Android lebih Rakus Memori Ketimbang iOs

Para vendor smartphone berlomba-lomba menghadirkan smartphone berspesifikasi tinggi, sebut saja penggunaan prosesor yang mumpuni seperti Octa-Core. Bahkan kapasitas dari RAM ada yang sudah mencapai 3GB. Pada platform Android, smartphone dengan kapasitas RAM 3GB masuk dalam kategori ponsel premium.

Tapi dilihat dari sistem kerja, terutama pada sektor RAM, ini berbanding jauh dari smartphone besutan Apple yakni iPhone yang hanya dibekali kapasitas memori RAM 1GB namun cukup stabil dan lancar. Sebuah situs bernama Quora melaporkan, perbedaan tersebut terletak dari fakta bahwa sistem operasi Android berbasis Java.

Pada aplikasi berbasis Java, terdapat sebuah sistem kerja yang bernama garbage collection. Sistem kerjanya sendiri yakni setelah pengguna dari smartphone os Android menutup sebuah aplikasi atau game, garbage akan bekerja mendaur ulang memori. Permasalahan yang timbul pada sistem daur ulang tersebut bekerja empat hingga delapan kali pada setiap aplikasi yang ditutup. jika pada saat mendaur ulang memori tidak tersedia banyak, dapat dipastikan perangkat akan berjalan lambat.

Hal ini berbanding jauh pada sistem operasi iOs yang tidak menggunakan garbage collection. Ponsel besutan Apple ini berjalan mulus walau hanya dibekali RAM 1GB. Bisa dibilang RAM Berkapasitas 1GB pada iPhone sama halnya dengan memori 3    GB pada ponsel Android.

Berikut skema daur ulang yang diposting pada situs Quora.

garbage collection
Ada salah satu alasan smartphone dapat berjalan maksimal.Intinya ialah terciptanya keselarasan pada software dan hardware sehingga sistem kerja secara keseluruhan dapat berjalan maksimal.

sumber : https://www.aingindra.com/android-lebih-rakus-memori-ketimbang-ios.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: