Agar Daging Kambing Tidak Bau dan Empuk

tips daging kambing

 

Hari raya Idul Adha tinggal menghitung hari. Biasanya daging kambing menjadi primadona yang hampir ada di setiap rumah keluarga Muslim. Namun, tidak semua orang ternyata menyukai daging hewan kurban yang satu ini. Alasan yang sering diungkapkan adalah karena baunya yang menyengat yang bisa menghilangkan selera makan.

Mengolah daging kambing memang tidak semudah mengolah daging sapi atau ayam. Kita membutuhkan trik khusus membuatnya tetap lezat untuk dinikmati, di antaranya dengan mengurangi baunya.

Berikut Muslimahzone akan memberikan trik bagaimana cara mengolah daging kambing agar tidak menimbulkan bau:

  1. Daging kambing tidak perlu terlalu banyak dicuci, karena ini malah akan menimbulkan bau yang tak sedap. Anda cukup memberikan air perasan jeruk nipis, dan kemudian diamkan sebentar.
  2. Hancurkan atau cincang jahe dan campurkan bersama daging kambing, aroma jahe akan menutupi bau tidak sedap pada kambing. Untuk hasil yang lebih maksimal anda sebaiknya haluskan jahe dan campurkan bersama bumbu lainnya.
  3. Kemudian campurkan daging kambing dengan berbagai bumbu dapur yang beraroma kuat seperti kapulaga, kayu manis, cengkeh, dan bumbu rempah lainnya. Selain bau tak sedang menghilang, juga bisa menambahkan cita rasa masakan.

Kalau anda ingin daging kambing menjadi lebih empuk maka lakukan hal berikut.

  1. Ketika daging kambing digunakan untuk membuat sate, rendam daging kambing dalam bumbu dengan campuran baking powder
  2. Selain itu, untuk mengempukkan daging kambing bisa juga digunakan bubuk papain yang biasa tersedia di pasaran, biasanya dalam botol. Enzim papain merupakan hasil olahan yang diperoleh dengan mengolah batang dan buah papaya muda.
  3. Daging kambing juga bisa di empukkan dengan daun pepaya langsung atau menggunakan parutan nanas, caranya dengan membungkus daging kemudian simpan di tempat tertutup dan masukkan dalam kulkas.

Kalau Anda pandai dalam mengolah daging kambing, daging ini akan sangat terasa kelezatannya. Ada banyak masakan yang bisa dibuat dengan menggunakan daging kambing, antara lain adalah:

  • Sop kambing
  • Nasi goreng kambing,
  • Sate kambing,
  • Tongseng kambing
  • Tumis kambing lada hitam
  • dan masih banyak lagi masakan-masakan lainnya(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: