SILABUS MATA PELAJARAN: SOSIOLOGI (PEMINATAN ILMU-ILMU SOSIAL)
Satuan pendidikan : SMA Negeri 1 Batang
Kelas : XI
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1.1 Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan menghargai keberagaman agama
dengan menjunjung tinggi keharmonisan.dalam kehidupan bermasyarakat |
|||||
2.1 Menumbuhkan kesadaran individu untuk memiliki tanggungjawab publik dalam ranah perbedaan |
Kompetensi Inti :
KI 1 | : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya |
KI 2 | : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia |
KI 3 | : Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah |
KI 4 | : Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
sosial
2.2 Menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap perbedaan sosial |
|||||
3.1 Memahami tinjauan Sosiologi dalam mengkaji pengelompokkan sosial
dalam masyarakat 4.1 Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi tentang pengelompokkan sosial dengan menggunakan tinjauan Sosiologi |
1. Pembentukan kelompok
sosial |
Mengamati:
Mengamati proses pembentukan kelompok sosial di masyarakat Mengkaji dari berbagai sumber informasi tentang proses pembentukan kelompok sosial dalam masyarakat Menanya: Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang proses pembentukan kelompok sosial dan mendiskusikannya berdasarkan pengetahuan Sosiologi dengan berorientasi pada praktik pengetahuan yang menumbuhkan sikap religiositas dan etika sosial Mengeksperimenkan/Mengeksplora sikan: Mengidentifikasi dan mengumpulkan data tentang ragam pengelompokkan sosial di masyarakat sekitar |
Tes:
Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa tentang pengelompokkan sosial Tugas: Merumuskan kesimpulan dari hasil pengamatan dan kajian tentang pengelompokkan sosial di masyarakat Observasi: Penilaian tentang perilaku saling menghormati, tanggung jawab,disiplin, toleransi, jujur, |
24 JP | Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta, audiovisual, dan masyarakat di lingkungan setempat |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
Mengasosiasikan: Mengklasifikasi ragam pengelompokkan sosial di masyarakat sekitar berdasarkan jenis
dan bentuk pengelompokkan Mengomunikasikan: Mempresentasikan hasil diskusi tentang pembentukan kelompok sosial |
kerjasama, gotong royong, cinta damai, responsif dan pro
aktif serta kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri, atau kelompok mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama. |
||||
3.2 Mengidentifikasi berbagai permasalahan sosial yang muncul
dalam masyarakat 4.2 Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi mengenai permasalahan sosial yang muncul di masyarakat |
2. Permasalaha n sosial dalam
masyarakat |
Mengamati:
Mengenali berbagai permasalahan sosial yang ada di masyarakat sekitar Menanya: Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang berbagai permasalahan sosial di masyarakat (kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosialekonomi, ketidakadilan) melalui contoh-contoh nyata dan mendiskusikannya dari sudut pandang pengetahuan Sosiologi berorientasi pemecahan masalah |
Tes:
Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa tentang permasalahan sosial Tugas: Membuat kesimpulan dari hasil survey tentang permasalahan sosial di masyarakat sekitar |
28 JP | Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta, audiovisual, dan masyarakat di lingkungan setempat |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
yang menumbuhkan sikap religiositas dan etika sosial
Mengeksperimenkan/mengeksplora sikan: Melakukan survey di masyarakat setempat tentang permasalahan sosial (kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial-ekonomi, ketidakadilan) melalui observasi, wawancara, dan kajian dokumen/literatur dengan menggunakan panduan yang telah dipersiapkan sebelumnya Mengasosiasikan: Menginterpretasi data hasil survey tentang permasalahan sosial (kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial ekonomi dan ketidakadilan) dikaitkan dengan konsep keragaman kelompok sosial Mengomunikasikan: Mempresentasikan hasil survey tentang permasalahan sosial dan pemecahannya sesuai hasil pengamatan |
Observasi:
Penilaian tentang perilaku saling menghormati, tanggung jawab,disiplin, toleransi, jujur, kerjasama, gotong royong, cinta damai, responsif dan pro aktif serta kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri, atau kelompok mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama. |
||||
3.3 Memahami penerapan | 3. Perbedaan, | Mengamati: | Tes: | 28 JP | Buku teks |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
prinsip-prinsip kesetaraan dalam menyikapi keberagaman untuk menciptakan kehidupan harmonis
dalam masyarakat 4.3 Merumuskan strategi dalam menciptakan kehidupan yang harmonis dalam masyarakat berdasar prinsip-prinsip kesetaraan |
kesetaraan dan harmoni sosial | Mengamati perbedaan dan keragaman sosial yang ada di masyarakat sekitar
Menanya: Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang perbedaan dan keragaman sosial dalam kehidupan masyarakat dan mendiskusikan tentang pemecahannya berdasar prinsipprinsip kesetaraan sebagai warga negara dalam upaya mewujudkan kehidupan masyarakat yang harmonis Mengeksperimenkan/Mengeksplora sikan: Melakukan wawancara dan atau mengisi kuesioner mengenai sikap terhadap perbedaan sosial yang ada di masyarakat dan pemecahannya berdasar prinsip-prinsip kesetaraan sebagai warga negara untuk menciptakan kehidupan sosial yang harmonis |
Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap penerapan prinsi-prinsip kesetaraan dalam menciptakan masyarakat yang harmonis
Tugas: Menemukan strategi dalam menciptakan kehidupan masyarakat yang harmonis Proyek: Merencanakan, melaksanakan, dan membuat laporan serta mempresentasikan hasil wawancara dan atau mengisi kuesioner tentang harmonisasi masyarakat |
pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil
penelitian, gambar, diagram, grafik, peta, audiovisual, dan masyarakat di lingkungan setempat |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
Mengasosiasikan:
Menganalisis hasil wawancara atau isian kuesioner mengenai sikap terhadap perbedaan sosial di masyarakat untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang harmonis berdasarkan prinsipprinsip kesetaraan sebagai warga negara Merumuskan langkah-langkah dan strategi untuk menciptakan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat berdasarkan hasil analisis Mengomunikasikan: Mempresentasikan hasil diskusi tentang langkah-langkah dan strategi untuk menciptakan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat Merumuskan hasil diskusi untuk dijadikan bahan pembelajaran bersama dalam menyikapi dan menghormati perbedaan sosial dan tanggungjawab sosial dalam mendorong kehidupan masyarakat yang harmonis berdasar prinsip- |
Sikap:
Menilai tanggapan dan pandangan siswa terhadap perlunya penerapan prinsipprinsip kesetaraan dalam masyarakat melalui berbagai instrumen |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
prinsip kesetaraan sebagai warga negara | |||||
3.4 Menganalisis potensipotensi terjadinya konflik dan kekerasan dalam kehidupan masyarakat yang beragam serta
penyelesaiannya 4.4 Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi tentang konflik dan kekerasan serta upaya penyelesaiannya |
4. Konflik, kekerasan, dan upaya penyelesaiann
ya |
Mengamati:
Mengamati gejala konflik dan kekerasan yang terjadi di masyarakat dan memahami perbedaan antara konflik dan kekerasan (kekerasan merupakan konflik yang tidak terselesaikan secara damai) Menanya: Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang sebab-sebab/latar belakang terjadinya konflik dan kekerasan sosial serta mendiskusikannya untuk mencapai penyelesaian tanpa kekerasan Mengeksperimenkan/Mengeksplora sikan: Mengumpulkan data primer/sekunder tentang konflik dan kekerasan dalam masyarakat dan penyelesaian yang dilakukan warga masyarakat Mengidentifikasi dampak kekerasan (fisik, mental, sosial) dari konflik dan |
Tes:
Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap masalah konflik dan kekerasan Tugas: Membuat kesimpulan tentang timbulnya konflik dan kekerasan melalui berbagai sumber dan merumuskan upaya penyelesaian Sikap: Menilai tanggapan dan pandangan siswa terhadap pentingnya penyelesaian konflik dan kekerasan dalam masyarakat melalui berbagai instrumen |
32 JP | Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta, audiovisual, dan masyarakat di lingkungan setempat |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |
kekerasan yang terjadi di masyarakat dengan menggunakan contoh-contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari yang ada di
masyarakat setempat Mengasosiasikan: Menganalisis dan mendiskusikan penyelesaian konflik menggunakan metode-metode penyelesaian konflik (mediasi, negosiasi, rekonsiliasi dan transformasi konflik) untuk tercapainya perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat Mengomunikasikan: Mempresentasikan hasil diskusi tentang upaya penyelesaian konflik di masyarakat Merumuskan hasil diskusi untuk dijadikan bahan pembelajaran bersama dalam penyelesaian konflik dan kekerasan di masyarakat dengan menggunakan cara-cara damai tanpa kekerasan |
||||||
3.5 Menerapkan metode penelitian sosial | 4 Integrasi dan reintegrasi | Mengamati: | Tes: | 32 JP | Buku teks pelajaran, buku |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan dengan konflik, kekerasan dan
penyelesaiannya 4.5Merancang, melaksanakan dan menyusun laporan penelitian sosial berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan dengan konflik, kekerasan dan penyelesaiannya serta mengkomunikasikanny a dalam bentuk tulisan, lisan dan audio-visual |
sosial sebagai upaya pemecahan masalah konflik dan kekerasan | Mengamati dan mendiskusikan
upaya integrasi dan reintegrasi sosial untuk mewujudkan perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat Menanya: Mengembangkan sikap kritis dan kepekaan terhadap konflik dan kekerasan yang terjadi di masyarakat untuk menemukan faktor pendorong dan penghambat tercapainya integrasi dan reintegrasi sosial Mengeksperimenkan/mengeksplora sikan: Merancang penelitian sosial menggunakan metode pemetaan berkaitan dengan upaya integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya menyelesaikan konflik dan mewujudkan perdamaian dan kehidupan msyarakat yang harmonis melalui langkah-langkah seperti identifikasi kebutuhan , analisis kepentingan dan pemecahan masalah dengan mengajukan rekomendasi Melaksanakan penelitian sosial berorientasi pada pemecahan |
Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap pentingnya
integrasi dan reintegrasi sosial Tugas: Mengumpulkan data, mengolah dan melaporkan hasil analisis tentang kasus-kasus mengenai konflik dan kekerasan serta upaya penyelesaiannya dari berbagai sumber terutama media massa Portofolio: Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan aspek tertentu mulai dari tahap awal sampai tahap akhir |
referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta, audiovisual, dan masyarakat di lingkungan setempat |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
masalah dengan metode pemetaan berkaitan dengan upaya integrasi dan
reintegrasi sosial untuk menyelesaikan konflik dan mewujudkan perdamaian di masyarakat Mengasosiasikan: Mengolah data, menganalisis dan menyimpulkan hasil pemetaan tentangupaya integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya mewujudkan perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat Mengomunikasikan: Menyajikan hasil pemetaan tentang upaya integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya penyelesaian konflik dan mewujudkan perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat dalam berbagai bentuk, seperti laporan, tulisan/artikel, foto, gambar, tabel, grafik, dan audiovisual dengan tampilan yang menarik dan mudah dibaca. Merumuskan hasil diskusi untuk dijadikan bahan pembelajaran |
dalam menciptakan integrasi dan
reintegrasi sosial Proyek: Merencanakan, melaksanakan, dan membuat laporan serta mempresentasikan hasil penelitian sosial berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan dengan upaya integrasi dan reintegrasi dalam masyarakat Sikap: Menilai tanggapan dan pandangan siswa terhadap pentingnya integrasi dan reintegrasi dalam masyarakat melalui berbagai instrumen |
||||
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
bersama dan menumbuhkan sikap serta tanggungjawab bersama dalam melakukan integrasi dan reintegrasi sosial untuk mewujudkan
kehidupan yang damai di masyarakat |
Recent Comments