Lingkungan Sekolah Yang Rindang Mampu Tingkatkan Kecerdasan Siswa

Riset tersebut mengungkapkan bahwa lingkungan sekolah yang rindang atau hijau ternyata mampu meningkatkan proses ingatan siswa hingga 5%.

Kajian ini melibatkan 2.600 siswa sekolah dasar di Barcelona, Spanyol dengan rentang umur 7-10 tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh lingkungan sekolah terhadap kemampuan mengingat dari setiap siswa.

Temuan dari riset tersebut mengungkapkan bahwa lingkungan sekolah yang rindang atau hijau ternyata mampu meningkatkan proses ingatan siswa hingga 5%. Selain itu, para siswa juga lebih memperhatikan saat proses belajar berlangsung. Dalam penelitiannya, para peneliti menggunakan data satelit untuk menilai kondisi sekolah dan juga rumah mereka.

Lingkungan yang hijau mampu meningkatkan kemampuan otak siswa khususnya dalam hal ingatan karena faktor polusi yang rendah. Selain itu, sekolah dengan kondisi tersebut terhindar dari kebisingan. Alhasil, otak mereka lebih bekerja secara maksimal.

Penelitian ini merupakan kajian pertama kali yang menghubungkan bagaimana manfaat ruang hijau terhadap kemampuan kognitif anak. Penelitian sebelumnya lebih fokus terhadap kesehatan fisik saja.

Sumber : https://www.brilio.net/news/lingkungan-sekolah-yang-rindang-mampu-tingkatkan-kecerdasan-siswa-150618o.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: