Yuh, Kita Melek Teknologi!

Melek Teknologi

Hallo, sobat HiTech!

Perkembangan teknologi dewasa ini sangat semakin pesat. Terbutki kita semakin dimudahkan dengan beragam perangkat elektronik ataupun perangkat lunak seperti software di laptop kita ataupun aplikasi yang ada di smartphone kita. Para developers (pengembang), baik dari perusahaan besar maupun startup, berlomba-lomba membuat sesuatu yang memudahkan hidup umat manusia, menciptakan inovasi yang gak pernah kita bayangkan sebelumnya.

Nah, perkembangan teknologi yang pesat ternyata gak selalu diimbangi dengan kemampuan manusianya. Kenyataannya, masih banyak tuh yang masih gaptek alias gagap teknologi. Padahal ngerti teknologi itu penting lho, terutama buat kita yang masih muda. Apalagi senagai pelajar kita juga harus ngerti teknologi yang sedang berkembang sekarang ini. Jangan sampe kita jadi orang yang gaptek ya!

Eitss… jadi orang yang melek teknologi itu ada manfaatnya lho! Nah apa aja sih manfaatnya jika kita melek teknologi!

1. Kesempatan kerja lebih terbuka lebar.

Di era ini banyak pekerjaan yang menuntut kita untuk bisa mengoperasikan komputer. Paling umum, kita harus bisa mengoperasikan berbagai aplikasi kantor atau Microsoft Office dari Microsoft Word, Microsoft Power Point, dan Microsoft Excel. Tak hanya itu, kita juga harus memiliki keterampilan dalam menggunakan komputer dan juga ber-internet.  Ada baiknya tak hanya Microsoft Office kita juga bisa mengembangkan dengan bisa menggunakan beberapa software seperti CorelDraw, Corel Video Studi, atau Adobe Flash. Nah, hal itu juga bisa menjadi nilai tambah saat kita mencari pekerjaan. Makanya penting kita untuk kita bisa mengoperasikan komputer. Tentu, saat kita kerja nanti kita gak mau kan dikira gaptek cuma gara-gara gak bisa bikin kop surat di Microsoft Word. Hehe…

2. Makin lebih tahu tahu.

Banyak yang bisa kita dapat bila kita melek teknologi, dari kita bisa tahu mengenai kemudahan-kemudahan apa saja yang diberikan teknologi sampai bagaimana membuat hidup kita lebih produktif. Di smartphone atau notebook, kita bisa menentukan aplikasi apa saja yang kita buthkan selain iitu kita juga bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada sistem operasi yang belum tentu orang lain tahu. Tentu, dari situ kita bisa lebih mengoptimalkan teknologi sehingga kita lebih tahu dan juga semakin produktif. Seperti fitur reminder yang ada di calander Windows 8,Windows 8.1, dan Windows 10, yang memudahkan kita untuk menulisakn agenda-agenda yang akan datang di kalander serta membuat pengingat agenda tersebut. Di smartphone kita android, kita juga bisa install  aplikasi Google Keep untuk menuliskan hal-hal penting seperti infromasi, ide, catatan, atau ceklist yang harus kita lakukan di hari itu

3. Gak gampang ketipu.

Dengan melek teknologi, kamu juga bisa melindungi diri kamu dari bentuk-bentuk penipuan yang marak terjadi sekarang ini. Misalkan saat kamumau beli smartphone kamu tahu bedanya mana penjual yang jujur dan mana yang memang niatnya menipu. Kamu juga tahu apa itu perangkat copy, supercopy, dan rekondisi, serta bagaimana membedakannya. Bahkan kamu juga bisa terhindar dari kejahatan-kejahatan di dunia maya seperti email hadiah, atau spam yang bisa menyebar di media sosial kamu.

4. Bisa belajar banyak hal.

Lupakan cara belajar yang konvensional lewat kursus keterampilan. Kamu bisa belajar banyak hal secara mandiri kalo kamu paham gimana caranya memanfaatkan teknologi dan internet. Tinggal daftar kursus online aja, atau cari bermacam tutorial lewat video-video di Youtube. Memahami teknologi berarti membuka kesempatan seluas-luasnya untuk mempelajari banyak hal tanpa batasan ruang dan waktu.

5. Kemampuanmu memecahkan masalah bisa terasah.

Mereka yang suka sama teknologi banyak yang suka memainkan game. Menurut penelitian, game punya beragam dampak positif, salah satunya adalah membantu pemainnya memproses informasi lebih dan meningkatkan kemampuan mereka dalam berpikir dan memecahkan masalah.

Jadi, bersyukur deh kalo kamu suka main game, karena kemampuanmu bisa berguna untuk memecahkan masalah di dunia nyata.

6. Jadi mahasiswa kesayangan dosen pas presentasi.

Duh, pas mau presentasi, temenmu ternyata gak ada yang bisa nyalain proyektor. Akhirnya kamu maju sebagai penyelamat kelas dari inefisiensi waktu dan kamu pun otomatis menjadi mahasiswa kesayangan dosenmu di kelas. Hehehe.

Nah, udah tahu kan kalo ternyata melek teknologi itu punya banyak manfaat, yakin masih betah jadi orang yang gaptek? Yuh, kita melek teknologi!

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Tags: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:


Lewat ke baris perkakas