Selamat datang di Universitas Negeri Semarang!

sumber gambar: https://bemkm.unnes.ac.id/osmb/

Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) Universitas Negeri Semarang “Laskar Konservasi Muda 2015” merupakan suatu kegiatan yang diselenggarakan oleh BEM KM Unnes bekerjasama dengan BEM tingkat Fakultas dalam rangka pengenalan seluruh hal berkaitan dengan Unnes kepada mahasiswa baru. Agar kelak tumbuh semangat dan rasa percaya didalam diri mereka atas universitas yang akan mereka huni nantinya.

Orientasi Mahasiswa. Dua buah kata yang mungkin akan mengantarkan pikiran kita pada sebuah bayangan mengenai kegiatan dimana mahasiswa – mahasiwa baru “disambut” dengan berbagai cara “unik” oleh seniornya. Menjadi sebuah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun hampir di setiap kampus membuat orientasi mahasiswa seakan ada sebagai sebuah gerbang awal untuk menyambut bibit – bibit baru yang akan berjuang di kampus tersebut.

Mahasiswa baru adalah individu yang sedang berproses menuju kematangan pribadi. Mereka, pada umumnya saat memasuki dunia kampus, belum mengenal proses belajar – mengajar, juga belum mengetahui sarana dan prasarana yang dapat digunakan untuk mendukung proses belajar di Kampus. Selain itu mahasiswa baru juga belum mengenal civitas akademika yang akan berinteraksi dengan mereka selama menempuh pendidikan. Untuk itu perlu adanya kesiapan psikologis maupun sosial agar dapat beradaptasi secara cepat dengan proses belajar – mengajar di dalam kampus.

Salah satu karakteristik yang banyak dijumpai pada diri mahasiswa adalah secara psikologis belum siap untuk melaksanakan proses pembelajaran pendidikan tinggi yang berbasis pada otonomi keilmuan dan kebebasan mengembangkan mimbar akademis,  untuk menemukan serta membawakan dirinya sebagai model intelektual dalam bermasyarakat di kemudian hari.

Berdasarkan fenomena yang ada pada diri mahasiswa baru, maka kesiapan mahasiswa baru dalam hal akademis, psikologis serta normative-etis untuk memasuki kehidupan kampus sangat penting bagi keberhasilan pendidikan mereka. Oleh karena itu maka mahasiswa baru perlu dipersiapkan sebaik-baiknya. Disisi lain, fakta menunjukkan bahwa proses pembimbingan terhadap mahasiswa baru untuk mengantarkan kekehidupan pendidikan tinggi sangat beragam. Setiap kampus mengembangkan model pengenalan kampus sesuai dengan intepretasi masing-masing terhadap nilai kepentingan pembimbingan mahasiswa baru dalam memasuki tradisi kehidupan kampusnya.

Namun, proses pengenalan kampus yang sangat beragam tersebut tidak dilandasi kajian ilmiah dengan berbagai tujuan esensi penyiapan psikologis-sosial yang sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan mengikuti pendidikan tinggi. Akibatnya dalam praktek penerimaan mahasiswa baru telah terjadi penyimpangan “tradisi”. Antara lain berupa: pelanggaran norma dan etika kesantunan kehidupan, arogansi kekuasaan dan kekerasan fisik dengan akibat kesakitan psikis maupun fisik, bahkan sering menimbulkan adanya korban jiwa yang tidak ternilai harganya.

Humanis, setidaknya itu merupakan kata yang tepat sebagai solusi yang harus digagas oleh panitia pelaksana yang nantinya menghapus tradisi kekerasan. Hal ini bisa diaplikasikan dengan mambuat lebih banyak format kegiatan diskusi, debat, tukar pikiran, seminar motivasi dan dialog antar mahasiswa, dosen maupun unsur civitas akademika lainnya.

Harapannya dalam setiap pengenalan kampus jangan sampai meninggalkann nilai Humanis agar terhindar dari kegiatan seperti militerisasi yang memaksakan peserta agar mempraktikkan kebiasaan tentara atau polisi walaupun secara fisik mereka tidak kuat. Alasan yang sering dilontarkan oleh senior (panitia) adalah untuk menata mental peserta. Padahal, secara substansial hal itu justru ‘menyakiti’ peserta.

Tak hanya sampai disitu, proses pengenalan kampus yang merupakan sebuah ‘gerbang’ mahasiswa baru memasuki dunia kampus haruslah berkesan, mendidik, berkarakter dan religius. Karena pada hakikatnya, pengenalan kampus bukan segalanya, namun segalanya dalam dunia akademik dimulai dari sana.

OSMB UNNES 2015 hadir sebagai gebrakan baru dalam hal pembimbingan mahasiswa baru tingkat universitas di universitas negeri semarang. Tahun ini, dengan menyatukan 6 fakultas di Universitas Negeri Semarang dalam sebuah payung konservasi yang dibingkai dalam acara OSMB UNNES 2015 memiliki tujuan untuk menyatukan semangat seluruh mahasiswa baru Unnes untuk lebih mencintai Unnes dan tentunya Indonesia.

Tahun ini dengan dimeriahkan oleh lebih dari 6160 mahasiswa S1 dari 66 program studi yang ada. Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) “Laskar Konservasi Muda 2015” Universitas Negeri Semarang mempersiapkan mahasiswa baru menjadi pembelajar yang sehat, unggul dan sejahtera serta mampu bersaing dalam percaturan global. Hal ini senada dengan visi Universitas Negeri Semarang (Unnes) yakni Menjadi universitas konservasi, bertaraf internasional, yang sehat, unggul, dan sejahtera pada tahun 2020.

Selamat datang Mahasiswa Baru Unnes 2015!

 

Handi Suryawinata

-Staff Ahli Biro Manajemen Media & Informasi BEM KM Unnes 2015-

-Sie.Publikasi Media OSMB 2015

sumber: BEM KM UNNES

Tags: , ,

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:


Skip to toolbar