Perhatikan 6 Hal Ini Saat Membeli Laptop Baru

Using Notebook

Hi, sobat HiTech!

Kali ini aku akan sharing mengenai hal-hal yang perlu kamu perhatikan ketika kamu hendak membeli laptop. Kenapa aku ingin share ini, karena aku ingin membagi sedikit informasi untuk kamu sebelum membeli laptop. Biasanya banyak yang sekedar beli laptop tertentu tanpa memahami spesifikasi laptop, so di pertengahan pemakaian terkadang ada yang laptopbermasalah ini dan itu. Gak mau,kan? Check aja langsung!

Sekarang ini, laptop seakan menajdi kebutuhan bagi siapa saja dalam melakukan aktivitas maupun mengerjakan tugas-tugas atau pekerjaan. Hal tersebut dikarenakan, kemudahan yang diberikan laptop seperti mudah dibawa kemana-mana.

Nah, terbesit dalam pemikiran kita, ketika kita hendak membeli laptop, harus membeli yang apa? yang bagaimana? merk apa? Hal harus kalian ketahui adalah apa yang kalian butuhkan. Saran, belilah laptop yang spesifikasinya bagus dan harganya pas di kantong. Kalau masih bingung? Ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menentukan pilihan dalam membeli laptop.

1. Perhatikan Budget yang Kita Punya

Dalam membeli laptop hal yang tentu kita perhatikan adalah budget yang kita punya. Sesuaikan spesifikasi notebook kamu dengan penggunaannya untuk apa yang kamu butuhkan. Notebook dengan harga Rp 3 – 6 jutaan sudah memiliki spesifikasi yang cukup untuk keperluan sekolah atau kuliah dan juga pekerjaan.

2. Pilih Prosesor

Gak mau laptop lemot, perhatikan juga prosesor pada laptop. Pilihlah notebook dengan prosesor Intel demi kelancaran bermultitasking. Prosesor Intel memiliki performa yang baik sehingga kamu tidak akan menemukan hambatan saat mengerjakan banyak tugas. Tanyakan perbedaan berbagai professor yang ada pada penjual, jangan malu bertanya ya!

3. Pilih Kapasitas RAM

RAM (Random Access Memory) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Hal ini berpengaruh terhadap pada kinerja laptop yang akan kamu beli. Semakin besar semakin baik kinerja laptop.

4. Perhatikan Kapasitas Hardisk Untuk Penyimpanan

Hail ini tergantung kebutuhan dari kita, apabila kita butuh menyimpan banyak file maka kita membuthkan hardisk yang berkapasitas yang besar pula, misal 1000 giga/1 tera. Namun, kini kebanyakan laptop memiliki kapasitas hardisk 500 giga yang sudah cukup banget untuk keperluan sekolah maupun pekerjaan.

5. Sistem Operasi dan Aplikasi

Setelah kamu pilih, jangan lupa untuk sekalian menginstall sistem operasi seperti Windows 8 atau 10. Tak hanya itu kamu juga butuh aplikasi seperti Microsoft Office dll. Biasanya jika kita membeli laptop, sudah termasuk itu semua.

6. Garansi Laptop dari Vendor ataupun Toko

Tanyak bagaimana garansi dari laptop yang hendak kamu beli itu. Apabila terjadi hal-hal kerusakan perangkat, bagaimana kamu meminta ganti ruginya. Karena, tentu kita tidak ingin membeli laptop yang rusak kan?

Itu dia hal yang mesti sobat HiTech perhatikan dalam membeli laptop. Mulailah bijak dalam membeli. Ingat beli apa yang kita butuhkan, ya!

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

 

Tags: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:


Lewat ke baris perkakas