Jaman sekarang, banyak mahasiswa yang selain dia kuliah juga dibarengi dengan mendirikan usaha kecil-kecilan. Hari- hari mereka lalui selain untuk belajar juga untuk berjualan, mulai dari jualan es lilin, kemudian online shop. Ada juga yang berjualan aneka makanan, dan mereka ada yang melakukannya di malam hari ketika aktivitas kuliah sudah usai. Mereka melakukan itu dengan tujuan agar mereka tidak perlu meminta uang saku kepada orang tua, bahkan mereka mempunyai cita- cita bisa menyelesaikan kuliahnya dengan hasil usaha mereka sendiri. Sungguh luar biasa, ketika kita bisa kuliah dengan biaya sendiri.

Sungguh luar biasa ketika ada mahasiswa seperti itu, dia sudah merintis usaha sejak dia berkuliah. Perlu diketahui untuk memulai langkah pertama untuk menjadi wirausahawan atau entrepreneur sesungguhnya mudah bagi para mahasiswa. Mereka tidak perlu memikirkan membutuhkan modal yang besar, mereka bisa mulai berwirausaha dari modal yang kecil. Dan yang utama pastinya jangan pernah malu untuk menjadi seorang wirausaha dan yakin untuk melangkah, jangan pernah menyerah.

Sudah kita ketahui semua, bahwa sekarang ini banyak sekali sarjana-sarjana nganggur. Karena mereka hanya menunggu ada pekerjaan, tidak menciptakan pekerjaan sendiri. Nah, untuk menghindari makin numpuknya sarjana-sarjana nganggur tersebut, marilah kita mulai dari sekarang selagi masih jadi mahasiswa dan selagi masih ada waktu, kita berlatih untuk menciptakan pekerjaan yaitu dengan menjadi wirausahawan.

Sungguh pekerjaan yang luar biasa ketika kita menjadi wirausahawan. Ada yang mengatakan bahwa 9 dari 10 pintu rizqi adalah entrepreneur. Kita bisa mendapatkan penghasilan yang luar biasa dari kita berwirausaha, berbeda jika kita hanya menjadi PNS.

Buat kalian para mahasiswa, mulailah untuk memikirkan bisnis apa yang akan kamu buat. Bergeraklah mulai dari sekarang. Jangan terus-terusan meminta kepada orang tua, syukur kamu bisa mengasihkan kepada orang tua. Mari kita mulai berwirausaha, kita mulai berbisnis.

Buat kalian yang ingin memulai berbisnis, ada 6 jurus ampuh untuk mulai bebisnis nih,

  1. Putuskan urat malu

Jadi jangan pernah kamu merasa malu untuk menjadi wirausaha. Jangan malu untuk berjualan, jangan takut dengan cemoohan teman-temanmu dimana mereka masih meminta kepada orang tua. Putuskan satu persatu urat malumu!

  1. The power of kepepet

Biasanya kita akan sungguh-sugguh berwirausaha ketika kita sedang berada pada keadaan kepepet, atau sangat membutuhkan.

  1. Habiskan jatah gagalmu

Jangan pernah kamu takut dengan kegagalan, kegagalan merupakan bagian dari jalan menuju sukses.

  1. Libatkan tuhanmu

Jangan pernah kita melupakan sang pencipta, kita harus selalu bertawakal atas ikhtiar yang telah kita lakukan. Rutinlah gelar sajadah, jangan pernah kita meninggalkan kewajiban kita sebagai umat muslim.

  1. Tekun dan fokus

Untuk bisa mencapai kesuksesan sebagai entrepreneur diperlukan ketekunan dan juga kita harus fokus pada bisnis kita. Jangan mudah untuk menyerah, “bisnis yang baru mulai membutuhkan 200% dari energimu. Dan juga selalu ingat, bahwa tidak selamanya kita selalu berada di atas, ada kalanya kita pasti akan ada di bawah.

  1. Mulai bergerak dari sskarang

Jadi tunggu apalagi, mulailah dari sekarang kawan. Pikirkan bisnis apa yang akan kamu jalankan!

Sekian dari saya, jika ada kata- kata yang salah itu murni kesalahan saya. Dan jika ada kebenaran itu murni milik sang maha sempurna, Allah SWT.

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”