- Memilih bacaan dan membagikannya kpd peserta
- Meminta peserta mempelajari bacaan sendirian atau dengan teman
- Meminta peserta memberi TANDA pada bagian bacaan yang tidak dipahami
- Peserta menulis pertanyaan tentang materiĀ yg dibaca
- Mengumpulkan pertanyaan yang telah ditulis peserta
- Menyampaikan pembelajaran dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut
Silberman, Mel. (1996). Active Learning 101 Strategies To Teach Any Subject. Yogyakarta: Insan
- Membagi potongan kertas yang berisi informasi dalam satu atau lebih kategori
- Peserta berkeliling kelas untuk menemukan kategori yang sama
- Peserta mempresentasikan kategori yang sama di depan kelas
- Memberikan poin-poin penting terkait dengan materi
Silberman, Mel. (1996). Active Learning 101 Strategies To Teach Any Subject. Yogyakarta: Insan
- Memilih materi menjadi beberapa segmen
- Membagi peserta menjadi beberapa kelompok
- Setiap kelompok mendapat tugas membaca dan memahami materi yang berbeda
- Setiap kelompok mengirimkan anggotanya ke kelompok lain untuk menyampaikan apa yang telah dipelajari
- Mengembalikan suasana kelas seperti semula
- Memberi pertanyaan untuk mengecek pema-haman peserta terhadap materi
Silberman, Mel. (1996). Active Learning 101 Strategies To Teach Any Subject. Yogyakarta: Insan
- Mengajukan pertanyaan yang menuntut perenungan dan pemikiran
- Meminta peserta menjawab pertanyaan secara individu
- Meminta peserta untuk berpasangan dan saling bertukar jawaban dan membahasnya
- Meminta pasangan membuat jawaban baru dari pertanyaan dan memperbaiki jawaban individualnya.
- Membandingkan jawaban setiap pasangan di dalam kelas
Silberman, Mel. (1996). Active Learning 101 Strategies To Teach Any Subject. Yogyakarta: Insan
Dalam rangka mengembangkan kemampuan praksis, dosen PGPAUD menyambangi dua lembaga mitra untuk belajar di lembaga anak usia dini. Kegiatan mengajar di bangku perkuliahan jelas berbeda dengan mengajar anak usia dini, tantangan luar biasa bagi dosen PGPAUD untuk merasakan dan belajar secara nyata bagaimana mengajar anak usia dini yang sesungguhnya.
Kegiatan ini dilakukan guna mensinergikan kemampuan akademik dan praksis dimana kedua hal tersebut menjadi bagian penting dalam pendidikan. PAUD Sekar Nagari dan TK Pertiwi Kalisegoro menjadi tempat belajar dalam mengembangkan kemampuan praksis. Kegiatan ini dimulai hari selasa 2 Februari 2016.
Harapan diselenggarakannya kegiatan ini adalah diperolehnya pengalaman yang nyata tidak sebatas teoritis pelaksanaan pembelajaran di lembaga PAUD.