MATERI PELAJARAN SOSIOLOGI SMA/ MA KELAS XII “Ketimpangan Sosial”

Hai sahabat cakrawalars
Melanjutkan postingan sebelumnya, kali ini saya kembali lagi untuk menyuguhkan khasanah-khasanah ilmu pengetauan yang menarik dan tentunya sangat membantu kalian para kaum intelek yang haus akan ilmu dan pengetahuan. Masih sama dengan pembahasan sebelumnya, yakni tentang materi pembelajaran Sosiologi SMA/ MA, namun untuk kali ini yang kami sajikan adalah materi kelas XII. Dalam hal ini, kami akan menyajikan materi tentang “Ketimpangan Sosial”. Agar kita mampu menyelami lebih dalam lagi mengenai substansi dari materi tersebut, mari kita baca selengkapnya……

Dalam kehidupan sosial sehari-hari, sering kali kita jumpai berbagai fenomena sosal yang menunjukkan adanya suatu permasalahan atau kejadian-kejadian yang tidak sesuai dengan aturan umum masyarakat. Dalam dunia ilmu pendidikan khususnya ilmu sosial, fenomena tersebut dikenal dengan istilah ketimpangan sosial. Secara explisit, dapat kita pahami bahwa ketimpangan sosial merupakan suatu bentuk ketidakadilan yang dirasakan oleh masyarakat dalam status dan juga kedudukannya.
Banyak tokoh ilmuan terkemuka pada jamannya yang juga mempunyai argumen akan ketimpangan sosial, diantaranya yaitu:
Budi Winarno
Ketimpangan sosial merupakan suatu gejala yang terjadi akibat dari kegagalan pembangunan di era globalisasi untuk memenuhi kebutuhan fisik dan psikis warga masyarakat.

Roichatul Aswidah
Menurutnya, ketimpangan sosial sering dipandang sebagai dampak residual dari proses pertumbuhan ekonomi.

Andrinof A. Chaniago
Ketimpangan sosial adalah buah dari pambangunan yang hanya berfokus pada aspek ekonomi dan merupakan aspek sosial.

Jonathan Haughton & Shahidur R. Khandker
Ketimpangan sosial mengarah pada bentuk-bentuk ketidakadilan yang terjadi dalam proses pembangunan.
Ketimpangan sosial yang muncul di masyarakat pasti menimbulkan berbagai dampak bagi masyarakat tersebut, baik itu dampak positif maupun dampak negatif. Ketimpangan sosial dapat mendorong wilayah lain yang kurang maju untuk dapat ikut bersaing, ketimpangan sosial juga mampu untuk meningkatkan pertumbuhan kesejahteraan rakyat. Ketimpangan sosial juga dapat berdampak negatif bagi masyarakat, diantaranya yaitu, memicu timbulnya kecemburuan sosial, menjadikan adanya pembatasan hubungan sosial karena kedudukan seseorang dalam masyarakat, dapat melemahkan stabilitas sosial dan solidaritas, serta menimbulkan adanya ketidakadilan dalam kehidupan masyarakat.
Ketimpangan sosial ini tidak serta-merta muncul begitu saja dalam kehidupan sosial masyarakt, melainkan terdapat berbagai faktor yang melatarbelakanginya. Beberapa faktor tersebut diantaranya adalah,
Faktor Demografi
Faktor tersebut adalah: Jumlah penduduk, komposisi penduduk, dan juga persebaran penduduk

Faktor Pendidikan
Faktor tersebut adalah: perbedaan pendidikan yang diterima oleh masing-masing individu dalam masyarakat.

Faktor Kesehatan
Ketimpangan sosial dapat disebabkan oleh fasilitas kesehatan yang tidak merata di setiap daerah, jangkauan kesehatan kurang luas, serta pelayanan kesehatan yang kurang memadai.

Faktor Ekonomi
Faktor ekonomi sering dianggap sebagai penyebab utama munculnya ketimpangan sosial dalam masyarakat. ketimpangan sosial ini muncul karena pembangunan ekonomi yang tidak merata. Ketidakmerataan pembangunan ekonomi inilah yang kemudian menjadi pemicu adanya ketimpanagn sosial tersebut.
Adapun solusi untuk mengatasi ketimpanagn sosial yang terjadi dimasyarakat adalah, dengan melakukan mobilitas geografis masyarakat, meningkatan kualitas penduduk, serta menciptakan peluang kerja bagi masyarakat.
Melakuakan Mobilitas Geografis
Tujuan dari dilaksanakannya mobilitas ini adalah untuk mengendalikan jumlah penduduk di suatu daerah, meratakan pembangunan masyarakat, dan juga untuk meratakan pelayanan terhadap masyarakat.

Meningkatkan Kualitas Penduduk
Fungsi dari upaya ini adalah untuk memperbaiki kualitas pendidikan masyarakat, meningkatkan fasilitas kesehatan, dan juga untuk melakukan pemberdayaan kelompok masyarakat.

Menciptakan Peluang Kerja
Dengan menciptakan peluang kerja, diharapkan mampu untuk mengurangi jumlah pengangguran yang ada di masyarakat. Dengan ini diharapkan masyarakat akan terlepas dari ketimpangan sosial yang sedang dialaminya.
Untuk memperluas cakrawala pengetahuan dan wawasan kita akan ketimpangan sosial, silakan bisa baca artikel berita berikut ini,
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3634823/begini-cara-pemerintah-atasi-masalah-ketimpangan?_ga=2.18020729.1755384814.1510044605-1941954916.1510044604

Penugasan:

  1.  Jelaskan bagaimana para tokoh memaknai tentang ketimpangan sosial!
  2. Pernahkan anda melihat fenomena ketimpangan sosial dalam suatu masyarakat?
  3. Solusi apa yang telah anda upayakan untuk mengurangi ketimpangan sosial tersebut?

Referensi:
https://yustinasusi.wordpress.com/2015/09/25/ketimpangan-sosial/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco