PENDIDIKAN ITU PERLU BAGI SEMUA ORANG

PENDIDIKAN ITU PERLU BAGI SEMUA ORANG

Berbicara tentang pendidikan, tentunya kita sebagai manusia yang hidup di masyarakat menyadari arti penting dari pendidikan. Pendidikan merupakan segala bidang penghidupan, dalam memilih dan membina hidup yang baik, yang sesuai dengan martabat manusia. Tentu dari pernyataan tersebut, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa pendidikan merupakan hal yang sangat penting yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sebagai manusia.
Pendidikan dapat membedakan manusia dari segi kedudukannya di masyarakat. Orang yang berpendidikan tinggi akan jauh lebih dihargai orang lain dalam masyarakat. Dari segi tingkat atau kedudukan dalam pekerjaan, pendidikan juga sangat berpengaruh. Apalagi kalau sudah menyangkut pada jabatan, tentu orang yang berpendidikan tinggi dapat diposisikan pada kedudukan yang lebih tinggi pula. Sebaliknya, orang yang berpendidikan lebih renda akan diposisikan pada kedudukan atau jabatan yang lebih rendah pula dalam pekerjaannya. Karena setiap bidang pekerjaan disesuaikan dengan kemampuan seseorang, agar bisa melaksanakan pekerjaannya dengan baik. Hal tersebut juga akan menentukan pendapatan dari setiap pekerjaannya.
Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan kita,ini berarti bahwa setiap manusia Indonesia berhak mendapatkannya dan diharapkan untuk selalu berkembang didalamnya, pendidikan tidak akan ada habisnya,. Pendidikan secara umum mempunyai arti suatu proses kehidupan dalam mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupan. Sehingga menjadi seorang yang terdidik itu sangat penting.Kita dididik menjadi orang yang berguna baik bagi Negara,Nusa dan Bangsa.Pendidikan pertama kali yang kita dapatkan di lingkungan keluarga (Pendidikan Informal), lingkungan sekolah(Pendidikan Formal),dan lingkungan masyarakat (Pendidikan Nonformal).Pendidikan Informal adalah pendidikan yang diperoleh seseorang dari pengalaman sehari-hari dengan sadar atau tidak sadar,sejak seseorang lahir sampai mati.Proses pendidikan ini berlangsung seumur hidup.Sehingga peranan keluarga itu sangat penting bagi anak terutama orang tua.Orang tua mendidik anaknya dengan penuh kasih sayang.Kasih sayang yang diberikan orang tua tidak ada habisnya dan terhitung nilainya.Orang tua mengajarkan kepada kita hal-hal yang baik misalnya, bagaimana kita bersikap sopan-santun terhadap orang lain,menghormati sesama,dan berbagi dengan mereka yang kekurangan.
Seorang manusia yang normal ,baik anak maupun orang dewasa senantiasa membutuhkan sesuatu “ rasa dihargai”.Rasa sayang kepada anak perlu orang tua nyatakan.Anak harus mengetahui bahwa memang kita disayangi.Seorang anak yang disayangi akan menyayangi keluarganya ,sehingga anak akan merasakan bahwa anak dibutuhkan dalam keluarga.Dalam situasi yang demikian anak akan merasa aman,dihargai,dan disayangi.Si anak tidak akan merasa takut untuk menyatakan dirinya.Sebab merasa keluarga sebagai sumber kekuatan yang membangunya.Dengan demikian akan timbul suatu situasi yang saling membantu,saling menghargai,yang sangat mendukung perkembangan mental anak.Di dalam keluarga yang memberi kesempatan maksimum pertumbuhan,dan perkembangan adalah orang tua.Dalam lingkungan keluarga harga diri berkembang karena dihargai,diterima,dicintai,dan dihormati sebagai manusia .Itulah pentingnya mengapa kita menjadi orang yang terdidik di lingkungan keluarga.
Orang tua mengajarkan kepada kita mulai sejak kecil untuk menghargai orang lain hal ini akan menimbulkan kenyamanan dan ketentraman hidup sehingga akan mempererat kerukunan hidup.
Sedangkan di lingkungan sekolah yang menjadi pendidikan yang kedua atau juga disebut dengan Pendidikan formal.Pendidikan formal adalah pendidikan yang didapat seseorang dari umur 9-12 tahun,wajib bagi seseorang untuk mendapatkanya.Selain itu dapat melanjutkannya kejenjang yang lebih tinggi yaitu di SLTP dan SLTA,dan apabila orang tua mempunyai cukup uang maka dapat melanjutkannya ke Perguruan Tingi Menjadi seorang terdidik itu penting sekali.Alangkah pentingnya pendidikan di Indonesia.Peningkatan mutu pendidikan di Indonesia memang diperlukan untuk mencapai Indonesia baru.Mengenai mutu pendidikan di Indonesia khususnya tingkat keberhasilan seorang guru untuk mendidik anak didiknya.Guru sebagai media pendidik memberikan ilmunya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.Sehingga tak luput dari peranan Guru.Peranan guru sebagai pendidik merupakan peranan yang berkaitan dengan tugas-tugas memberi bantuan dan dorongan ,serta tugas-tugas yang berkaitan dengan mendisiplinkan anak didik agar anak itu menjadi patuh terhadap norma hidup,dan aturan-aturan sekolah.Guru mengajarkan kepada anak didik supaya pintar dan berwawasan luas.Anak didik yang terdidik dituntut untuk tidak merugikan orang lain ,harus menghargai,dan menghormati hak orang lain,anak dididik untuk menaati peraturan-peraturan,dan menyesuaikan diri dengan norma-norma tertentu.
Sekolah sebagai lembaga formal yang diserahi tugas untuk mendidik.Peranan Sekolah sangat besar sebagai sarana tukar pikiran diantara peserta didik.Dan juga, Guru harus berupaya agar pelajaran yang diberikan selalu cukup untuk menarik minat anak, sebab tidak jarang anak menganggap pelajaran yang diberikan oleh Guru kepadanya tidak bermanfaat .Tugas Guru yang hanya semata-mata mengajar saat ini sudah keluar dari aturan-aturan itu .Guru harus mendidik yaitu harus membina para anak didik menjadi manusia dewasa yang bertangging jawab.Hanya dengan inilah maka semua aspek kepribadian anak bisa berkembang.
Selain itu peranan lingkungan masyarakat juga penting bagi peserta didik .Ini juga disebut Pendidikan Nonformal.Pendidikan Nonformal adalah pendidikan di luar sekolah,yaitu pendidikan yang diperoleh seseorang secara teratur,terarah.Berhubung karena Pendidikan Nonformal lebih mudah disesuaikan dengan keadaan seseorang dan lingkungan maka pendidikan Nonformal lebih terhadap kehidupan masyarakat.Hal ini berarti memberikan gambaran tentang bagaimana kita hidup bermasyarakat.Dengan demikian apabila kita berinteraksi dengan mereka di lingkungan masyarakat maka mereka akan menilai kita,bahwa mereka akan tahu mana orang yang terdidik,mana orang yang tidak Terdidik berarti kita dididik untuk bisa memahami,mengerti,serta menjadi orang yang peduli terhadap orang lain.Di zaman Era Globalisasi diharapkan generasi muda bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat Sehingga tidak terombang-ambing dalam kancah perkembangan zaman.Itulah pentingnya menjadi seorang yang terdidik baik di lingkungan Keluarga,Sekolah,dan Masyarakat.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Lingkungan di Sekitar Kita

Pentingnya Menjaga Kesehatan Lingkungan di Sekitar Kita

Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut. Lingkungan juga dapat diartikan menjadi segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia.
Lingkungan terdiri dari komponen abiotik dan biotik. Komponen abiotik adalah segala yang tidak bernyawa seperti tanah, udara, air, iklim, kelembaban, cahaya, bunyi. Sedangkan komponen biotik adalah segala sesuatu yang bernyawa seperti tumbuhan, hewan, manusia danmikro-organisme (virus dan bakteri).
Linkungan bersih merupakan dambaan semua orang. Namun tidak mudah untuk menciptakan lingkungan kita bisa terlihat bersih dan rapi sehingga nyaman untuk dilihat. Tidak jarang karena kesibukan dan berbagai alasan lain, kita kurang memperhatikan masalah kebersihan lingkungan di sekitar kita, terutama lingkungan rumah.
Seiring majunya tingkat pemikiran masyarakat serta kemajuan teknologi di segala bidang kehidupan, maka tingkat kesadaran untuk memiliki lingkungan dengan kondisi bersih seharusnya ditingkatkan dari sebelumnya. Beragam informasi mengenai pentingnya lingkungan dengan kondisi bersih serta sehat dapat diketahui melalui media cetak dan online.
Tentu saja lingkungan dalam kondisi bersih serta sehat akan membuat para penghuninya nyaman dan kesehatan tubuhnya terjaga dengan baik. Kesehatan tubuh manusia berada pada posisi paling vital. Alasannya tentulah mengarah pada keberagaman kegiatan hidup manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
Menjaga Kesehatan Lingkungan merupakan suatu kewajiban bagi setiap individu, selain merupakan anugerah yang diberikan sang pencipta kepada hamba-Nya, Kesehatan Lingkungan harus tetap dijaga agar keluarga kita terhindar penyakit. Karena kesehatan tidak ternilai harganya. Terkadang pada saat kita sehat, kita lupa akan nikmat tersebut dan ketika sakit kita baru sadar dan merasakan betapa kesehatan itu sungguh sangat berharga.
Tubuh yang sehat bisa didapatkan dari berolahraga secara teratur, menkomsumsi makananan bergizi, dan lingkungan yang sehat dan bersih. Lingkungan yang sehat terkadang sering tidak kita perhatikan karena kesibukan dalam bekerja sehingga lingkungan sekitar tidak dijaga kebersihannya. Akibat dari lingkungan yang tidak sehat dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satu yang mengkhawatirkan adalah deman berdarah (DBD) karena dapat menyebabkan kematian.
Kebersihan lingkungan merupakan keadaan bebas dari kotoran, termasuk di dalamnya, debu, sampah, dan bau. Di Indonesia, masalah kebersihan lingkungan selalu menjadi perdebatan dan masalah yang berkembang. Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan lingkungan setiap tahunnya terus meningkat.
Kita harus tahu tentang manfaat menjaga kebersihan lingkungan, karena menjaga kebersihan lingkungan sangatlah berguna untuk kita semua karena dapat menciptakan kehidupan yang aman, bersih, sejuk dan sehat.
Manfaat menjaga kebersihan lingkungan antara lain:
1. Terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat.
2. Lingkungan menjadi lebih sejuk.
3. Bebas dari polusi udara.
4. Air menjadi lebih bersih dan aman untuk di minum.
5. Lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari hari.
Masih banyak lagi manfaat menjaga kebersihan lingkungan, maka dari itu kita harus menyadari akan pentingnya kebersihan lingkungan mulai dari rumah kita sendiri misalnya rajin menyapu halaman rumah, rajin membersihkan selokan rumah kita, membuang sampah pada tempatnya, pokoknya masih banyak lagi.
Lingkungan akan lebih baik jika semua orang sadar dan bertanggungjawab akan kebersihan lingkungan, karena hal itu harus ditanamkan sejak dini, di sekolah pun kita diajarkan untuk selalu hidup bersih.
Di agama islam pun kita di ajarkan untuk selalu hidup bersih, karena kebersihan adalah sebagaian dari iman.
Selain hal yang disampaikan diatas kita juga harus saling mendukung agar tercapainya tujuan kita dalam menjaga kesehatan lingkungan bersama, agar tidak terjadi penyakit ataupun hal-hal yang tidak diinginkan dimasa mendatang, serta agar lingkungan kita tetap bias dinikmati hingga anak cucu kita kelak.
Berikut Tips dan trik menjaga kebersihan lingkungan:
1. Dimulai dari diri sendiri dengan cara memberi contoh kepada masyarakat bagaimana menjaga kebersihan lingkungan.
2. Selalu Libatkan tokoh masyarakat yang berpengaruh untuk memberikan pengarahan kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.
3. Sertkan para pemuda untuk ikut aktif menjaga kebersihan lingkungan.
4. Perbanyak tempat sampah di sekitar lingkungan anda;
5. Pekerjakan petugas kebersihan lingkungan dengan memberi imbalan yang sesuai setiap bulannya.
6. Sosialisakan kepada masyarakat untuk terbiasa memilah sampah rumah tangga menjadi sampah organik dan non organik.
7. Pelajari teknologi pembuatan kompos dari sampah organik agar dapat dimanfaatkan kembali untuk pupuk;
8. Kreatif, Dengan membuat souvenir atau kerajinan tangan dengan memanfaatkan sampah.
9. Atur jadwal untuk kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan.

TAK USAH TAKUT BELAJAR MATEMATIKA MATEMATIKA ITU BANYAK MANFAATNYA

TAK USAH TAKUT BELAJAR MATEMATIKA
MATEMATIKA ITU BANYAK MANFAATNYA

Saat seorang peserta didik ditanya tentang pelajaran apa yang mereka anggap paling sulit di antara pelajaran yang lainnya. Maka kemungkinan besar mayoritas dari mereka akan menjawab bahwa pelajaran yang paling sulit adalah matematika. Mengapa bisa terjadi sugesti yang semacam ini pada peserta didik? Hal tersebut salah satunya karena dipengaruhi oleh pandangan awal terhadap mata pelajaran ini yang sudah pesimis sehingga anak kesulitan dalam memahaminya.
Kedua karena memang mata pelajaran ini banyak yang bersifat abstrak sehingga hal tersebut memaksa anak untuk aktif dalam menerka apa sih yang ada pada persoalan dalam pelajaran ini. Melihat hal di atas, mungkin banyak orang akhirnya mengeluhkan tentang pelajaran ini, dan mungkin juga mereka akan bertanya.
Ada beberapa karakteristik matematika, antara lain :
1. Objek yang dipelajari abstrak.
Sebagian besar yang dipelajari dalam matematika adalah angka atau bilangan yang secara nyata tidak ada atau merupakan hasil pemikiran otak manusia. Menurut Cockroft (1982), matematika sulit dipelajari dan sulit diajarkan karena objek yang dipelajari bersifat abstrak yaitu angka atau bilangan dan memiliki hirarki yang tegas serta banyak manipulasi lambang, sehingga Guru harus dapat mengembangkan kualitas pribadi dan siswanya secara keseluruhan, yaitu : Kebiasaan bekerja dengan baik seperti : imajinatif, kreatif, dan fleksibel, sistematik, independen dalam berpikir dan bertindak, bekerja sama, dan cermat. Serta sikap positif terhadap matematika antara lain : terpesona dengan matematika; berminat dan termotivasi; gembira dan menyukai matematik; menghargai maksud, kekuatan, dan relevansi matematika dalam kehidupan; kepuasan yang tumbuh dari keberhasilan dan keyakinan akan kemampuannya mengerjakan matematika.
2. Kebenaranya berdasarkan logika.
Kebenaran dalam matematika adalah kebenaran secara logika bukan empiris. Artinya kebenarannya tidak dapat dibuktikan melalui ekserimen seperti dalam ilmu fisika atau biologi. Contohnya nilai √-2 tidak dapat dibuktikan dengan kalkulator, tetapi secara logika ada jawabannya sehingga bilangan tersebut dinamakan bilangan imajiner (khayal).
3. Pembelajarannya secara bertingkat dan kontinu.
Pemberian atau penyajian materi matematika disesuaikan dengan tingkatan pendidikan dan dilakukan secara terus-menerus. Artinya dalam mempelajari matematika harus secara berulang melalui latihan-latihan soal.
4. Ada keterkaitan antara materi yang satu dengan yang lainnya.
Materi yang akan dipelajari harus memenuhi atau menguasai materi sebelumnya. Contohnya ketika akan mempelajari tentang volume atau isi suatu bangun ruang maka harus menguasai tentang materi luas dan keliling bidang datar.
5. Menggunakan bahasa simbol.
Dalam matematika penyampaian materi menggunakan simbol-simbol yang telah disepakati dan dipahami secara umum. Misalnya penjumlahan menggunakan simbol “+” sehingga tidak terjadi dualisme jawaban.
6. Diaplikasikan dibidang ilmu lain.
Matematika dapat digunakan untuk menyeleksi atau menyaring data yang ada. Seperti tes seleksi calon PNS, Polisi, TNI, pelajar, mahasaiswa atau karyawan menggunakan tes tulis dengan materi matematika (biasanya logika dan berhitung) untuk mengetahui kemampuan berpikir cepat dan dapat menyelesaikan masalah. Dalam bidang teknik matematika digunakan seperti teknik informatika atau komputer menggunakan konsep bilangan basis, teknik industri atau mesin matematika digunakan untuk menentukan ketelitian suatu alat ukur atau perkakas yang digunakan.

Kata siapa belajar matematika itu menyeramkan? yang saya rasakan belajar matematika itu banyak manfaatnya, diantaranya :
a. Berguna buat kehidupan sehari-hari. Contoh dalam menghitung uang, memperkirakan harga baju kena discount,dsb.
b. Belajar matematika menumbuhkan rasa percaya diri. Karena matematika ilmu yang pasti , belajar matematika harus mengerti konsep dan bahasan,jadi tidak bisa mengandalkan orang lain atau mengarang-ngarang jawaban untuk menyelesaikan soal . Dengan demikian sikap percaya pada diri sendiri pun akan tumbuh.
c. Menumbuhkan sikap tekun dan pantang menyerah belajar matematika tidak instan perlu latihan yang berulang dan terus menerus agar mengerti materi yang diajarkan jadi anak matematika itu tekun dan tidak mudah menyerah dalam menyelesaikan tantangan.
d. Menumbuhkan sikap konsisten, belajar matematika harus berpedoman pada dalil-dalil atau pernyataan yang perlu pembuktian . Jadi tidak bisa asal menggunakan rumus dan hal ini menanamkan sikap konsisten yang terbawa dalam kehidupan sehari-hari.
e. Menumbuhkan rasa sabar dan teliti. anak matematika terbiasa mengerjakan soal dengan jawaban yang panjang , menemukan banyak angka , tanda negatif positif, koma, pecahan ,dsb . di lihat lagi prosesnya agar lebih yakin, maka diperlukan kesabaran dan ketelitian dalam mengerjakannya.

CARA BELAJAR YANG BAIK DAN EFEKTIF

CARA BELAJAR YANG BAIK DAN EFEKTIF

Cara belajar yang baik dan efektif merupakan cara belajar yang bermakna atau berkesan bagi diri kita sendiri. Atau cara yang ampuh untuk belajar memahami sesuatu atau pelajaran dengan mudah dan cepat menggunakan cara-cara belajar yang baik dan efektif.
Cara belajar yang baik dan efektif ini biasa dilakukan dengan belajar mengenal diri kita sendiri terlebih dahulu. Belajar mengenal sikap dan sifat-sifat kita masing-masing. Belajar mengenal kebiasaan kita dan yang paling utama adalah kita siap belajar mengetahui keinginan kita. Karena dengan keinginan yang kuat, kita bisa menjadi sangat fokus untuk melakukan sesuatu.
Jadi inti dari cara belajar yang baik dan efektif adalah fokus. Fokus yang dimaksud adalah fokus terhadap pelajaran yang sedang dipelajari dengan cara cepat dan efektif. Belajar fokus itu berarti : Sangat serius, Berusaha dengan keras dan berkonsentrasi untuk segera memahami.
Fokus adalah inti dari cara belajar efektif
Seseorang bisa menjadi sangat fokus jika sesuatu yang ia pelajari itu ia sukai, Dan menyenangkan baginya. Terlebih jika memang cara fokusnya untuk hal-hal yang mereka inginkan. Secara otomatis, maka ia akan bisa menjadi sangat fokus.

Satu contoh tentang cara untuk fokus adalah seperti berikut : Jika anda perhatikan, atau mungkin anda sendiri pernah mengalaminya. Yaitu ketika seorang lelaki berusaha mendapatkan cinta dari seorang wanita yang sangat dicintainya dengan sepenuh hati. Biasanya lelaki tersebut akan sangat fokus, Dan berusaha keras supaya cepat mendapatkannya.
Dalam hal cara belajar yang baik dan efektif, Kita sebaiknya meniru contoh diatas. Yaitu dengan senang hati menyukai suatu pelajaran, ditambah fokus serta berusaha dengan keras memahami pelajaran atau ilmu pengetahuan itu dengan cara yang paling tepat. Ini adalah cara belajar yang efektif.
Bagaimana Caranya Supaya Bisa Fokus Belajar Di Kampus ?
Cara agar bisa fokus belajar di kampus adalah harus memiliki keinginan untuk memahami pelajaran dengan sangat cepat. Untuk bisa cepat memahami pelajaran di dalam kelas, anda harus bisa mengabaikan segala hal yang berpotensi mengganggu fokus belajar anda. Contoh hal-hal yang bisa mengganggu fokus anda untuk cepat memahami pelajaran adalah : memikirkan sesuatu yang lain dan bercanda dengan teman di kelas.
Keinginan Untuk Menjadi Cerdas
Ada beberapa kutipan tentang keinginan, diantaranya seperti berikut :
 Jika anda menginginkan sebuah benda, Kemudian anda fokus dan tekun melakukan cara-cara efektif yang mengarah kepada pencapaian benda itu, Maka Insya Allah anda akan mendapatkan benda tersebut.
 Dan jika anda menginginkan diri anda menjadi cerdas. Kemudian anda fokus dan tekun melakukan cara-cara efektif yang menuju kepada kecerdasan, Maka Insya Allah anda akan menjadi cerdas.
Semakin besar keinginan kita, maka kemungkinan besar kita akan menjadi lebih kreatif untuk menemukan cara-cara yang paling efektif untuk mendapatkannya.
Fokus dan keinginan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan adalah faktor yang sangat kuat dalam hal cara belajar yang efektif dan efisien. Anda mungkin bisa membayangkan satu waktu ketika anda tidak memiliki keinginan. Tentunya anda akan bermalas-malasan saja, Bukan?
Faktor-faktor lain supaya bisa mudah belajar secara efektif adalah faktor lingkungan dan wawasan. Pikiran manusia identik dengan apa yang dia tahu, dia lihat dan rasakan. Itulah wawasan atau pengetahuan. Pikiran bawah sadar kita dikuasai oleh dari mana kita menerima informasi.
Jadi misalkan anda ingin bisa memahami ilmu matematika maka cara yang paling efektif adalah anda harus menyukai ilmu matematika tersebut, lalu anda semestinya memiliki hobi dalam membaca artikel-artikel atau makalah belajar efektif yang berhubungan erat dengan ilmu matematika itu. Dan akan lebih baik lagi, jika anda mau bergaul di lingkungan orang-orang yang memang menyukai ilmu matematika seperti anda.
Mungkin disana anda bisa berbagi pengetahuan tentang matematika dan bisa belajar bersama-sama. Sehingga akan ada lebih banyak lagi ilmu matematika yang bisa anda pahami, dan jadikanlah hal tersebut sebagai satu motivasi belajar..
Tips Cara Belajar Efektif Di Kos :
Dibawah ini adalah tips cara belajar efektif agar cepat mengerti pelajaran :
1. Anda mau fokus membaca, mengetahui atau mendapatkan gambaran tentang mata pelajaran yang akan disampaikan esok hari oleh dosen anda.
2. Melakukan Praktek atas inisiatif sendiri, karena Anda menyukainya.
3. Mendiskusikan pelajaran-pelajaran dengan teman-teman anda yang memiliki keinginan dan fokus belajar yang sama dengan anda.
4. Membaca materi pelajaran pada saat sebelum dan sesudah tidur dimalam hari. Cara ini adalah cara belajar yang paling baik dan efektif untuk membuat pikiran anda supaya bisa lebih memahami materi-materi pelajaran.
Cobalah untuk selalu mengajarkan setiap ilmu pengetahuan kepada orang lain. Sebab contoh cara pembelajaran seperti ini adalah termasuk yang terbaik dalam hal cara belajar yang paling efektif.

Disiplin
Makna dari disiplin ini adalah membiasakan diri. maksudnya adalah supaya kita lebih menyukai pekerjaan.
Disiplin Dalam Belajar Di Kampus
Seperti telah disebutkan diatas bahwa disiplin memiliki makna membiasakan diri. Dalam hal belajar di kampus, Maksud dari disiplin ini adalah untuk membantu para mahasiswa agar lebih menyukai setiap pelajaran di kampus. Dan tujuan dari disiplin ini adalah agar semua mahasiswa bisa lebih memahami setiap pelajaran yang diberikan supaya menjadi lebih mudah dan efektif. Disiplin dalam belajar di kampus ini akan bisa menjadi efektif jika setiap mahasiswa menerapkan cara-cara atau metode belajar yang efektif.

Tentang Ketekunan
Jika kita mau mencermati cara dan sikap dari para pelopor ilmu pengetahuan dunia seperti misalnya Thomas A. Edison. adalah tentang bagaimana cara beliau membuat bohlam lampu. Thomas Edison begitu tekun sehingga dia berhasil membuat bohlam lampu listrik dengan sangat efektif, yaitu suatu alat penerangan yang pada era itu memang belum ada orang yang berhasil membuatnya. Penemuan dan pembuatan bohlam lampu listrik adalah salah satu contoh tentang ketekunan. Tekun adalah satu prinsip hidup atau sifat seseorang dalam mengerjakan sesuatu secara terus menerus dan efektif sampai berhasil.

Kesimpulan Cara Belajar Efektif
Jika kita menginginkan sesuatu lalu kita mempelajarinya, Kemudian kita mengerjakan semua prosesnya dengan disiplin dan tekun, Maka insya allah kita akan cepat mendapatkannya.
Disiplin dan tekun itu akan ada dengan sendirinya didalam pikiran bawah sadar kita. Caranya adalah jika kita memiliki keinginan dan motivasi belajar, mengetahui cara caranya dan bersedia mengerjakan setiap prosesnya dengan akurat.
Dalam hal belajar supaya bisa cepat memahami, kita senantiasa harus menempatkan unsur keinginan dan ketekunan ini didalam pikiran kita. Sebab keinginan adalah proses awal sebuah pencapaian, Dan tekun dalam belajar berarti terus menerus belajar sampai memahami.
Setiap kali anda hendak tidur di malam hari, Lakukanlah hal berikut ini : Pejamkan mata anda dan katakan kepada diri anda sendiri bahwa anda sedang melakukan sesuatu yang benar dan tidak sedang salah melangkah.
Jika hal tersebut diatas anda lakukan setiap malam, setiap kali anda hendak tidur, Maka pemikiran anda akan dibawa menuju kepada kepercayaan atau merasa percaya diri dan kendali diri. Toh jika anda belum menemukan cara-cara yang paling benar dan efektif, anda akan secara otomatis dikendalikan oleh diri anda sendiri setiap malam sebelum tidur untuk selalu memperbaiki diri dengan motivasi diri.

Fungsi Otak Kanan Dan Kiri Agar Bisa Belajar Dengan Cara Efektif
Untuk menunjang pemahaman cara belajar yang baik dan efektif, ada baik nya jika anda mau memahami fungsi otak kanan dan otak kiri

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA “YO KUI MANIS (YOGHURT KULIT MANGGIS)”

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
YO KUI MANIS (YOGHURT KULIT MANGGIS)
BIDANG KEGIATAN:
PKM-KEWIRAUSAHAAN

Diusulkan oleh :
Asmelia Addawiyah 4111415025 / Angkatan 2015
Widya Arum Mawarni 4112315010 / Angkatan 2015
NurmaIstiqomah 4101415092 / Angkatan 2015
Puji Lestari 4101413076/ Angkatan 2013

UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
SEMARANG
2015

DAFTAR ISI

Halaman Kulit Muka i
Lembar Pengesahan ii
Daftar Isi iii
Ringkasan v
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang 1
1.2. Rumusan Masalah 1
1.3. Tujuan Pembutan Proposal 2
1.4. Luaran Yang Diharapkan 2
1.5. Manfaat Pembuatan Proposal 2
BAB II GAMBRAN UMUM PELUANG USAHA
2.1. Gambaran Umum 3
2.2. Analisis Pemasaran 3
2.3. Analisis Pesaing 4
2.4. Analisis Ekonomi Usaha 5
BAB III METODE PELKSANAAN
3.1. Rencana Pelaksanaan 6
3.2. Kandungan Gizi Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis) 6
3.3 Proses Produksi 7
BAB V BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN
4.1. Rencana Anggaran Biaya 9
4.3. Jadwal Kegiatan 9
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran.1.Biodata Ketua, Anggota, danDosenPembimbing 10
Lampiran.2. Justifikasi Anggaran Biaya 15
Lampiran.3.Susunan Organisasi Tim Kegiatan dan Pembagian Tugas 18
Lampiran.4.Surat Pernyataan 19

RINGKASAN
Yoghurt merupakan hasil fermentasi susu oleh bakteri Lactobacillus bulgaricus yang bentuknya mirip bubur halus atau es krim. Yoghurt adalah salah satu upaya agar susu lebih awet, minuman ini disukai karena rasa segar, tekstur, dan aroma yang khas.
Buah manggis merupakan buah yang sangat umum untuk dinikmati di negara tropis Indonesia. Buah yang berasal dari Asia ini memiliki banyak sekali manfaatnya terutama pada kulit buahnya yang sering diabaikan orang. Padahal kulit manggis ini sangat berkhasiat untuk memperbaiki kualitas kesehatan manusia.
Berdasarkan uraian tersebut maka disusunlah proposal untuk membangun sebuah usaha dengan inovasi baru dari yoghurt yang telah ada dengan judul ” Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis)”.

Metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu metode pembuatan Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis) sama seperti pembuatan yoghurt pada umumnya, namun terdapat sedikit perbedaan karena menggunakan kulit manggis sebagai bahan utama dan buah dari manggis tersebut digunakan sebagai campuran untuk mendapatkan rasa manggis itu sendiri.

BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Di era modern, yogurt tidak hanya enak dimakan tetapi juga baik bagi kesehatan serta rendah lemak serta masih banyak manfaat lainnya.Sehingga banyak masyarakat yang tertarik untuk mengkonsumsi yoghurt.
Yoghurt merupakan hasil fermentasi susu oleh bakteri Lactobacillus bulgaricus yang bentuknya mirip bubur halus atau es krim. Yoghurt adalah salah satu upaya agar susu lebih awet, minuman ini disukai karena rasa segar, tekstur, dan aroma yang khas.
Buah manggis merupakan buah yang sangat umum untuk dinikmati di negara tropis Indonesia. Buah yang berasal dari Asia ini memiliki banyak sekali manfaatnya terutama pada kulit buahnya yang sering diabaikan orang. Orang sering sekali membuang kulit manggis begitu saja setelah memakan daging buahnya. Padahal kulit manggis ini sangat berkhasiat untuk memperbaiki kualitas kesehatan manusia. Hal ini terjadi karena kulit manggis mengandung ber 62,05% air, 0,63% lemak, 0,71% potein, serta 35,61% karbohidrat. Nilai gizi yang terkandung di dalam kulit manggis ini memiliki kontribusi yang sangat besar dalam melawan segala jenis penyakit yang mengancam tubuh. Penyakit degenerasi dan mematikan seperti jantung, HIV, AIDS, kanker, diabetes, stroke, dan penyakit lainnya bisa dicegah dan diturunkan resikonya dengan menggunakan kulit manggis. Zat anti-oksidan dalam kulit manggis juga dapat memberikan efek positif bagi kecantikan kulit manusia.
Banyak orang yang menginginkan minuman yang memiliki khasiat tinggi bagi kesehatan namun dengan harga yang terjangkau, sehingga kami ingin menciptakan terobosan baru dengan membuat inovasi pada yoghurt dengan memanfaatkan kulit manggis yang memiliki kandungan gizi yang berkontribusi sangat besar bagi kesehatan tubuh.

1.2. Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas maka permasalahan yang akan di rumuskan dalam proposal ini antara lain:
a. Bagaimana cara memproduksi Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis) dengan inovasi baru yang disukai oleh masyarakat?
b. Apa saja kandungan gizi yang terdapat dalam Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis) sehingga berguna bagi kesehatan?
c. Bagaimana cara memasarkan Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis)?
1.3. Tujuan Pembuatan Proposal
Tujuan khusus yang ingin dicapai dari pelaksanaan kegiatan ini adalah membuat inovasi pada Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis). Selain itu tujuan secara umum sebagai berikut:
a. Mengetahui cara memproduksi Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis) dengan inovasi baru yang disukai oleh masyarakat.
b. Mengetahui apa saja kandungan gizi yang terdapat dalam Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis) sehingga berguna bagi kesehatan.
c. Mengetahui cara memasarkan Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis).

1.4. Luaran yang Diharapkan
Dalam luaran yang kami inginkan disini yaitu kami ingin produk yang kami ciptakan bisa dikenal dan disukai oleh masyarakat. Walaupun memang sudah banyak pengolahan-pengolahan yang berbahan dasar dari kulit manggis, tetapi produk kami berbeda. Kami menjadikan kulit manggis sebagai bahan dasar pembuatan Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis).

1.5. Manfaat Pembuatan Proposal
a. Dapat meningkatkan kreatif dan inovatif dalam berwirausaha
b. Dapat menambah pengalaman dan pengetahuan tentang berwirausaha
c. Dapat menambah wawasan dalam pengolahan kulit manggis.
d. Dapat meningkatkan nilai ekonomi yoghurt
e. Dapat menambah penghasilan sendiri bagi kami selaku mahasiswa.
BAB II
GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
2.1. Gambaran Umum
Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis) yang diproduksi akan dikemas di dalam botol. Pengemasan disini dilakukan karena memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia usaha, serta dapat menjaga kualitas Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis) agar tetap terjaga kualitasnya. Pengemasan ini digunakan sebagai pengemban misi dalam rangka persaingan pasar dan juga peningkatan penjualan. Jika pengemasannya bagus pasti orang-orang juga penasaran sehingga tertarik untuk mencoba produk kami.
Pada botol kemasan ini akan diberi label. Label disini berisi pesan-pesan tertentu yang akan disampaikan pada konsumen. Dengan harapan produknya akan dikenal oleh masyarakat luas, sehingga mudah dicari jika ada yang sedang membutuhkan. Label ini juga berfungsi sebagai jaminan kualitas produk, sarana untuk merk dagang, logo perusahaan, nama dan alamat perusahaan serta berat atau volume produk. Semua informasi yang ingin disampaikan kepada konsumen akan dicetak dan ditempel pada botol kemasan.
Hal ini dianggap sebagai peluang pasar pengembangan usaha yang dijadikan sebagai pemenuhan kebutuhan hidup. Selain itu dengan sifat masyarakat Indonesia yang sangat konsumtif dan suka makanan dan minuman cepat saji ini kita dapat memberikan minuman yang mereka inginkan dan juga minuman yang memiliki khasiat yang tinggi bagi kesehatan.
Berdasarkan hal tersebut kami mendapatkan ide untuk membuat Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis). Hal ini dikarenakan banyak masyarakat yang suka mengkonsumsi yoghurt karena mereka mengganggap yoghurt merupakan minuman yang memiliki khasiat tinggi bagi kesehatan. Selain itu kami juga memanfaatkan kulit manggis yang sering diabaikan oleh beberapa orang dan dianggap sebagai sampah, padahal dalam kulit manggis ini memiliki kandungan gizi yang tinggi serta bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

2.2. Analisis Pemasaran
Startegi pemasaran yang akan dijalankan dalam usaha Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis) kulit manggis nantinya adalah dengan mempertimbangkan beberapa aspek penting diantaranya adalah :
1. Area Pemasaran
Dari hasil survei yang telah dilakukan, rencana area pemasarannya adalah daerah Sekaran, Gunung Pati, Semarang, Jawa Tengah karena daerah tersebut belum ada pesaing usaha sehingga area ini mempunyai prospek yang cukup menjanjikan untuk dibukannya usaha Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis).

2. Segmen Pemasaran
Segmen pemasaran dari usaha Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis) ini nantinya meliputi semua kalangan baik yang mempunyai penghasilan tinggi, sedang, ataupun rendah dari anak-anak sampai dewasa. Dengan mencakup semua segmen tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan akan lebih mempercepat perkembangan usaha kedepannya.

3. Metode Pemasaran
Adapun metode pemasaran yang akan dijalankan dalam rangka mengenalkan produk pada konsumennya adalah:
a. Melakukan kerjasama dengan toko-toko kecil dan mini market yang ada di sekitar Universitas Negeri Semarang
b. Pemasangan baner yang menarik di depan toko
c. Pasang iklan di media radio dan media internet
d. Menjaga standar mutu produk serta menjaga kepercayaan dan pelayanan yang ramah pada konsumen.
e. Memberikan kartu pelanggan bagi yang sering membeli
f. Memberikan harga khusus.
g. Menyebarkan Brosur dan stiker usaha di Wilayah Sekaran.
Dalam perencanaannya satu bulan setelah dibuka usaha ini target minimal yang harus tercapai adalah ada 600 porsi Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis) yang dikonsumsi masyarakat.

2.3. Analisis Pesaing

Melihat situasi yang ada pada masyarakat di daerah Sekaran, Gunung Pati, Semarang khususnya masyarakat sekitar Universitas Negeri Semarang yang akan dimasuki produk ini, produk Yo Kui Manis kulit manggis ini akan laku dipasaran. Hal ini dikarenakan harganya yang terjangkau dan memiliki khasiat yang tinggi bagi kesehatan. Selain itu di daerah ini belum ada pesaing dalam produk ini.
2.4. Analisis Ekonomi Usaha

Pemasaran akan dilaksanakan melalui beberapa media online dan penyebaran brosur. Pemesanan dalam jumlah banyak melalui jejaring sosial seperti facebook, bbm, dan instagram. Sehingga produk kami akan dikenal oleh masyarakat luas dan tidak monoton.
Dengan demikian usaha pembuatan Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis) ini akan memiliki nilai ekonomi yang tinggi karena dengan harga yang terjangkau dan khasiat yang tinggi bagi kesehatan. Masyarakat akan tertarik dan tidak ragu untuk membeli produk kami.
BAB III
METODE PELAKSANAAN

3.1. Rencana Pelaksanaan

3.1.1 Produk
Produk yang direncanakan untuk diproduksi adalah Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis). Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis) ini akan dipasarkan dalam bentuk botol yang telah diberi label. Produk yang dihasilkan memiliki manfaat dan kualitas yang tinggi.Produk Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis) yang menggunakan kulit manggis ini memiliki kandungan gizi tinggi untuk kesehatan tubuh.

3.1.2 Lokasi Usaha
Lokasi yang kita lakukan untuk menjalankan usaha ini sangat fleksibel. Lokasi awal akan dilaksanakan di dalam area Universitas Negeri Semarang dan sekitarnya.

3.1.3 Harga
Penentuan harga jual dilakukan dengan cara menghitung biaya produksi ditambah biaya lain-lain dan mengikuti trand atau harga yoghurt pada umumnya. Adapun harga jual dari produk Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis) ini adalah 8.000 rupiah per botol yang berisi 100 ml.

3.1.4 Promosi
Promosi akan dilakukan untuk mengenalkan produk kepada konsumen. Promosi akan dilakukan dengan menempel pamflet-pamflet di pinggir jalan dan tempat-tempat strategis lainnya, menyebarkan brosur-brosur serta menggunakan media social seperti bbm, line, instagram, dan facebook. Selain itu juga akan memanfaatkan buletin yang terbit di kampus dan media internet sebagai sarana e-business.

3.2. Kandungan Gizi
Yoghurt mempunyai nilai gizi yang tinggi. Dalam yoghurt terkandung kalori, protein, karbohidrat, calsium dan potasium lebih tinggi dibandingkan susu segar, tetapi kandungan lemaknya lebih rendah. Oada yoghurt riboflavin (Vitamin B-2) dan 17 macam asam amino terjadi peningkatan.
Hasil analisis kandungan gizi Susu dan Yoghurt Tamine dan Robinson (1985) disajikan pada Tabel 1, 2 dan 3.
Tabel 1. Kandungan Gizi Susu dan Yoghurt tiap 100 gram
No. Kandungan (unit/100 g) Susu Yoghurt
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7. Kalori
Protein (g)
Lemak (g)
Karbohidrat(g)
Calsium (mg)
Sodium (mg)
Potasium (mg) 67,5
3,5
4,25
4,75
119
50
152 72
3,9
3,4
4,9
145
47
186

3.3. Proses Produksi
Bahan-bahan untuk membuat Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis):

a. Susu segar (murni)
b. Susu krim
c. Kulit manggis
d. Buah manggis
e. Bibit Yoghurt
f. Gula pasir (halus)
g. Air gallon
h. Botol Kemasan
i. Label
j. Plastik bungkus
k. Gas LPG 12 kg

Alat-alat untuk membuat Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis):

a. Blender
b. Toples kaca
c. Pengaduk stainless
d. Panci stainless
e. Frezzer
f. Termometer
g. Galon
h. Kompor
i. P3K
j. Tabung gas 12 kg
k. Centong
l. Corong
m. Alat pengepres botol

Langkah-langkahnya pembuatan Yo Kui Manis (yoghurt kulit manggis) adalah sebagai berikut:
1. Siapkan susu yang sudah dicairkan dengan air matang sebanyak 1 liter lalu tambahkan susu krim sebanyak 15%.
2. Masak dengan api kecil sambil diaduk terus selama 30 menit tetapi jangan sampai mendidih.
3. Lalu angkat susu dinginkan dengan cara mecelupkan panci dalam wadah besar berisi air dengan terus mengaduknya perlahan sampai temperature susu 430C.
4. Kemudian ditambahkan bibit Yo Kui Manis sebanyak 2 – 5% dari jumlah Yo Kui Manis yang sudah mengental tadi dan aduk dengan perlahan sampai tercampur rata.
5. Diamkan selama 24 jam dalam wadah tertutup untuk menghasilkan rasa asam dan bentuk yang kental.
6. Setelah berbentuk yoghurt dapat ditambahkan gula pasir yang teksturnya halus, tambahkan kulit manggis yang telah di blender, serta dapat juga ditambahkan daging buah manggis yang telah dihaluskan.
7. Yoghurt yang sudah jadi dapat dikemas dalam botol, dipress dan diberi label.

BAB IV
BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN
4.1. Anggaran Biaya
Tabel 4.1 Ringkasan Anggaran Biaya PKM-K
No. Jenis Pengeluaran Biaya (Rp)
1. Peralatan Penunjang 4.802.000
2. Bahan Habis Pakai 2.484.000
3. Perjalanan 1.740.000
4. Lain-lain 1.190.000
TOTAL BIAYA 10.216.000

4.2. Jadwal Kegiatan
No. Jenis Kegiatan Bulan
1 2 3 4 5
1. Pengajuan Proposal
2. Perencanaan Alat
3. Proses Pembuatan
4. Pengepak
5. Penjualan
6. Evaluasi

Lampiran 2. Justifikasi Anggaran Kegiatan
1. Peralatan penunjang
Material Justifikasi Pemakaian Kuantitas Harga Satuan (Rp) Jumlah (Rp)
Blender Peralatan 2 180.000 360.000
Panci Stainless Peralatan 2 270.000 540.000
Pengaduk Stainless Peralatan 4 35.000 140.000
Thermometer Mengukur suhu Yo Kui Manis 2 45.000 90.000
Galon Peralatan 1 43.000 43.000
Kompor Peralatan 1 325.000 325.000
Frezzer Penyimpanan Yo Kui Manis 1 1.650.000 1.650.000
Toples Peralatan 15 22.000 330.000
P3K Keselamatan 1 250.000 250.000
Tabung Gas 12 kg Peralatan 1 500.000 500.000
Corong Peralatan 10 5.600 56.000
Centong Peralatan 10 4.800 48.000
Alat pengepres botol Peralatan 1 470.000 470.000
SUB TOTAL (Rp) 4.802.000

2. Bahan Habis Pakai
Material Justifikasi Pemakaian Kuantitas Harga Satuan (Rp) Jumlah (Rp)
Susu Segar Bahan dasar 50 21.000 1.050.000
Susu Krim Bahan dasar 8 17.000 136.000
Bibit Yo Kui Manis Bahan dasar 2 200.000 400.000
Gula Pasir (halus) Bahan dasar 7 14.500 145.000
Buah Manggis Bahan dasar 20 16.000 320.000
Air Galon Bahan pendukung 1 17.000 17.000
Gas LPG 12 kg Bahan pendukung 1 155.000 155.000
Botol Kemasan Kemasan Yo Kui Manis 600 950 57.000
Label Label 600 900 54.000
Plastik Bungkus Pembungkus 20 7.500 150.000
SUB TOTAL (Rp) 2.484.000

3. Perjalanan
Material Justifikasi Pemakaian Kuantitas Harga Satuan (Rp) Jumlah (Rp)
Perjalanan untuk membeli bahan Untuk membeli bahan 2 orang 75.000 150.000
Perjalanan ke Pabrik Pembuat Botol Untuk memesan botol khusus 75.000 150.000
Perjalanan ke Pembuat Label Untuk memesan label 3bulan 75.000 150.000
Perjalanan Beli Alat Untuk membeli alat 3 bulan 75.000 150.000
Pemasaran Untuk suplay barang 3 bulan 380.000 1.140.000
SUB TOTAL (Rp) 1.740.000

4. Lain-lain
Material Justifikasi Pemakaian Kuantitas Harga Satuan (Rp) Jumlah (Rp)
Pembuatan Laporan Untuk laporan kegiatan 6 15.000 90.000
Brosur Untuk promosi 200 500 100.000
Spanduk Untuk promosi 2 200.000 400.000
Pamflet Untuk promosi 100 6.000 600.000
SUB TOTAL (Rp) 1.190.000
TOTAL KESELURUHAN (Rp) 10.216.000

Lampiran 3. Susunan Organisasi Tim Kegiatan dan Pembagian Tugas
No. Nama/NIM Program Studi Bidang Ilmu Alokasi Waktu (jam/ minggu) Uraian Tugas
1. Asmelia Addawiyah/ 4111415025 S-1 Matematika Matematika 10 -Ketua Pelaksana
-Membuat proposal
-Survey kebutuhan pasar
-Produksi
2. Widya Arum Mawarni/ 4112315010 D3 Staterkom Matematika 10 -Anggota
-Membuat desain untuk promosi
-Membeli Peralatan
-Pemasaaran
3. Nurma Istiqomah/ 4101415092 S-1 Pendidikan Matematika Matematika 10 -Anggota
-Membeli bahan-bahan
-Produksi
-Pemasaran
4. Puji Lestari/ 4101413076 S-1 Pendidikan Matematika Matematika 10 -Anggota
-Memesan botol dan label
-Pengemasan
-Pemasaran

Pahlawan Pendidikan

Pahlawan Pendidikan

Musim silih berganti
Hujan hingga panas teriknya mentari kau lalui
Senyum ,salam, sapa yang selalu kau tuturkan
Keluh dan kesah yang selalu sisihkan

Demi kami, muridmu yang berharap besar kecilnya ilmu mu.
Sabar, mewarnai kami
Dari kami yang seperti kertas putih polos
Hingga kami tau, bagaimana menggores pena

Bertutur sapa, bernyanyi riang, bahkan lebih
Dari coretan pena kau ajarkan
Hingga papan ketik, berlayar kami kuasai

Guru……
Jasamu tak ternilai harganya, jasamu cerminan surgamu kelak
Lambaian senyum yang kadang tersirat,
Entah wujud banggamu, atau hanya kiasan di depan wajah polos kami Yang menuntut guru tetap sabar

Jika dunia kami yang kosong dan hampa tak pernah kau isi
Kami tak bisa apa apa, tak bisa kemana mana
Tanpa coretan ,tanpa warna
Polos tanpa isi

Tapi kini dunia kami penuh warna
Dengan goresan garis-garis, juga kata
Yang dulu hanya jadi mimpi

Dengan coretan ini
Dengan warna ini
Saya tau kemana harus bergerak
Saya tau kemana saya harus menuju
Dan saya tau, yang dulu hanya jadi mimpi
Sekarang terbuka jalan untuk menggapainya
(Wahai cita)

Pesan moral yang selalu terucap sedikit demi sedikit mengikis ego kami, mengikis sifat kecil kami, dan mengikis sempitnya pandangan kami akan masa depan

Masa depan ada di ujung mata,
Arah tujuan kau buka nyata

Guruku….
Terima kasihku lontarkan
Tanpamu, aku hanya kertas polos tanpa arti dan fungsi
Sekarang , aku bak lukisan berwarna cerah yang punya harga di mata orang lain.

Engkau pahlawanku….

PENDIDIKAN LINGKUNGAN GUNA MEWUJUDKAN KAMPUS KONSERVASI BEREPUTASI

PENDIDIKAN LINGKUNGAN GUNA MEWUJUDKAN KAMPUS KONSERVASI BEREPUTASI

Perkembangan global dewasa ini mengindikasikan berbagai fenomena yang menandakan bahwa masa depan dunia terbayang-bayangi oleh lingkungan hidup yang mengkhawatirkan. Global warming merupakan salah satu bentuk refleksi dari perkembangan teknologi yang tidak seimbang dengan kepedulian manusia terhadap lingkungan hidup. Berbagai penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa peningkatan konsentrasi karbon dioksida (CO2) dalam atmosfer, yang dihasilkan terutama oleh kegiatan manusia, merupakan penyebab utama pemanasan global. Rendahnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan hidup berdampak cukup signifikan terhadap kerusakan lingkungan.
Permasalahan lingkungan bukan sekedar permasalahan yang dapat diatasi secara fisik saja, melainkan memerlukan sumber daya manusia yang dapat mengatasi permasalahan untuk jangka panjang. Pendidikan merupakan salah satu upaya preventif yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan ini dalam jangka waktu panjang. Pendidikan lingkungan merupakan suatu hal yang penting untuk diberikan sejak dini, mengingat semakin banyaknya fenomena-fenomena yang melanda lingkungan akibat buruknya moral dan etika lingkungan manusia.
Salah satu alasan pentingnya pendidikan lingkungan harus diberikan sejak dini adalah interaksi dengan lingkungan hidup merupakan bagian penting dalam perkembangan kehidupan anak yang sehat dan interaksi tersebut dapat mendorong kemampuan belajar dan kualitas hidup mahasiswa ke masa yang akan datang. Selain itu pendidikan lingkungan juga perlu ditanamkan sejak masih anak-anak supaya anak dapat mengembangkan rasa cinta terhadap lingkungan. Sehingga perasaan tersebut akan tertanam dengan baik seiring bertambah dewasa kelak.
Sosialisasi pentingnya pelestarian fungsi lingkungan melalui jalur pendidikan merupakan sebuah langkah bijak, mengingat pendidikan merupakan salah satu investasi masa depan bangsa. Melalui pendidikan berbasis lingkungan, harapannya akan terbentuk generasi yang berkualitas dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Dengan demikian, penanaman karakter cinta lingkungan pada generasi muda, terutama anak-anak diharapkan menghasilkan generasi yang berwawasan lingkungan.
Melihat begitu besar manfaat dari pendidikan lingkungan ini harapannya mahasiswa mulai menggagasnya dan memulai gerakan ini. Jika pendidikan karakter berbasis lingkungan sering digembor-gemborkan tetapi minim penerapan, maka tugas mahasiswa adalah memulai dengan langkah dengan bertindak nyata untuk dirinya sendiri, orang-orang dan lingkungan disekitarnya. Jika semua mahasiswa memiliki kesadaran yang tinggi untuk mencintai lingkungan sehingga mampu untuk menjaga dan mempelihara lingkungan kampus. Maka kampus akan mudah untuk mewujudkan cita-citanya menjadi kampus konservasi bereputasi.

#2

RUMAH KOMPOS UNTUK MEWUJUDKAN KAMPUS KONSERVASI BEREPUTASI

RUMAH KOMPOS UNTUK MEWUJUDKAN KAMPUS KONSERVASI BEREPUTASI

Sampah organik diyakini sebagai penyumbang terbesar meningkatnya akumulasi sampah yang ada di kampus. Hal ini terjadinya karena banyaknya pepohonan yang ada dikampus, sehingga setiap hari banyak sekali dedaunan yang berjatuhan. Hal ini menyebabkan semakin terbatasnya lahan yang tersedia sebagai tempat pembuangan sampah maka perlu dilakukan upaya-upaya mengurangi sampah organik tersebut. Salah satu upaya mengurangi sampah tersebut yaitu mendirikan rumah kompos agar dapat mengolah sampah organik dengan metode pengomposan.
Rumah kompos ini nantinya dijadikan sebagai tempat membuat kompos. Pengomposan yang dilakukan di rumah kompos untuk mengelolaan sampah organik, yang berprinsip dasar mengurangi atau mendegradasi bahan-bahan organik secara terkontrol menjadi bahan-bahan non-organik dengan memanfaatkan aktivitas mikroorganisme berupa bakteri, jamur, juga insekta dan cacing. Sistem pengomposan ini mempunyai beberapa keuntungan, antara lain menghasilkan produk yang ekologis dan tidak merusak lingkungan karena tidak mengandung bahan kimia dan terdiri dari bahan baku alami. Selain itu memerlukan peralatan dan instalasi yang mahal. Unsur hara dalam pupuk kompos ini juga bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan pupuk buatan serta dapat mengembalikan unsur hara dalam tanah sehingga tanah akan kembali produktif.
Klasifikasi pengomposan berdasarkan ketersediaan oksigen yang diperlukan pada proses pembuatannya dapat dikelompokkan menjadi aerobik (bila dalam prosesnya menggunakan oksigen/udara) dan anaerobik (bila dalam prosesnya tidak memerlukan adanya oksigen). Pengomposan aerobik lebih banyak dipilih karena tidak menimbulkan bau, waktu pengomposan lebih cepat, serta temperatur proses pembuatannya tinggi sehingga dapat membunuh bakteri patogen dan telur cacing sehingga kompos yang dihasilkan lebih higienis
Rumah kompos ini menggunakan metode pembuatan kompos yang paling sederhana kita ambil dengan menggunakan komposter sederhana yang relatif sangat mudah dibuat. Kita dapat memanfaatkan gentong atau drum plastik bekas wadah cat untuk digunakan sebagai wadah pembuatan kompos. Terdapat beberapa tahapan dalam pembuatan kompos yang sangat mudah dilakukan, yaitu :
1. Sediakan drum atau sejenisnya.
2. Lubangi kecil-kecil bagian dasar drum untuk rembesan air dari sampah.
3. Tanam drum dengan kedalaman sekitar 10 meter dari permukaan tanah.
4. Masukkan sampah organik ke dalam wadah (drum) setiap hari.
5. Taburi dengan sedikit tanah, serbuk gergaji, atau kapur secara berkala.Bila terdapat kotoran binatang bisa ditambahkan untuk meningkatkan kualitas kompos.
6. Setelah penuh, tutup drum dengan tanah dan diamkan selama 3 bulan.
7. Keluarkan isi drum dan angin-anginkan selama 2 minggu. Kompos sudah dapat digunakan.
Kualitas kompos yang dihasilkan tergantung pada kandungan-kandungan yang ada dalam kompos tersebut. Kualitas kompos juga tergantung pada material-material lain yang dicampurkan dalam materi organik tersebut. Apabila kompos terbuat dari bahan baku sampah organik, maka pemilahan harus dilakukan secara ketat sehingga bahan-bahan yang merugikan terhadap kualitas pupuk kompos dapat dihindari. Ciri-ciri kompos yang yang berkualitas baik antara lain tidak berbau (bau tanah), warna coklat kehitaman, PH netral, rasio karbon/nitrogen: 15 – 20, kadar air kompos ± 30 % serta bebas bakteri patogen.
Berbeda dengan produk dari sampah anorganik, pupuk kompos yang merupakan hasil pengolahan dari sampah organik, kualitasnya relatif dapat dikontrol. Namun demikian, pupuk kompos pun tidak dapat disamakan dengan pupuk kimia. Secara jangka pendek, pupuk kimia akan kelihatan menguntungkan, namun dalam jangka panjang akan merusak unsur hara dalam tanah. Berbeda dengan pupuk kompos, justru akan memperkaya unsur hara dalam tanaman.

#1

PARIKAN KONSERVASI

PARIKAN KONSERVASI

#PArikan 1
Menyang Pati tumbas gandul,
Menyang Kudus tumbas trasi,
Nanggulangi alas ingkang gundul,
Ayo podo direboisasi.

#Parikan 2
Mlaku-mlaku bebarengan,
Mampir laut dheleng penyu,
Ojo mbuwak sampah sembarangan,
Mundak nyumbat saluran banyu

#Parikan 3
Tuku sepatu ing Surabaya,
Tuku sandal ing Lamongan,
Kangge kenyamanan sedaya,
Mari kita njogo lingkungan.