7 Pilar Konservasi Untuk Universitas Konservasi Bereputasi #2

Konservasi

Hi, sobat HiTech!

Di postingan sebelumnya, kita membahas mengenai Unnes membangun Rumah Ilmu untuk mewujudkan Universitas Konservasi Berepustasi. Nah, postingan kali ini, aku ingin memperkenalkan sobat HiTech lebih dekat mengenai konservasi di Unnes. So, keep reading!

Dalam membangun rumah ilmu, seharusya tidak sekedar seperti membangun gedung baru, melainkan juga membangun lingkungan serta bagaimana menghidupkan suasana yang konservasi. Hal tersebut, menurut saya sangatlah perlu bagi kita semua untuk mewujudkan hal-hal tersebut. Terbesit dipikiran kita, bagaimana cara untuk mewujudkan hal tersbut? Mudah, kah?

Selama ini, Unnes telah menerapkan 7 pilar Konservasi untuk mewujudkan Universitas Konservasi. Tujuh pilar tersebut sangatlah diperlukan, karena Unnes tak sekedar menjadikan Konservasi sebagai jargon ataupun julukannta saja, namun Konservasi memang telah diterapkan Unnes. Reputasi Universitas Konservasi pun, menurut saya juga bergantung pada bagaimana Unnes menerapkan tujuh pilar tersebut. Sudah baik-kah atau belum?

Penerapan tujuh pilar konservasi, sesungguhnya bukanlah tugas dari birokat, dosen, atau petugas tertentu saja, namun semua pihak yang ada di Unnes, termasuk juga mahasiswa. Pada semester 2, pastilah kita kana mendapatakan mata Kuliah Pendidikan Lingkungan Hdup yang kini berganti nama menjadi Pendidikan Konservasi. Pada mata kuliah tersebut, kita dikenalkan “apa itu konservasi?” dan “apa saja pilar-pilar konservasi?”. Namun, pernahkah kita menyadari pentingnya konservasi bagi kita dan Universitas kita tercinta. Mungkin banyak diantara mereka yang hanya mempelajarinya, dan sekedar menghafalkan pilar-pilar tersebut. Semestinya kita tidak hanya menguasai ilmunya, hal yang yang penting adalah penerapannya. Lalu, penerapan yang bagaimana? Penerapan seperti menaman pohon, menghemat energi, dan tidak membuang sampah sembarangan, seperti itukah? Lebih dari itu. Kita perlu menerapkan semua pilar-pilar konservasi, ketujuh pilar konservasi, antara lain:

  1. Pilar Arsitektur Hijau dan Transportasi Internal
  2. Pilar Pengelolaan Limbah
  3. Pilar Kebijakan Nirkertas
  4. Pilar Energi Bersih
  5. Pilar Konservasi Etika, Seni, dan Budaya
  6. Pilar Kader Konservasi

Berhubungan dengan rumah ilmu, tentunya dalam membangun rumah ilmu perlu diperhatikan dalan penerapanya tujuh pilar konservasi karena rumah ilmu yang merupakan cerminan dari Universitas Konservasi itu sendiri adalah rumah untuk memperoleh ilmu yang nyaman, menyatu dengan alam, dan mencakup tujuh pilar konservasi.

Maka, itu pentingnya bagi kita semua dalam menerapkan tujuh pilar konservasi di Unnes. Meski banyak kendala yang memungkinkan kita dapat, kita tidak bolehlah mundur, semestinya semua pihak di Unnes saling bahu-mambahu demi terwujudnya Universitas Konservasi Bereputasi.

Sobat HiTech, sangat penting sekali penerapan tujuh pilar tersebut, karena hal itu juga yang nantinya dapat membangun rumah ilmu sebagai wujud Universitas Konservasi Bereputasi. So, tetap menerapkan pilar-pilar konservasi!

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Tags: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:


Lewat ke baris perkakas