Materi Sosiologi SMA/MA Kelas XI “Permasalahan Sosial Dalam Masyarakat”

Salam Ceria…
Generasi Muda Berprestasi…
Dalam postingan kali ini, saya akan memaparkan salah satu materi pembelajaran antropologi untuk SMA/MA kelas XI yang berpacu pada kurikulum 2013, yakni mengenei “Permasalahan sosial dalam masyarakat”. Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca dan memahami dari tulisan berikut yang sebelumnya telah di posting, untuk lebih jelasnya silahkan buka link ini Evfi Nurhidayah
Sosiologi menelaah berbagai macam gejala-gejala yang ada di masyarakat seperti norma-norma, kelompok sosial, lapisan masyarakat, lembaga-lembaga kemasyarakatan, proses sosial, perubahan sosial, dan kebudayaan. Namun tidak semua gejala tersebut berlangsung secar normal seperti yang dikehendaki masyarakat. Gejala-gejala yang tidak dikehendaki merupakan gejala abnormal (masalah sosial) ataupun gejala-gejala patologis. Hal itu disebabkan karena unsur-unsur masyarakat tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya sehingga menyebabkan kekecewaan-kekecewaan dan penderitaan. Masalah-masalah sosial tersebut berbeda dengan problema-problema lainnya didalam masyarakat karena masalah-masalah sosial tersebut berhubungan erat dengan nilai-nilai sosial dan lembaga-lembaga kemasyarakatan. Masalah tersebut bersifat sosial karena bersangkut paut dengan hubungan antarmanusia dan didalam kerangka bagian-bagian kebudayaan yang normatif.

Menurut Soerjono Soekanto, masalah sosial merupakan suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Sementara Lesli berpendapat bahwa, masalah sosial sebagai suatu kondisi yang mempunyai pengaruh terhadap kehidupan sebagian besar warga masyarakat sebagai sesuatu yang tidak diinginkan atau tidak disukai dan karena perlunya untuk diatasi atau diperbaiki. Pendapat lain juga diungkapkan oleh Soetomo yang mengatakan bahwa masalah sosial adalah sebagai suatu kondisi yang tidak diinginkan oleh sebagian besar warga masyarakat.
Dari pengertian diatas, dapat kita simpulkan bahwa masalah sosial adalah suatu kondisi dimana terjadi ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat yang menyangkut nilai-nilai sosial dan moral didalam masyarakat itu sendiri.
Faktor Penyebab Masalah Sosial
1. Tidak adanya kesesuaian antara nilai sosial dengan tindakan sosial.
2. Sumber dari permasalahan sosial merupakan akibat dari suatu gejala sosial di masyarakat.
3. Adanya pihak yang menetapkan suatu gejala sosial tergantung dari karakteristik masyarakatnya.
4. Perasalahan sosial yang nyata (manifest social problem) dan masalah sosial tersembunyi (latent social problem).
5. Perhatian masyarakat dan masalah sosial.
6. Sistem nilai dan perbaikan suatu permasalahan sosial.
Klasifikasi Masalah Sosial
Masalah sosial timbul dari adanya kekurangan-kekurangan dalam diri manusia atau kelompok sosial yang bersumber pada berbagai macam faktor, antara lain:
1. Faktor ekonomis, problem-problem yang berasal dari faktor ekonomis antara lain kemiskinan, penganggguran, kriminalitas, dan lain sebagainya
2. Faktor biologis, masalah yang dapat timbul dari adanya faktor biologis seperti penyakit.
3. Faktor psikologis, timbulnya persoalan seperti penyakit syaraf (neurosis), bunuh diri, disorganisasi jiwa, dan lain sebagainya.
4. Faktor kebudayaan, persoalan yang menyangkut perceraian, kejahatan, kenakalan anak-anak, konflik rasial, dan keagamaan.
Beberapa Masalah Sosial yang Penting
1. Kemiskinan
2. Kejahatan
Untuk menambah wawasan kita semua, saya menambahkan link berita, silahkan klik link berikut ini http://citizen6.liputan6.com/read/2420458/hukuman-hukuman-sadis-bagi-kaum-homoseksual-pada-zaman-dulu?
PENGAYAAN
1. Bagaimana pendapat anda mengenai berita tersebut?
2. Menurut anda, upaya apakah yang dapat dilakukan pemerintah Indonesia dalam menanggulangi permasalahan sosial tersebut?
SUMBER
Soekanto, Soerjono. 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Tulisan ini dipublikasikan di Sosiologi SMA. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco