Materi Antropologi SMA/MA Kelas XII “Perubahan Sosial, Pembagunan Nasional dan Globalisasi

Salam Ceria…
Generasi Muda Berprestasi…
Dalam postingan kali ini, saya akan memaparkan salah satu materi pembelajaran antropologi untuk SMA/MA kelas XII yang berpacu pada kurikulum 2013, yakni mengenei “Konsep Perubahan Sosial, Pembangunan Nasional & Globalisasi”. Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca dan memahami dari tulisan berikut ini.
Pengertian Perubahan Sosial
Menurut William F. Ogburn, beliau berusaha mengemukakan tentang ruang lingkup perubahan-perubahan sosial meliputi unsur-unsur kebudayaan baik yang material maupun yang immaterial, yang ditekankan adalah pengaruh besar unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial
Menurut Kingsley Davis mengartikan perubahan sosial sebagai perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Misalnya, timbul pengorganisasian buruh dalam masyarakat kapitalis telah menyebabkan perubahan-perubahan dalam hubungan antara buruh dengan majikan dan seterusnya menyebabkan perubahan-perubahan dalam organisasi ekonomi dan politik.

Setiap masyarakat di dalam kehidupannya pasti akan mengalami perubahan, baik secara cepat maupun secara lambat. Perubahan baik bagi orang yang bersangkutan maupun bagi orang luar yang menelaahnya pasti akan mempunyai dampak, baik dampak positif maupun negatif. Perubahan bisa berkaitan dengan : nilai-nilai sosial, pola-pola perilaku, organisasi, lembaga kemasyarakatan, lapisan dalam masyarakat, kekuasaan dan wewenang.
Pengertian Pembagunan Nasional
Pembangunan nasional merupakan suatu usaha yang dilakukan secara terus-menerus dalam memperbaiki semua aspek dalam kehidupan manusia agar tercapai tujuan dan harapan yang telah dibuat. Sistem perencanaan pembanguna nasional adalah satu kesatuan tata cara perencanaan pembangunan dalam menghasilkan rencana-rencana pembagunan dalam jangka panjang, jangka menengah, dan tahunan yang dilaksanakan oleh unsur penyelenggaraan negara dan masyarakat di tingkat pusat dan daerah.
Pengertian Globalisasi
Globalisasi merupakan suatu proses secara mendunia yang telah menyebar sampai di segala penjuru, bahkan saat ini pengaruh dari globalisasi sudah menembus didaerah pedesaan. Sekarang ini Globalisasi telah membawa pengaruh diberbagai bidang baik itu di bidang ekonomi, politik, komunikasi, pertanian, dan lain sebagainya.
Pengaruh dari globalisasi dibidang ekonomi yaitu contohnya telah muncul pasar bebas dimana segala produk yang ada disuatu negara akan dijual secara bebas kenegara lain tanpa adanya pajak, sehingga banyak produk-produk asing yang akan masuk dalam negara Indonesia. Dalam hal ini masyarakat akan dumudahkan dalam memperoleh barang untuk memenuhi kebutuhn hidupnya, baik itu dari negara sendiri maupun dari negara luar. Kemudian saat ini di kota bahkan di pedesaan telah muncul toko-toko yang merupakan dampak dari globalisai seperti Indomart, Alfamart, Minimarket, mall, Matahari, DP mall, dan lain-lain.
Dilihat dari segi fashion, saat ini telah banyak berbagai model pakaian yang ada di Indonesia, baik pakaian tersebut berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Dengan adanya pengaruh dari globalisasi tersebut telah banyak mengubah kehidupan masyarakat Indonesia menjadi kehidupan yang bersifat materialistis, sering menghamburkan uang untuk membeli barang.
Contoh Dampak Positif Globalisasi dalam Bidang Pertanian
Sebagai dampak positif dari Globalisasi di bidang pertanian, sekarang ini telah muncul berbagai alat pertanian yang sangat membantu para petani dalam membantu pekerjaanya di sawah, ladang, maupun kebun. Dengan adanya pengaruh globalisasi di bidang pertanian ini telah memunculkan berbagai alat-alat modern yang canggih seperti contohnya : tlaktor, tlesher, penggilingan padi, disel, alat pengunting padi, bajak mesin dan sebagainya. Dengan kemuculuan alat-alat tersebut telah membantu pekerjaan para petani, sehingga pekerjaan mereka menjadi lebih cepat, menghemat waktu, biaya, dan tenaga, juga lebih efisien.

Guna menambah pemahaman bagi pembaca untuk lebih lanjut silahkan buka link dibawah ini mengenei perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat pedesaan dalam bidang pertanian. (https://m.detik.com/news/opini-anda/1719955/perubahan-sosial-pedesaan)
Penugasan
1. Bagaimana pengertia dari perubahan sosial, pembanguna nasioanl da globalisasi menurut Pemahaman Anda?
2. Apa saja dampak positif perubahan sosial dalam bidang komunikasi?
3. Jelaskan perbedaan antara perubahan sosial dengan globalisasi?
4. Sebutkan bentuk-bentuk dari perubahan sosial?
5. Analisislah kasus yang berada di link atas sesuai dengan pemahaman Anda mengenai perubahan sosial!
Sumber :
Soekanto, soerjono. 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Narwoko, J. Dwi. 2006. Sosiologi : Teks dan Pengantar. Jakarta : Kencana.
Sunarto. 2015. Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Semarang. MKU MKDK UNNES.

Tulisan ini dipublikasikan di Antropologi SMA. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco