Hi, sobat HiTech?

Apakah kamu ingin tahu jadwal sholat tiap harinya agar kamu bisa sholat wajib tepat waktu? Dan kamu makin giat dalam mengaji? Ada aplikasi yang pas buat kamu, agar makin giat beribadah. Aplikasi Salaam, memang cocok banget, di aplikasi tersebut juga ada fitur menunjukan arah kiblatnya. Jadi, kamu gak perlu khawatir dalam menentuka arah kiblat saat beribadah. Lebih jelasnya, check this out!

Salaam adalah sebuah aplikasi Islam pertama di Indonesia dari Samsung Indonesia yang menggunakan Al-Qur’an versi digital yang telah mendapatkan Sertifikat Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an dari Kementerian Agama Republik Indonesia yang meliputi text arab, transliterasi, terjemah dan pedoman warna tajwid.

Pengembangan konten Al-Qur’an Samsung Indonesia ini bekerjasama dengan Cordoba International Indonesia, sebuah Penerbit Al-Qur’an terkemuka di Indonesia.

Dari beberapa aplikasi Al-Qur’an yang ada yang sudah pernah saya coba sebelumnya, menurut saya  Salaam merupakan aplikasi Al-Qur’an yang terbaik yang patut kamu miliki karena memiliki beragam fitur yang berguna untuk muslim untuk belajar lebih memahami makna ayat-ayat Al-Qur’an dan juga dilengkapi berbagai fitur lainnya seperti Hadist, do’a, adzan, info haji, dan lainnya seperti di bawah ini.

Al-Qur’an dalam Media Digital

Mendapatkan Sertifikat Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an dari Kementerian Agama Republik Indonesia meliputi Teks Arab, Transliterasi, Terjemah (Bahasa Indonesia & English). Dan dilengkapi juga dengan pedoman warna Tajwid sehingga Anda dapat secara langsung belajar tajwid Al-Qur’an. Murotal Al-Qur’an oleh Sheikh Mishary bin Rashid Alafasyyang terkenal dengan suaranya yang sangat merdu dalam melantunkan ayat-ayat Al-Qur’an.

Jadwal Waktu Sholat

Dilengkapi juga dengan pengingat waktu sholat yang akurat yang berdasarkan lokasi pengguna untuk waktu Sholat Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya. Kamu bisa men-setting penanda waktu sholat dengan nada dering atau dengan adzan.

Penunjuk Arah Kiblat

Penunjuk arah Kiblat sangat berguna jika kamu berada di daerah lain yang akan otomatis mendeteksi arah kiblat sesuai dengan lokasi sehingga kamu bisa dengan mudah menentukan arah Kiblat.

Konten Harian dan kontekstual

Kamu juga akan mendapatkan konten harian yang berupa Hadits, Ayat, Doa, serta Kontekstual berdasarkan kalender Islam (Hijriyah).

Panduan Haji dan Umroh

Menampilkan panduan lengkap manasik haji dan umroh, terdiri dari kumpulan tatacara ibadah, tips dan informasi penting, doa-doa haji berdasarkan Al-Qur’an.

Ketika Anda pertama kali membuka aplikasi Salaam ini, Kamu harus mendownload keseluruhan isi Al-Qur’an. Kamu bisa mendownloadnya per surah maupun mendownload langsung seluruh surah. Saya sarankan untuk menggunakan WiFi ketika mendownloadnya karena kontennya cukup besar agar biaya data Kamu tidak membengkak.

Setelah semua konten terdownload, buka Al-Qur’an dan pilih surah yang ingin Anda baca atau dengarkan. Kemudian sekali lagi aplikasi akan meng-upload konten yang sudah didownload tadi dengan waktu yang sesuai dengan panjang pendeknya surah dan jika sudah selesai proses upload maka Murotal akan langsung membaca surah Al-Qur’an yang Anda pilih. Dan untuk selanjutnya, Anda tidak perlu lagi mendownload dan mengupload surah tersebut. Tinggal klik tombol play atau bisa memilih menu melanjutkan bacaan sebelumnya.

Salaam

Nah gemana sobat? Aplikasi ini memang bermanfaat banget kan. Semoga dengan aplikasi ini dpaat membantu kamu dalam giat beribadah. Eitsss… ini link buat kamu unduh di playstore, Unduh Salaam

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”