MATERI PELAJARAN ANTROPOLOGI SMA/ MA KELAS XI: Konsep Dasar Etnografi

Hai sahabat cakrawalars

Melanjutkan postingan sebelumnya, kali ini saya kembali lagi untuk menyuguhkan khasanah-khasanah ilmu pengetauan yang menarik dan tentunya sangat membantu kalian para kaum intelek yang haus akan ilmu dan pengetahuan. Untuk kali ini yang kami sajikan adalah materi Antropologi SMA/ MA kelas XI. Dalam hal ini, kami akan menyajikan materi tentang “Konsep Dasar Etnografi”. Agar kita mampu menyelami lebih dalam lagi mengenai substansi dari materi tersebut, mari kita baca selengkapnya……

Perlu diketahui sebelumnya bahwa materi pada kali ini merupakan suatu hasil resuman. Untuk mengetahui bagaimana materi lengkapnya, silakan baca di sini

Etnografi

Etnografi berasal dari dua kata yaitu ethnos dan graphein. Etnos sendiri memiliki makna etnis, suku, atau bangsa sedangkan graphein berarti tulisan atau uraian. Sehingga secara etimologis, etnografi dapat diartikan sebagai tulisan tentang etnik, suku, atau bangsa. Etnografi sendiri juga dapat diartikan sebagai metode yang umumnya digunakan pada penelitian antropologi. Sehingga hubungan antara etnografi dan kajian antropologi tidak dapat dipisahkan.

Dalam buku Metode Etnografi (Spradley, 2007) disebutkan bahwa etnografi merupakan tulisan atau laporan mengenai kehidupan suatu suku bangsa yang ditulis oleh seorang antropolog atas hasil penelitian lapangannya dalam kurun waktu tertentu. Tujuan dari etnografi sendiri yaitu untuk memahami kebudayaan suatu masyarakat melalui sudut pandang mereka (etik dan emik). Oleh karena itu, etnografi merupakan hal yang dapat menjelaskan atau mendeskripsikan suatu kebudayaan baik secara etik maupun emik.

Teknik Penelitian Etnografi

Dalam melakukan penelitian etnografi terdapat dua macam metode atau teknik yang digunakan yaitu :

  1. Observasi

Observasi merupakan kegiatan penelitian yang dilakukan dengan cara terjun langsung ke lapangan untuk mengamati dan mencatat segala fenomena-fenomena yang ada selama proses penelitian berlangsung. Dalam metode observasi, terdapat beberapa macam bentuk observasi yaitu observasi partisipan dan non partisipan, observasi sistematik dan non sistematik, serta observasi eksperimental dan non eksperimental.

  1. Wawancara

Wawancara merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh informasi dengan cara tanya jawab antara pewawancara (peneliti) dan informan. Melalui wawancara, kita dapat menggali informasi-informasi berupa pengalaman masa lalu, makna sebuah tradisi atau kebudayaan, dan hal-hal yang berkenaan dengan  kehidupan atau kebudayaan suatu masyarakat. Dalam metode wawancara terdapat beberapa macam bentuk yaitu wawancara partisipasi, identifikasi, persuasi, dan menggunakan “key person”

Deskripsi Institusi-Institusi Sosial dalam Suatu Kelompok Etnik di Indonesia

Dalam suatu masyarakat terdapat berbagai macam institusi sosial di dalamnya. Institusi sosial ini dapat berupa sistem kekerabatan, sistem religi, sistem politik, sistem mata pencaharian hidup, bahasa, dan kesenian. Salah satu contoh bentuk institusi sosial dalam kelompok etnik di Indonesia dapat dijumpai pada masyarakat suku Jawa. Berikut merupakan bentuk-bentuk istitusi sosial dalam masyarakat Jawa.

  • Dalam masyarakat Jawa sistem kekerabatannya berdasarkan prinsip keturunan bilateral. Sedangkan sistem istilah kekerabatannya berdasarkan klasifikasi menurut tingkatan angkatannya.
  • Pada masyarakat Jawa umumnya mereka menganut agama Islam yang beraliran santri dan kejawen. Namun, ada beberapa pula masyarakat Jawa yang menganut agama Nasrani atau agama besar lainnya.
  • Sebagian besar masyarakat Jawa khususnya yang tinggal di daerah pedalaman, mereka bekerja sebagai petani. Namun beberapa dari mereka ada pula yang bekerja sebagai pedagang, pegawai, dan sebagainya.
  • Pada masyarakat Jawa khususnya di pedesaan, secara administratif mereka berada di bawah kekuasaan pemerintah kecamatan dan terdiri dari dukuh-dukuh. Masing-masing dukuh ini diketuai oleh seorang kepala dukuh (kepala desa).

Selain memberikan materi mengenai konsep dasar etnografi, penulis juga akan menyajikan artikel berita yang terkait dengan materi di atas. Artikel berita tersebut berupa kegiatan warga Kampung Laut saat menggelar upacara di tengah laguna. Berikut merupakan link berita tersebut.

https://m.detik.com/news/berita-jawa-tengah/d-3603333/warga-kampung-laut-cilacap-gelar-upacara-di-tengah-laguna

Penugasan

Setelah diberikan materi serta artikel berita di atas, guna menguji tingkat pemahaman Anda mengenai materi tersebut, penulis akan menyajikan beberapa pertanyaan dan silahkan untuk dijawab.

  1. Berdasarkan konsep dasar etnografi di atas, jelaskan menurut pendapat Anda apa yang dimaksud dengan etnografi?
  2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan metode observasi partisipan? Berikan contohnya
  3. Berdasarkan artikel berita di atas, analisislah kasus berita tersebut dengan menggunakan konsep etnografi yang telah dipaparkan di atas.

Sumber :

Koentjaraningrat, dkk. 1971. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta : Djambatan

Rohmah, Annisa Nur. 2016. Buku Siswa Antropologi Peminatan Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya Untuk SMA/MA Kelas XI. Surakarta : Mediatama

Spradley, James P. 2007. Metode Etnografi. Yogyakarta : Tiara Wacana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco