MATERI PELAJARAN SOSIOLOGI SMA/ MA KELAS XII “Perubahan Sosial”

Hai sahabat cakrawalars
Melanjutkan postingan sebelumnya, kali ini saya kembali lagi untuk menyuguhkan khasanah-khasanah ilmu pengetauan yang menarik dan tentunya sangat membantu kalian para kaum intelek yang haus akan ilmu dan pengetahuan. Masih sama dengan pembahasan sebelumnya, yakni tentang materi pembelajaran Sosiologi SMA/ MA, namun untuk kali ini yang kami sajikan adalah materi kelas XII. Dalam hal ini, kami akan menyajikan materi tentang “Perubahan Sosial”. Agar kita mampu menyelami lebih dalam lagi mengenai substansi dari materi tersebut, mari kita baca selengkapnya……

Manusia merupakan makhluk yang bersifat dinamis, dimana ia selalu bergerak dan juga berinteraksi dengan manusia lain. Dalam proses interaksinya tersebut sering kali menimbulkan suatu perubahan-perubahan sosial yang terjadi di masuyarakat. Meskipun tidak selamanya perubahan itu diciptakan oleh perilaku manusia, namun yang lebih dominan untuk melakukan perubahan-perubahan tersebut adalah manusia. Lantas bagaimana perubahan sosial ini terjadi dan apa yang sebenarnya dimaksud dengan perubahan sosial tersebut?
Prubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan tertentu, dimana dengan adanya perubahan sosial ini menimbulkan berbagai dampak pula terhadap unsur kemasyarakatan yang lainnya, seperti nilai, sikap, serta pola perilaku antar kelompok-kelompok dalam masyarakat. perubahan sosial ini terjadi karena berbagai fktor yang melatarbelakanginya. Bisa faktor geografis, sosial kebudayaan, komposisi penduduk, ideologi masyarakat, maupun inovasi-inovasi baru yang ada di masyarakat.
Faktor Penyebab Perubahan Sosial
Secara sederhana, perubahan sosial ini muncul karena adanya dua faktor, yakni faktor internal dan juga faktor eksternal.
Faktor Internal
Konflik
Perubahan Jumlah Penduduk
Pemberontakan atau Gerakan Revolusi
Penemuan Penemuan Baru dalam Masyarakat

Faktor Eksternal
Faktor Alam
Adanya Peperangan
Pengaruh dari Masyarakat atau kebudayaan lain

Jenis-Jenis Perubahan Sosial
Berdasarkan Waktunya
Evolusi
Merupakan perubahan yang terjadi secara lambat dalam kurun waktu yang relatif lama. Perubahan ini biasanya terjadi karena perkembangan kondisi masyarakat dalam menjalankan usaha-usaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Revolusi
Merupakan perubahan sosial yang mendasar yang terjadi dalam kurun waktu yang sangat cepat. Secara sosiologis, revolusi biasanya berkaitan dengan perubahan kehidupan atau lembaga sosial dalam suatu lingkungan masyarakat. Revolusi bisa terjadi dengan adanya perencanaan ataupun tidak sekalipun, pemicu dari revolusi biasanya adalah konflik atau ketegangan yang terjadi dalam lingkungan masyarakat yang bersangkutan.

Berdasarkan Perencanaannya
Perubahan yang Direncanakan
Merupakan suatu bentuk perubahan yang direncanakan oleh pihak-pihak yang menghendaki perubahan tersebut. Perubahan ini sudah dijadikan tujuan oleh pihak-pihak yang hendak melakukan perubahan. Pihak – pihak tertentu ini biasanya disebut sebagai Agent Of Change, biasanya mereka merupakan kelompok yang mendapat kepercayaan dari masyarakat untuk menjadi pemimpin dalam lingkungan yang bersangkutan.

Perubahan yang Tidak Direncanakan
Merupakan suatu perubahan yang terjadi secara tiba-tiba, tanpa ada unsur persiapan ataupun perencanaan apapun. Perubahan ini biasanya muncul mengiringi suatu fenomena tertentu, dimana muncul atau datangnya perubahan ini tidak dapat diprediksi sebelumnya.

Berdasarkan Pengaruhnya
Perubahan Besar
Merupakan bentuk perubahan yang terjadi secara mendasar, dimana akibat dari adanya perubahan ini menimbulkan dampak yang besar bagi tatanan masyarakat. dampak dari adanya perubahan ini sangat dirasakan oleh masyarakat umum.

Perubahan Kecil
Merupakan bentuk perubahan yang terjadi, dimana dampak dari adanya perubahan ini tidak menimbulkan suatu efek yang besar bagi masyarakat. dengan ada atau tidak adanya perubahan ini, tidak merubah tatanannmasyarakat.

Dampak Perubahan Sosial
Dampak Positif
Menciptakan lapangan kerja baru,
Membentuk nilai dan norma baru,
Masyarakat semakin menghargai waktu,
Perlindungan dan kebebasan dalam berpendapat,
Menciptakan tenaga kerja dengan kualitas yang lebih baik,
Perkembangan ilmu Pengetahuan dan teknologi dalam masyarakat.

Dampak Negatif
Munculnya kesenjangan sosial,
Menyebabkan kerusakan lingkungan,
Lembaga sosial tidak dapat berfungsi secara maksimal,
Terjadinya ketegangan dan pergolakan di daerah yang bersangkutan,
Perubahan tingkah laku ke arah negatif sehingga memicu konflik sosial,
Meredudkan keberadaan adat istiadat karena kebudayaan lama cenderung ditinggalkan,
Budaya konsumtif semakin besar karena tingkat konsumsi akan menggambarkan status seseorang,
Terjadinya Disintegrasi Sosial (Kesenjangan sosial, perbedaan kepentingan) yang akan menimbulkan perpecahan
Untuk memperluas cakrawala pengetahuan dan wawasan kita akan ketimpangan sosial, silakan bisa baca artikel berita berikut ini,

https://news.detik.com/berita/d-3711819/polisi-tangkap-pria-yang-sebar-konten-porno-gay-di-med sos?_ga=2.123941194.1755384814.1510044605-1941954916.1510044604

Penugasan:

  1. Bagaimana perubahan itu muncul?
  2. Sebutkan jenis-jenis perubahan sosial?
  3. Mengapa perubahan sosial ada yang bersifat positif? Jelaskan!

Referensi:
http://www.ilmudasar.com/2017/05/Pengertian-Ciri-Bentuk-Faktor-dan-Teori-Perubah an-Sosial-adalah.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco