran ke 4

Konflik, kekerasan, dan perdamaian : Konflik, kekerasan, dan perdamaian; pemetaan konflik (konteks, issu, pihak-pihak, dan dinamika); akar masalah dan sebab-sebab terjadi konflik; resolusi konflik (pencegahan, kelola, rekonsiliasi, dan transformasi); peran mediasi dan pihak ketiga dalam penyelesaian konflik dan menumbuhkan perdamaian.

Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Memahami konflik sosial dan bagaimana melakukan respon untuk melakukan resolusi konflik demi terciptanya kehidupan yang damai di masyarakat.
  • Memetakan konflik untuk mampu melakukan resolusi konflik dan menumbuh kembangkan perdamaian di masyarakat.
  1. Materi Pembelajaran ke 5

Integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya pemecahan masalah konflik dan kekerasan : Konflik bersifat kekerasan dan dampaknya terhadap perpecahan atau disintegrasi sosial; perdamaian dan integrasi atau kohesi sosial; pemulihan (recovery), rehabilitasi, reintegrasi, dan transformasi sosial; reintegrasi dan koeksistensi dalam kehidupan damai di masyarakat.

Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Memiliki pengetahuan mengenai bagaimana melakukan pemecahan masalah untuk mengatasi permasalahan sosial, konflik, dan kekerasan di masyarakat.
  • Melakukan penelitian sederhana berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan dengan permasalahan sosial dan konflik yang terjadi di masyarakat sekitar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: