Recent Comments

Archives

Categories

Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Para Ahli

pendidikan-anak-usia-dini-menurut-para-ahli

Selain hal yang sudah di sebutkan di atas hal yang tidak kalah penting adalah perkembangan sosio emosional (sikap emosi) dari segi bahasa dan komunikasi. Hal ini sesuai dengan tahap-tahap perkembangan berdasarkan kelompok usia yang akan dilalui oleh anak usia dini.

Pendidikan anak usia dini menurut para ahli akhirnya Memunculkan berbagai macam karakteristik dari anak usia ini sendiri. Diantara berbagai macam karakteristik tersebut antara lain adalah pribadi yang unik, menyukai fantasi dan juga imajinasi, memiliki keingintahuan yang besar, memiliki sisi egosentris yang cukup besar, masa paling potensial untuk belajar, memiliki tingkat konsentrasi yang cenderung pendek, dan juga sebagai bagian dari makhluk sosial. Dengan mengetahui karakteristik-karakteristik tersebut, diharapkan orang tua mampu membentuk kepribadian sang anak menjadi pribadi yang baik.

Pendidikan yang baik dan ideal seharusnya sudah dilakukan semenjak anak lahir sampai anak menjadi dewa dengan menggunakan pendekatan secara alamiah. Pendidikan anak usia dini menurut para ahli menganjurkan agar orang tua memberikan kebebasan sesuai dengan bakat yang dimilikinya.

Dengan demikian anak akan mampu menjadi diri sendiri dan mengeluarkan potensi yang dimilikinya secara maksimal. Selain itu pendidikan agama juga merupakan salah satu hal yang paling penting dan harus dilakukan dimanapun sang anak berada.

Tujuan utama dari pendidikan anak usia dini ini sendiri adalah untuk mewujudkan anak Indonesia dengan kualitas yang baik, serta dapat tumbuh dan berkembang berdasarkan tingkat perkembangannya. Sehingga anak akan memiliki cukup kesiapan untuk menghadapi kehidupan di masa dewasanya.

Pendidikan anak usia dini yang terjadi pada masa golden age atau usia emas menjadi hal yang sangat penting karena pada masa tersebut seluruh potensi yang dimiliki oleh sang anak sedang mengalami masa peka dan tumbuh serta berkembang secara hebat dan tepat. Demikian uraian singkat yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: