Cara Jitu Atasi Spasi Berantakan pada Microsoft Word

Ms WordHi, Sobat HiTech!
Kali ini aku akan ngeposting, tips buat kamu yang jengkel kalo pernah membuka file document yang spasinya berantakan. Pasti kamu pernahkan ngalamin, spasi berantakan. Biasanya hal itu terjadi ketika Microsoft yang ada di laptop kamu berversi lebih tinggi semisal Microsoft 2013 dan saat kamu mau nge-print atau buka word document di komputer lain ternyata Microsoft Word 2007. Eh, sempet sok kan kalo dokumen tugas kamu yang semalan suntuk jadi berantakan spasinya padahal pagi itu juga kamu harus kumpulin ke guru atau dosen. Ini nih tips jitu buat kamu, biar gak ngalamin kejadian super jengkel kayak itu. Check this out!
Salah satu program bawaan yang banyak digunakan adalah Microsoft Office yang didalamnya terdapat Word, Excel, dan Power Point yang sering digunakan. Versi dari Office tersebut sudah banyak, antara lain Microsoft Office 2007, Microsoft Office 2010, dan Microsoft Office 2013 yang sekarang ini terbaru lagi Microsoft Office 2016. Aplikasi yang populer digunakan oleh pelajar, mahasiswa, staff kantor, dll adalah Microsoft Word. Banyak yang mesti kita ketahui apabila kita memang sering menggunakan Microsoft Word. Bagaimana menyimpan file? Ekstensi yang digunakan? dll.Dokumen yang dibuat dengan Word sebelum versi 2013 atau kini yang terbaru Word 2016, tetap dapat dibuka dan diedit oleh Word 2013/2016. Ketika Anda membuka sebuah dokumen di Microsoft Word 2013 yang dibuat dalam versi Word sebelumnya (97-2003, 2007 atau 2010), teks [Compatibility Mode] akan muncul di title bar. Compability mode ini  memastikan bahwa fitur-fitur terbaru di Word 2013 tidak akan disertakan dalam dokumen sehingga dokumen lama tetap dapat tersimpan sesuai dengan format Word sebelumnya (dan dapat dibuka di Word versi sebelumnya).

Nah, karena berbeda versi, hasil file yang dihasilkan pun berbeda. Kalau untuk Microsoft Office Word 2007 file berekstensi *.doc, sementara untuk Microsoft Office Word 2010 dan Microsoft Office Word 2013 berekstensi *.docx. Biasanya masalah yang muncul adalah ketika kita membuat document pada Word 2010 lalu kita membuka file tersebut pada Word 2007, spasi hilang semua (semua tulisan gandeng). Namun jika sebaliknya tidak ada masalah.

Hal ini dikarenakan ekstensi *.docx pengompressan file lebih padat dibanding *.doc, oleh sebab itu spasi hilang. Jika diibaratkan, Word 2007 adalah kelas berkapasitas 20 orang, sementara Word 2010 adalah kelas berkapasitas 30 orang dengan luas ruang yang sama. Secara logika jika 30 orang masuk ke kelas kapasitas 20 orang pasti tidak muat, maka file tersebut hilang spasinya.

Pernah mengalami spasi berantakan pada Microsoft Word? Lalu….

Bagaimana cara mengatasi Microsoft Word yang berantakan spasinya ketika dibuka pada Microsoft Word 2007 atau versi lamanya ?

Untuk mengatasi pertanyaan semacam ini ada cara jitu yang mesti kamu perhatiin dan tentunya pratekin yaitu setiap kali membuat document pada Microsoft Office 2010 maupun Microsoft Office 2013 ketika akan menyimpan file pada Save as type pilih Word 97 – 2003 Document.

savetype

wordss

So, pastikan sobat dokumen yang kamu buat sudah di save sesuai dengan type Word 97-2003 Document. Supaya kamu, gak kesusahan lagi kalo dokumen kamu dibuka ke Microsoft Word versi lama.

Gemana, sobat HiTech! Bisa diterapin tuh, tipsnya. Gak seru bangetkan kalo kamu masig bermasalah dengan spasi yang berantakan. Gak seru lagi kalo kam harus mengedit dokumen spasi berantakan secara manual. Makanya, kalo membuat dokumen dan mau menyimpannya perhatikan tipe simpannya, ya sobat!

Semoga Bermanfaat!

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Tags: , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:


Lewat ke baris perkakas