Microsoft Surface, Tablet dan Laptop Menjadi Satu

Surface

Hi, sobat HiTech!

Pernakah kalian membayangkan tablet kita dapat menajdi laptop, dan laptop kita menjadi tablet? Keren, bukan? Kita bisa jadikan tablet atau laptop kita apa saja. Hm.. ingin tahu apa itu. Yap, Microsoft memperkenalkan Microsoft Surface. Ingin tahu lebih? Check This out!

Melatarbelakangi, untuk memberikan kemudahan pengguna dalam berganti-ganti antara tablet dengan laptop, Microsoft pun meluncurkan sebuah produk inovatif yang merupakan penggabungan antara Tablet dan Laptop, yang diberi nama Microsoft Surface. Microsoft Surface adalah deretan komputer tablet yang didesain dan dipasarkan oleh Microsoft. Surface akan tersedia dalam dua versi, satu versi menjalankan sistem operasi Windows RT dan satu versi menjalankan Windows 8. Microsoft telah mengumumkan bahwa versi Surface yang berbeda akan tersedia dalam Arsitektur ARM dan CPU Intel sedangkan tampilannya adalah 10.6″, 16:9 definisi tinggi (Surface), atau Tampilan definisi tinggi penuh (Surface Pro). Produk ini diumumkan oleh CEO Microsoft Steve Ballmer dalam sebuah pertemuan di Los Angeles pada 18 Juni 2012, bertempat di Milk Studios. Sampai tanggal 19 Juni 2012, belum ada harga dan tanggal rilis yang tersedia

Bertahun-tahun yang lalu, PC (Personal Computer) merupakan sebuah perangkat yang dianggap sangat canggih. Hal itu sedikit terbantahkan ketika para produsen gadget berhasil membuat PC dalam bentuk portabel yang biasa disebut dengan nama Laptop atau Notebook. Dunia pun gempar ketika Apple meluncurkan iPad yang kemudian diikuti dengan Galaxy Tab buah karya Samsung, keduanya biasa dikenal dengan sebutan Tablet. Tablet begitu diminati karena begitu praktis digunakan, dan sesuai dengan kebutuhan para pengguna internet dunia yang begitu mobile dan harus selalu terhubung dengan internet.

Surface2

Namun ternyata, tidak semua hal bisa jadi mudah dengan kehadiran Tablet. Pemrosesan data dalam jumlah besar tak akan sanggup dilayani oleh prosesor Tablet yang memang dirancang hanya untuk proses-proses perhitungan yang sederhana. Berbeda lagi dengan orang yang biasa menggunakan Laptop untuk mengetik banyak hal, beralih ke Tablet bagaikan mimpi buruk bagi mereka. Karena itulah, banyak orang yang menginginkan Tablet yang bertenaga seperti laptop, dan nyaman bila digunakan untuk mengetik. Dan alasan itulah yang menjadi alasan Microsoft meluncurkan Surface Pro yang kini telah mencapai seri ke-3.

Surface3

Surface Pro 3 mempunyai lebar layar 12-inchi, tebal 9,1 mm, dan berat 800 gram. Ukuran dan berat seperti itu hampir sama dengan Samsung Galaxy NotePro, namun lebih besar dan lebih berat bila kita bandingkan dengan iPad Air. Layaknya Tablet yang lain, layar Surface Pro 3 merupakan layar touchscreen. Untuk menjadikannya Laptop, kita hanya perlu memasang keyboard super tipis yang bernama TypeCover. Keyboard tersebut juga sudah termasuk MousePad layaknya laptop biasa. Masih kurang? Surface Pro 3 juga dilengkapi dengan sebuah stylus pen yang juga berguna sebagai wireless pointer (yang biasa digunakan saat presentasi).

Nah, gemana sobat? Mau Tablet, bisa. Mau Laptop, juga bisa. Yap itu dia Microsoft Surface.

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Tags: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:


Lewat ke baris perkakas