Materi Antropologi SMA/MA Kelas X “Stratifikasi Sosial”

Salam Ceria…

Generasi Muda Berprestasi…

Dalam postingan kali ini, saya akan kembali memaparkan salah satu materi pembelajaran antropologi untuk SMA/MA kelas X yang berpacu pada kurikulum 2013, yakni mengenei “Stratifikasi Sosial”. Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca dan memahami dari tulisan berikut ini.

Pengertian Stratifikasi Sosial

Stratifikasi sosial merupakan suatu starata maupun pelapisan orang-orang yang berdasarkan pada kedudukan sama dalam kontinum dan rangkaian kesatuan status sosial (Narwoko, 2006 : 170). Beriku merupakan pengertian stratifiksi sosial menurut beberapa ahli :

  1. Menurut Pitirim A. Sorokin (1959), stratifikasi social merupakan cii yang tetap pada setiap kelompok social yang teratur. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa stratifikasi social merupakan pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat.
  2. Menurut Paul B. Horton dan Chester L.Hunt (1999),stratifikasi social berarti system perbedaan status yang berlaku dalam suatu masyarakat.
  3. Menurut Robert M.Z. Lawang stratifikasi social adalah penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu system social tertentu ke dalam lapisan-lapisan hirarkis menurut dimensi kekuasaan, privilese, dan prestise.
  4. Menurut Bruce J. Cohen stratifikasi social adalah system yang menempatkan seseorang sesuai dengan kualitas yang dimiliki dan menempatkan mereka pada kelas social yang sesuai.
  5. Menurut Astried S. susanto stratifikasi social adalah hasil kebiasaan hubungan antarmanusia secara teratur dan tersusun sehingga setiap orang, setiap saat mempunyai situasi yang menentukan hubungan dengan orang secara vertical mauoun horizontal dalam masyarakatnya. http://www.gurupendidikan.co.id/10-pengertian-stratifikasi-sosial-menurut-para-ahli-terlengkap/ diunduh tanggal 21 Oktober 2017

Pelapisan Sosial Dalam Masyarakat

  1. Berdasarkan Penghasilan : Biasanya seseorang yang mempunyai penghasilan yang paling banyak akan menempati pada stratifikasi teratas. Banyaknya penghasilan yang diperoleh seseorang dapat dijadikan kriteria dalam kekayaan .
  1. Berdasarkan Pendidikan : Biasanya seseorang yang melanjutkan sekolah paling tinggi akan dianggap dan ditempatkan kedalam status sosil yang paling atas. Misalnya, seseorang yang sekolah sampai S3 dan mempunyai gelar profesor akan lebih dihormati dibandingkan dengan seseprag yang hanya lulusan SMA.
  1. Kedudukan ” Kedudukan merupakan kumpulan dari hak dan kewajiban seseorang dalam masyarakat atau menunjukkan tempat maupun posisi seseorang dalam masyarakat. Keduduka dalam masyarakat dibagi menjadi 3 bentuk, antara lain :
  • Ascribed status (status seseorang yang diperoleh berdasarkan keturunan). Misalnya : Seorang anak aka menajdi Raja karena ayahnya seorang raja.
  • Achieved status (status seseorang yang diperoleh berdasarkan usaha yang disengaja). Misalnya : seseorang menjadi Polisi asalka memenuhi syarat yang telah ditentukan.
  • Assignedd status (status yang diperoleh atas pemberian dari orang lain). Misalnya : Gelar pahlawan yang diberikan kepada seseorang yang telah berjasa dalam kehidupan.
  • Guna menambah pemahaman bagi pembaca untuk lebih lanjut silahkan buka link dibawah ini mengenei kehidupan para koruptor yang tetap diperlakukan secara istimewa meskipun di dalam penjara.

http://dhantyputri.blogspot.co.id/2015/06/contoh-kasus-stratifikasi-sosial-dan.html/

Penugasan

Untuk menguji tingkat pemahaman Anda, silahkan mencoba menjawab pertanyaan dibawah ini.

  1. Jelaskan Kembali pengertian dari stratifikasi sosial berdasarkan pemahaman Anda!
  2. Pada dasarnya penggolongan stratifiksi sosial didasarka pada apa saja dan contohnya!
  3. Bagaimana proses pembentuka stratifikasi sosial dalam masyarakat?
  4. Analisislah contoh kasus pada link diatas sesuai pemahaman Anda dihubungkan dengan stratifikasi sosial berdasarkan kekuasaan!
  5. Setelah mengerti dan paham konsep tentang stratifiksi sosial, bagaimana cara Anda mempraktekkan dalam lingkungan sosial agar dapat membagunkan sikap bijak, kekeluargaan, dan kemanusiaan dalam diri Anda!

Sumber :

Narwoko, J. Dwi. 2006. Sosiologi : Teks dan Pengantar. Jakarta : Kencana.

http://www.gurupendidikan.co.id/10-pengertian-stratifikasi-sosial-menurut-para-ahli-terlengkap/ diunduh tanggal 21 Oktober 2017

Tulisan ini dipublikasikan di Antropologi SMA. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco