Universitas Negeri Semarang atau Unnes adalah kampus konservasi.

Nah, pasti sudah pada tau kan kalau di Unnes ini ada 8 fakultas, yang mana masing-masing mahasiswa dari kedelapan fakultas itu harus memiliki nilai karakter konservasi.

Apa saja sih nilai karakter konservasi itu?

Check it out! 😉

  • Inspiratif

Berdasarkan buku Etika Karakter Konservasi Mahasiswa Unnes yang saya baca, nilai inspiratif berarti memiliki ide atau gagasan untuk bertindak, melakukan sesuatu yang sengaja datang ke otak kita tanpa mengenal tempat, waktu, atau kondisi apapun.

Inspiratif ini adalah nilai karakter dari mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) 🙂

  • Humanis

Berdasarkan buku Etika Karakter Konservasi Mahasiswa Unnes yang saya baca, nilai humanis ini adalah sikap seseorang yang menghargai orang lain, mengharapkan, dan memperjuangkan terwujudnya pergaulan hidup yang lebih baik, berdasarkan atas kemanusiaan.

Humanis ini adalah nilai karakter dari mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) 🙂

  • Peduli

Berdasarkan buku Etika Karakter Konservasi Mahasiswa Unnes yang saya baca, nilai peduli maksudnya adalah kemampuan mengindahkan, memperhatikan, menghiraukan. Seperti peduli lingkungan dan peduli sosial.

Peduli ini adalah nilai karakter dari mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial (FIS) 🙂

  • Inovatif

Berdasarkan buku Etika Karakter Konservasi Mahasiswa Unnes yang saya baca, nilai inovatif yaitu kemampuan mendayagunakan pikiran, imajinasi, stimulan dan lingkungan dalam menghasilkan produk baru.

Inovatif ini adalah nilai karakter dari mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 🙂

  • Kreatif

Berdasarkan buku Etika Karakter Konservasi Mahasiswa Unnes yang saya baca, nilai kreatif adalah kemampuan berpikir atau bertindak untuk menyelesaikan masalah secara cerdas, dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.

Kreatif ini adalah karakter dari mahasiswa Fakultas Teknik (FT) 🙂

  • Sportif

Berdasarkan buku Etika Karakter Konservasi Mahasiswa Unnes yang saya baca, nilai sportif itu maksudnya kita dapat bersifat kesatria dan jujur.

Sportif ini adalah karakter dari mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) 🙂

  • Kejujuran

Berdasarkan buku Etika Karakter Konservasi Mahasiswa Unnes yang saya baca, nilai jujur adalah perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.

Kejujuran ini adalah karakter dari mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) 🙂

  • Keadilan

Berdasarkan buku Etika Karakter Konservasi Mahasiswa Unnes yang saya baca, adil artinya tidak berpihak, berpihak kepada yang benar.

Keadilan ini adalah karakter dari mahasiswa Fakultas Hukum (FH)

 

Nah, sekarang udah pada tau kan kedelapan nilai karakter konservasi mahasiswa Unnes yang dimiliki oleh masing-masing fakultasnya?

Semoga bermanfaat ya 😉

 

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.

Leave a Reply

Skip to toolbar