Ma’rifatulloh artinya yaitu mengenal Allah. Sebagai makhluk ciptaan kita harus mengenal pencipta kita yaitu Allah swt. Seperti pepatah mengatakan bahwa tak kenal maka tak sayang, begitupun dengan mengenal Allah. Ketika kita mengenal Allah kita akan cinta kepada Allah dan ketika kita sudah cinta kepadaNya, kita akan menjalankan segala sesuatu hanya untuk Allah dengan hanya mengharap ridha darinya.

Mengenal Allah disini maksudnya adalah pengenalan yang dapat menimbulkan perasaan malu, kecintaan, keterikatan hati, kerinduan, taubat, kedekatan, dan hanya berharap kepadaNya. Mengenal Allah bisa dengan dua cara yaitu, dengan ayat-ayat qauliah dan yang kedua dengan ayat-ayat kauniyah.

  • Mengenal Allah dengan ayat-ayat qauliah

Ayat Qauliah Allah maksudnya yaitu tanda-tanda kebesaran Allah yang terdapat dalam Al-qur’an dan Hadist. Dengan kita banyak membaca Al-qur’an dan hadist kitaakan dapat lebih mengetahui lebih banyak tentang Allah, sehingga kita lebih mengenal Allah.

  • Mengenal Allah denganayat-ayat kauniyah

Ayat Kauniyah Allah maksudnya yaitu tanda-tanda kekuasaan Allah yang ada di alam semesta atau fenomena-fenomena alam. Sesungguhnya banyak sekali fenomena alam yang jika kita amati kita akan memuji kebesaran Allah dan kita akan lebih yakin bahwa Allah memang maha besar.

Mungkin ada yang bertanya-tanya, mengapa kita harus mengenal Allah? Karena:

  1. Allah adalah sang pencipta alam semesta alam yang telah menguasai manusia dan menyiapkan untuknya segala kebutuhan di langit dan di bumi
  2. Dalil naqli dan aqli telah membuktikan keberadaan, sifat, namaNya, secara jelas dan tak terbantahkan
  3. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan

Dan perlu kita ketahui, Allah menjanjikan kebaikan-kebaikan bagi mereka yang beriman dan bertaqwa. Kebaikan-kebaikan tersebut, diantaranya:

  • Al amnu (rasa aman)
  • Al barakat (keberkahan yang melimpah)
  • Al hayatun thayyibah (kehidupan yang baik)
  • Al jannah ( surga)