MATERI PELAJARAN SOSIOLOGI SMA/ MA KELAS XII “Kearifan Lokal”

Hai sahabat cakrawalars

Melanjutkan postingan sebelumnya, kali ini saya kembali lagi untuk menyuguhkan khasanah-khasanah ilmu pengetauan yang menarik dan tentunya sangat membantu kalian para kaum intelek yang haus akan ilmu dan pengetahuan. Masih sama dengan pembahasan sebelumnya, yakni tentang materi pembelajaran Sosiologi SMA/ MA, namun untuk kali ini yang kami sajikan adalah materi kelas XII. Dalam hal ini, kami akan menyajikan materi tentang “Kearifan Lokal”. Agar kita mampu menyelami lebih dalam lagi mengenai substansi dari materi tersebut, mari kita baca selengkapnya……

Manusia hidup di dunia ini mempunyai status dan peran yang berbeda-beda. Dalam hal status, secara umum manusia mempunyai dua status yang tetap dan melekat pada diri masing-masing manusia. Dua status tersebut adalah status manusia sebagai makhluk individu dan status manusia sebagai makhluk sosial. sebagai manusia, kita harus mengetahui tentang status tersebut dan harus mampu menempatkan diri dalam mengemban status tersebut.
Salah satu peran atau tugas manusia sebagai makhluk individu adalah beribadah kepada Tuhannya masing-masing sesuai dengan kepercayaan dan keyakinannya. Adapaun sebgai makhluk sosial, manusia juga harus mampu menempatkan diri dan mengendalikan dirinya untuk berusaha menghargai akan keberadaan orang lain di sekitarnya. Sebagai makhluk sosial, manusia pasti membutuhkan orang lain dalam aktifitas sehari-harinya. Bentuk manusia sebagaimakhluk sosial yakni dengan adanya suatu kelompok sosial
Kelompok sosial merupakan kumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan dan kepentingan yang sama dan bekerja sama dalam rangka mewujudkan atau merealisasikan tujuan dan kepentigan tersebut demi kebaikan bersama pula. Sjatinya, kelompok sosial ini terdiri dari orang-orang yang mempunyai kesadaran akan status dan perannya dalam kelompok tersebut, terdiri dari orang-orang yang mempunyai komitmen dan loyalitas tingg terhadap kelompok sosialnya tersebut.
George Homans
Kelompok sosial merupakan kumpulan individu yang melakukan kegiatan, interaksi, dan memiliki perasaan untuk membentuk suatu keseluruhan yang terorganisasi dan berhubungan timbal balik.

Paul B. Horton dan Chester L Hunt
Menurut Paul B. Horton dan Chaster L hunt pengertian kelompok sosial adalah kumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotannya dan saling berinteraksi.

Soerjono Soekanto
Soerjono Soekanto berasumsi bahwa pengertian kelompok sosial adalah himpunan atau kesatuan kesatuan manusia yang hidup bersama karena saling berhubungan di antara mereka secara timbal balik dan saling mempengaruhi.

Dalam masyarakat, suatu dikatakan sebagai kelompok sosial jika di dalamnya terdapat berbagai kriteria, diantara beberapa kriteri tersebyt adalah:
Memiliki kepentingan bersama,
Terdapat interaksi dan juga komunikasi diantara anggota,
Pada setiap anggota memiliki motif yang sama di dalam kelompok sosial,
Memiliki struktur sosial, yang mana setiap anggotanya memiliki status ataupun peranan,
Merupakan satu-kesatuan yang nyata,yang bisa dibedakan dengan kelompok-kelompok yang lain,
Mempunyai norma atau juga peraturan yang tegas sebagai sebuah pedoman tingkah laku, sehingga bisa mengatur hubungan diantara sesama anggota.

Dalam membentuk suatu kelompok sosial, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi, syarat-syrat tersebut diantaranya adalah:
Bersistem dan berproses,
Adanya hubungan timbal balik antara anggota,
Memiliki struktur, kaidah dan pola perilaku yang sama,
Adanya kesadaran sebagai bagian dari kelompok yang bersangkutan,
Adanya faktor pengikat seperti kesamaan ideologi, kepentingan dan kesamaan nasib.

Suatu kelompok sosial itu dapat terbentuk karena berbagai faktor yang melatarbelakangainya, dantaranya yaitu:
Faktor Kedekatan
Faktor Kesamaan
Memiliki kesamaan nasib
Kesamaan kepentingan
Kesamaan Keturunan

Untuk memperluas cakrawala pengetahuan dan wawasan kita akan ketimpangan sosial, silakan bisa baca artikel berita berikut ini,
https://news.detik.com/berita/d-3509923/di-pelukan-adat-kanguru-papua-berlindung-dari-kepunahan?_ga=2.251236806.1755384814.1510044605-1941954916.1510044604

Penugasan:

  1. Jelaskan bagaimana pemahaman Anda tentang kearifan lokal?
  2. Sebutkan jenis-jenis kearifan lokal di Indonesia!
  3. Solusi apa yang telah anda upayakan untuk menjaga kearifan lokal yang ada?

Referensi:
http://www.dosenpendidikan.com/kearifan-lokal-pengertian-ciri-contoh/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco