Tips Paling Oke Agar Baterai Laptopmu Awet

Baterai Laptop

Hi, sobat Hitech!

Kamu pernah mengalami, baterai laptop kamu cepet habis? atau kamu pernah service laptop gara-gara baterai laptop kamu rusak? Ada lho, beberapa laptop yang baterainya tidak berfungsi, laptop mereka harus membutuhkan daya listrik dari charger tanpa listrik laptop mereka langsung mati. Itu laptop apa komputer, ya? Pasti kalian gak pengen kan, laptop kalian begitu? So, kali ini aku akan nge-post mengenai bagaimana cara yang oke untuk rawat baterai laptop. Check this out!

Sekarang banyak orang yang lebih memilih menggunakan laptop daripada komputer. Alasan utamanya adalah kepraktisan dan kemudahan dalam pemakaian. Hingga saat ini, pengguna laptop terus meningkat, meskipun telah muncul berbagai perkembangan teknologi terbaru seperti i-pad atau semacamnya. Begitu banyak pengguna laptop, begitu banyak pula yang tidak mengetahui cara merawat laptop dan aksesori nya dengan benar. Perawatan terhadap perangkat-perangkat ini sangat mempengaruhi umur pemakaian laptop. Baterai adalah salah satu komponen terpenting dalam laptop. Selain berfungsi sebagai sumber tenaga, baterai juga mampu bertindak sebagai pengaman laptop terhadap gangguan listrik yang tidak stabil.

Di bawah ini beberapa tips yang oke mengenai bagaimana merawat baterai laptop kamu agar senantiasa awet dan panjang umur dan tentunya akan membuatmu merasa nyaman selama menggunakannya. Silahkan untuk anda simak informasinya seperti berikut ini.

  1. Jangan menggunakan laptop secara berlebihan. Maksudnya jangan sampai kamu menghidupkan laptopmu terlalu lama untuk bekerja atau pun melakukan kegiatan dengan laptopmu, hindari juga pasang charger terus menerus jika indikator baterai laptopmu sudah penuh.
  2. Pastikan suhu ruangan berada dalam kondisi normal atau tidak terlalu panas. Anda bisa menggunakan cooling pad jika perlu untuk menjaga suhu ruangan anda sedang berada.
  3. Hindari sebisa mungkin indikator batermu sampai 0%. Langsung charger jika baterai mulai limit. Biasanya pula, ada peringatan apabila baterai mulai 30%, 10%, nah itu bermanfaat buat kamu agar kamu segera mencharge laptopmu.
  4. Hindari baterai dari air dan panas matahari secara langsung. Hindari juga dari debu yang dapat merusak komponen.
  5. Ketika charge baterai, perhatikan listrik yang dikonsumsi oleh adaptor. Tegangan listrik yang tidak stabil akan membuat adaptor rusak dan performa dari baterai drop.
  6. Atur kecerahan layar monitor untuk mengurangi penggunaan daya yang berlebihan. Karena seperti yang kita ketahui, semakin terang layar laptop anda maka semakin banyak konsumsi daya tahan baterai yang di perlukan laptop anda dan daya baterai akan semakin cepat habis.
  7. Jika baterai laptop anda sudah terlanjut rusak. Maka anda bisa membeli baterai laptop baru yang original agar kualitas yang di dapatkan juga sangat baik walaupun harganya mungkin agak sedikit mahal dari charger kualitas biasan.
  8. Hindari melepas baterai apabila tiba-tiba listrik padam, karena dapat mempengaruhi perangkat laptop dan mengakibatkan konsleting hardware.

Nah, itu tips-tips yang perlu kamu perhatikan untuk merawat baterai laptop kamu. Jangan pernah meyepelekan, karena baterai laptop sangat penting dalam sumber daya laptop. Tentu gak pengen kan, keluar uang cuma gara-gara kamu sembarangan dalam menggunakan laptop lalu baterai laprop kamu rusak, dan kamu hatus beli baru. So, guys keep taking care!

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Tags: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:


Lewat ke baris perkakas