Materi Antropologi SMA/MA Kelas XI “Nilai-Nilai Kultural Yang Dijadikan Bagian Dari Budaya Nasional”

Salam Ceria…

Generasi Muda Berprestasi…

Dalam postingan kali ini, saya akan memaparkan salah satu materi pembelajaran antropologi untuk SMA/MA kelas XI yang berpacu pada kurikulum 2013, yakni mengenei “Nilai-nilai kultural yang dijadikan bagian dari budaya nasional”. Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca dan memahami dari tulisan berikut ini.

Pengertian Kebudayaan Nasional

Kebudayaan nasional merupakan kepribadian manusia Indonesia yang dalam perwujudannya berupa pandanga hidup, cara berpikir, dan sikap terhadap berbagai aspek kehidupa bangsa. Unsur-unsur dari kebudayaan nasional atara lain : bahasa, kesenian, agama, dan adat istiadat dari semua suku bangsa Indonesia.

Nilai kultural yang dijadikan bagian dari budaya nasional

Keindahan, sudah ssejak zaman dulu bahwa keindahan dianggap sebagai nilai yang hakiki. Keindahan merupakan sesuatu yang berbentuk abstrak, dimana manusia akan mengalami keindahan pada media-media tertentu.

Tanggung Jawab, tanggung jawab dapat muncul karena adanya wewenang. Jadi, masyarakat yang mempunyai wewenag akan mengemban suatu tangggung jawab tertentu. Tanggung memag layak ditumtut kepada semua mausia, karena manusia merupaka makhluk yang berakal budi, yang mempunyai pengertian serta kebebasan.

Keadilan, merupakan salah satu prinsip moral yang mendasar pada diri manusia. Keadilan merupakan suatu situasi, dimana seseorang dapat saling memenuhi hak-haknya dan kewajiban-kewajibannya tanpa adanya syarat apapun.

Gotong Royong, merupaka suatu nilai yang telah mendasar daging pada masyarakat Indonesia. Gotong royong merupakan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh orang banyak sehingga pekerjaan tersebut aka mudah terseleseikan.

Guna menambah pemahaman bagi pembaca untuk lebih lanjut silahkan buka link dibawah ini mengenei perayaan idul Adha yang dijadika sebagai momentum dalam memperkuat budaya gotong royong. http://m.detik.com/news/berita-jawa-timur/d-3624686/bupati-anas-idul-adha-momentum-perkuat-budaya-gotong-royong

Penugasan

Untuk menguji tingkat pemahaman Anda, silahkan mencoba menjawab pertanyaan dibawah ini.

  1. Bagaimana pengertian dari kebudayaan nasional sesuai dengan pemahaman Anda?
  2. Bagaimana kondisi gotong royong yag berada di daerah Anda?
  3. Sebutkan nilai-nilai kultural yang masih lestari ditempat Anda yang dapat dijadika sebagai budaya nasional!
  4. Berikan contoh yang kongkrit dari bentuk-bentuk nilai kultural yang dapat dijadika budaya nasional!
  5. Analisislah kasus yang berada di link atas sesuai dengan pemahaman Anda mengenai salah satu bentuk nilai kultural tersebut!

Sumber :

  1. Maran, Rafael Raga. 2000. Manusia dan Kebudayaan dalam Perspektif Ilmu Budaya Dasar. Jakarta : Rineka Cipta.
  2. Bayudhy, gesta. 2015. Tradisi-tradisi Adiluhung para Leluhur Jawa. Yogyakarta : Dipta.

 

 

Tulisan ini dipublikasikan di Antropologi SMA. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco