KAJIAN ETNOGRAFI “Etnografi dan Kebudayaan”

Hai sahabat cakrawalars

Selamat datang di halaman kami. Kali ini kami akan menyuguhkan materi yang sangat menarik untuk anda, kalian-kalian para pencari pengetahuan. Kali ini akan kami suguhkan materi tentang Kajian Etnografi, tepatnya yakni materi tentang Etnografi dan Kebudayaan

Berikut materinya…

Dalam bab ini, penulis mengawali pembahasannya mengenai bagaimana, serta apa itu etnografi secara detail dan menyeluruh. Etnografi merupakan suatu pekerjaan mendeskripsikan suatu kebudayaan. Tujuan dari pekerjaan atau kegiatan ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memahami suatu pandangan hidup dari sudut pandang penduduk asli suatu wilayah tertentu.

Dalam buku ini, penulis juga mengutip tentang konsep antropologi menurut Malinowski. Etnografi merupakan suatu kajian ilmu yang bertujuan untuk memahami sudut pandang penduduk asli, hubungannya dengan kehidupan, serta untuk mendapatkan pandangannya mengenai duninya (1922:25), dalam hal ini penelitian etnografi melibatkan aktivitas belajar mengenai dunia orang yang telah belajar melihat, mendengar, berbicara, berpikir, dan hendak bertindak dengan cara-cara yang berbeda. Etnografi bukan hanya skedar mempelajari masyarakat, namun etnografi juga belajar dari masyarakat.

Inti dari etnografi menurut perspektif penulis buku ini adalah, etnografi merupakan suatu upaya untuk memperhatikan makna tindakan dari kejadian yang menimpa orang yang ingin kita pahami. Sistem makna ini merupakan kebudayaan dari mereka. Di sini, etnografi selalu mengimplikasikan mengenai teori-teori dari kebudayaan tersebut.

Dalam buku ini juga dijelaskan mengenai bagaimana konsep kebudayaan.  kebudayaan merupakan suatu pengethuan yang diperoleh, yang digunakan orang untuk menginterpretasikan pengalaman dan melahirkan tingkah laku sosial. Konsep kebudayaan ini banyak mempunyai persamaan dengan interaksionalisme simbolik, dimana sebuah teori yang berusaha untuk menjelaskan tingkah laku manusia dalam kaitannya dengan makna interaksionisme. Dalam menyimpulkan suatu kebudayaan memang agak sulit, namun sering kali subjek yang kita amati dengan sendirinya melakukan perbuatan itu ketika mereka mempelajari kebudayaan mereka dan menjadi pelaku asli dari kebudayaan tersebut.

Etnografi merupakan suatu kebudayaan yang memepelajari kebudayaan lain. Etnografi merupakan suatu bangunan pengetahuan yang meliputi teknik penelitian, teori etnografi, dan berbagai macam deskripsi kebudayaan. Asumsi dasar dari etnografi berdasarkan buku ini adalah: pengetahuan dari semua kebudayaan sangatlah tinggi nilainya.

Etnografi sosial bertujuan untuk mendeskripsikan dan menerangkan mengenai bagaimana keteraturan serta berbagai variasi tingkah laku sosial. Banyak ilmu sosial yang mempunyai tujuan yang lebih terbatas. Dalam studi tingkah laku manapun, etnografi mempunyai peranan yang penting. Kita dapat mengidentifikasikan beberapa sumbangannya yang khas.

Setelah mengidentifiksikan satu bidang umum seperti sistem perawatan kesehatan yang tepat, penelitian strategis menerjemahkannya ke dalam suatu proyek penelitian yang spesifik. Dalam hal ini, tujuan etnografi yaitu untuk memahami tentang manusia, dan juga untuk memenuhi kebutuhan manusia. Adapun salah satu tantangan sang etnografer di sini adalah ia harus mampu mengsinkronkan kedua manfaat dari penelitian tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco