Silabus Sosiologi SMA/MA Kelas XI

SILABUS MATA PELAJARAN: SOSIOLOGI (PEMINATAN ILMU-ILMU SOSIAL)

Satuan pendidikan                  : SMA Negeri 1 Batang

Kelas                                          : XI

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1.1 Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan menghargai keberagaman agama

dengan menjunjung

tinggi

keharmonisan.dalam kehidupan bermasyarakat

2.1 Menumbuhkan kesadaran individu untuk memiliki tanggungjawab publik dalam ranah perbedaan

 

Kompetensi Inti             :

KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,   kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
sosial

2.2 Menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap perbedaan sosial

3.1 Memahami tinjauan Sosiologi dalam mengkaji pengelompokkan sosial

dalam masyarakat

4.1 Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi tentang pengelompokkan sosial

dengan menggunakan

tinjauan Sosiologi

1. Pembentukan kelompok

sosial

Mengamati:

Mengamati proses pembentukan kelompok sosial di masyarakat

Mengkaji dari berbagai sumber informasi tentang proses

pembentukan kelompok sosial dalam masyarakat

Menanya:

Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang proses pembentukan kelompok   sosial dan mendiskusikannya berdasarkan pengetahuan Sosiologi dengan

berorientasi pada praktik

pengetahuan yang menumbuhkan

sikap religiositas dan etika sosial

Mengeksperimenkan/Mengeksplora sikan:

Mengidentifikasi dan mengumpulkan data tentang ragam pengelompokkan

sosial di masyarakat sekitar

Tes:

Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa tentang pengelompokkan

sosial

Tugas:

Merumuskan

kesimpulan dari hasil pengamatan dan kajian tentang pengelompokkan

sosial di masyarakat

Observasi: Penilaian tentang perilaku saling menghormati, tanggung jawab,disiplin, toleransi, jujur,

24 JP Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta, audiovisual, dan masyarakat di lingkungan setempat

 

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Mengasosiasikan: Mengklasifikasi ragam pengelompokkan sosial di masyarakat sekitar berdasarkan jenis

dan bentuk pengelompokkan

Mengomunikasikan:

Mempresentasikan hasil diskusi

tentang pembentukan kelompok sosial

kerjasama, gotong royong, cinta damai, responsif dan pro

aktif   serta kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri, atau kelompok mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama.

3.2 Mengidentifikasi berbagai permasalahan sosial yang muncul

dalam masyarakat

4.2 Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi mengenai permasalahan sosial yang muncul di

masyarakat

2. Permasalaha n sosial dalam

masyarakat

Mengamati:

Mengenali berbagai permasalahan

sosial yang ada di masyarakat sekitar

Menanya:

Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang berbagai permasalahan sosial di masyarakat (kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosialekonomi, ketidakadilan) melalui contoh-contoh nyata dan mendiskusikannya dari sudut pandang pengetahuan Sosiologi   berorientasi pemecahan masalah

Tes:

Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa tentang

permasalahan sosial

Tugas:

Membuat kesimpulan dari hasil survey tentang permasalahan sosial

di masyarakat sekitar

28 JP Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta, audiovisual, dan masyarakat di lingkungan setempat

 

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
yang menumbuhkan sikap religiositas dan etika sosial

Mengeksperimenkan/mengeksplora sikan:

Melakukan survey di masyarakat setempat tentang permasalahan sosial (kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial-ekonomi, ketidakadilan) melalui observasi,

wawancara, dan kajian dokumen/literatur dengan menggunakan panduan yang telah dipersiapkan sebelumnya

Mengasosiasikan:

Menginterpretasi data hasil survey tentang permasalahan sosial (kemiskinan, kriminalitas, kesenjangan sosial ekonomi dan ketidakadilan) dikaitkan dengan

konsep keragaman kelompok sosial

Mengomunikasikan:

Mempresentasikan hasil   survey tentang permasalahan sosial dan pemecahannya sesuai hasil pengamatan

Observasi:

Penilaian tentang perilaku saling menghormati, tanggung jawab,disiplin,

toleransi, jujur, kerjasama, gotong royong, cinta damai, responsif dan pro aktif serta kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan

klasikal, mandiri, atau kelompok mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama.

3.3 Memahami penerapan 3. Perbedaan, Mengamati: Tes: 28 JP Buku teks

 

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
prinsip-prinsip kesetaraan dalam menyikapi keberagaman untuk menciptakan kehidupan harmonis

dalam masyarakat

4.3 Merumuskan strategi dalam menciptakan kehidupan yang harmonis dalam masyarakat berdasar prinsip-prinsip

kesetaraan

kesetaraan dan harmoni sosial Mengamati perbedaan dan keragaman sosial yang ada di masyarakat sekitar

Menanya:

Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang perbedaan dan keragaman sosial dalam kehidupan masyarakat dan mendiskusikan tentang pemecahannya berdasar prinsipprinsip kesetaraan sebagai warga negara dalam upaya mewujudkan kehidupan masyarakat yang harmonis

Mengeksperimenkan/Mengeksplora sikan:

Melakukan wawancara dan atau mengisi kuesioner mengenai sikap terhadap perbedaan sosial yang ada di masyarakat dan pemecahannya berdasar prinsip-prinsip kesetaraan sebagai warga negara untuk menciptakan kehidupan sosial yang harmonis

Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap penerapan prinsi-prinsip kesetaraan dalam menciptakan masyarakat yang harmonis

Tugas:

Menemukan strategi dalam menciptakan kehidupan masyarakat yang harmonis

Proyek:

Merencanakan, melaksanakan, dan

membuat laporan serta

mempresentasikan hasil wawancara dan atau mengisi kuesioner tentang harmonisasi masyarakat

pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil

penelitian, gambar, diagram, grafik, peta, audiovisual, dan masyarakat di lingkungan setempat

 

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Mengasosiasikan:

Menganalisis hasil wawancara atau isian kuesioner mengenai sikap terhadap perbedaan sosial di masyarakat untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang harmonis berdasarkan prinsipprinsip kesetaraan sebagai warga negara

Merumuskan langkah-langkah dan strategi untuk menciptakan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat berdasarkan hasil analisis

Mengomunikasikan:

Mempresentasikan hasil diskusi tentang langkah-langkah dan strategi untuk menciptakan kehidupan sosial

yang harmonis di masyarakat

Merumuskan hasil diskusi untuk dijadikan bahan pembelajaran bersama dalam menyikapi dan menghormati perbedaan sosial dan tanggungjawab sosial dalam mendorong kehidupan masyarakat yang harmonis berdasar prinsip-

Sikap:

Menilai tanggapan dan pandangan siswa terhadap perlunya penerapan prinsipprinsip kesetaraan dalam masyarakat melalui berbagai

instrumen

 

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
prinsip kesetaraan sebagai warga negara
3.4 Menganalisis potensipotensi terjadinya konflik dan kekerasan dalam kehidupan masyarakat yang beragam serta

penyelesaiannya

4.4 Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi tentang konflik dan kekerasan serta

upaya penyelesaiannya

4. Konflik, kekerasan, dan upaya penyelesaiann

ya

Mengamati:

Mengamati gejala konflik dan kekerasan yang terjadi di masyarakat dan memahami perbedaan antara konflik dan kekerasan (kekerasan merupakan konflik yang tidak

terselesaikan secara damai)

Menanya:

Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang sebab-sebab/latar belakang terjadinya konflik dan kekerasan sosial serta mendiskusikannya untuk mencapai penyelesaian tanpa kekerasan

Mengeksperimenkan/Mengeksplora sikan:

Mengumpulkan data

primer/sekunder tentang konflik dan kekerasan dalam masyarakat dan penyelesaian yang dilakukan warga masyarakat

Mengidentifikasi dampak kekerasan

(fisik, mental, sosial) dari konflik dan

Tes:

Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap masalah konflik dan

kekerasan

Tugas:

Membuat kesimpulan tentang timbulnya konflik dan kekerasan melalui berbagai sumber dan merumuskan upaya

penyelesaian

Sikap:

Menilai tanggapan dan pandangan siswa terhadap pentingnya penyelesaian konflik dan kekerasan dalam masyarakat melalui berbagai instrumen

32 JP Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta, audiovisual, dan masyarakat di lingkungan setempat

 

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
kekerasan yang terjadi di masyarakat dengan menggunakan contoh-contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari yang ada di

masyarakat setempat

Mengasosiasikan:

Menganalisis dan mendiskusikan penyelesaian konflik menggunakan metode-metode penyelesaian konflik (mediasi, negosiasi, rekonsiliasi dan transformasi konflik) untuk tercapainya perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di

masyarakat

Mengomunikasikan:

Mempresentasikan hasil diskusi tentang upaya penyelesaian konflik di

masyarakat

Merumuskan hasil diskusi untuk dijadikan bahan pembelajaran bersama dalam penyelesaian konflik dan kekerasan di masyarakat dengan menggunakan cara-cara damai tanpa kekerasan

3.5 Menerapkan metode penelitian sosial 4 Integrasi dan reintegrasi Mengamati: Tes: 32 JP Buku teks pelajaran, buku

 

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan dengan konflik, kekerasan dan

penyelesaiannya

4.5Merancang, melaksanakan dan

menyusun laporan penelitian sosial berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan dengan konflik, kekerasan dan penyelesaiannya serta mengkomunikasikanny a dalam bentuk tulisan,

lisan dan audio-visual

sosial sebagai upaya pemecahan masalah konflik dan kekerasan Mengamati dan mendiskusikan

upaya integrasi dan reintegrasi sosial untuk mewujudkan perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat

Menanya:

Mengembangkan sikap kritis dan kepekaan terhadap konflik dan kekerasan yang terjadi di masyarakat untuk menemukan faktor pendorong dan penghambat tercapainya

integrasi dan reintegrasi sosial

Mengeksperimenkan/mengeksplora sikan:

Merancang penelitian sosial menggunakan metode pemetaan berkaitan dengan upaya integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya menyelesaikan konflik dan   mewujudkan perdamaian dan kehidupan msyarakat yang harmonis melalui langkah-langkah seperti identifikasi kebutuhan , analisis kepentingan dan pemecahan masalah

dengan mengajukan rekomendasi

Melaksanakan penelitian sosial berorientasi pada pemecahan

Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap pentingnya

integrasi dan

reintegrasi sosial

Tugas:

Mengumpulkan data, mengolah dan melaporkan hasil analisis tentang kasus-kasus mengenai konflik dan kekerasan serta

upaya penyelesaiannya dari berbagai sumber terutama media

massa

Portofolio:

Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan aspek tertentu mulai dari tahap awal sampai tahap akhir

referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta, audiovisual, dan masyarakat di   lingkungan setempat

 

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
masalah dengan metode pemetaan berkaitan dengan upaya integrasi dan

reintegrasi sosial untuk menyelesaikan konflik dan mewujudkan perdamaian di masyarakat

Mengasosiasikan:

Mengolah data, menganalisis dan menyimpulkan hasil pemetaan tentangupaya integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya mewujudkan perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat

Mengomunikasikan:

Menyajikan hasil pemetaan tentang upaya integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya   penyelesaian konflik dan   mewujudkan perdamaian dan kehidupan sosial yang harmonis di masyarakat dalam berbagai bentuk, seperti laporan, tulisan/artikel, foto, gambar, tabel, grafik, dan audiovisual dengan tampilan yang menarik dan mudah dibaca.

Merumuskan hasil diskusi untuk dijadikan bahan pembelajaran

dalam menciptakan integrasi dan

reintegrasi sosial

Proyek:

Merencanakan, melaksanakan, dan

membuat laporan serta

mempresentasikan

hasil penelitian sosial berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan dengan upaya integrasi dan reintegrasi dalam

masyarakat

Sikap:

Menilai tanggapan dan pandangan siswa terhadap pentingnya integrasi dan reintegrasi   dalam masyarakat melalui

berbagai instrumen

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
bersama dan menumbuhkan sikap serta tanggungjawab bersama dalam melakukan integrasi dan reintegrasi sosial untuk mewujudkan

kehidupan yang damai di masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: