konservasi lingkungan

Konservasi lingkungan

Konservasi adalah pengawetan atau pelestarian, selain itu konservasi bermakna tercapainya kemampuan lingkungan yang seimang dan adanya peningkatan kualitas keanekaragaman hayati. Konservasi sangat perlu dilakukan agar terciptanya keselarasan alam dan lingkungan hidup manusia. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh manusia untuk menciptakan konvervasi yang tepat dan bermanfaat bagi manusia itu sendiri. Konservasi lingkungan dapat diawali dengan kesadaran pada diri individu itu sendiri terhadap betapa pentingnya konservasi lingkungan untuk mencapai lingkungan yang selaras dan seimbang.

Dengan kesadaran yang dimiliki oleh individu tersebut maka diawali dengan konservasi yang dilakukan dilingkungan paling kecil disekitarnya. Misalnya, yaitu penanaman pohon dilahan terbuka disekitar halaman rumah, pengaturan pembuangan limbah rumah tangga yang baik dan benar, pembuangan sampah yang higienis dan pembuangan limbah MCK yang baik. Dengan demikian telah terciptalah konservasi dilingkungan tempat tinggal individu tersebut.

Setelah berhasil melakukan konservasi bagi individu itu sendiri, maka mulailah mengajak orang-orang terdekat untuk melakukan konservasi dilingkungan hidupnya dan begitupun seterusnya. Dengan banyaknya masyarakat yang melakukan konservasi lingkungan hidup diharapkan dapat terciptanya konservasi lingkungan yang baik dan membaiknya lingkungan hidup dengan adanya perbaikan/konservasi lingkungan.

Selain dilakukan oleh individu, konservasi juga dapat dilakukan oleh pemerintah. Pemerintah dapat menciptakan peraturan baru mengenai konservasi. Selain itu juga dapat mengadakan kegiatan yang bertema konservasi yang diikuti seluruh anggota pemerintahan serta masyarakat disuatu daerah sehingga dapat tercipta perbaikan lingkungan yang baik.

Demikianlah cara yang dapat dilakukan masyarakat maupun pemerintah untuk melakukan konservasi lingkungan dimulai dari kesadaran diri sendiri dan mengajak masyarakat sekitar untuk melakukan konservasi yang sama.

TULISAN INI DI BUAT UNTUK MENGIKUTI KOMPETISI BLOG BIDIK MISI UNNES

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: