Mari ciptakan Indonesia yang konservasi

Pentingnya Pendidikan Konservasi #2

Dilingkungan yang modern ini, masih saja banyak masalah yang melanda dilingkungan sekitar kita ini. seperti masih banyaknya masyarakat yang membuang sampah sembarangan, menebang pohon secara liar, perburuan liar yang menyebabkan fauna di Indonesia semakin langka, polusi udara akibat kendaraan bermotor, pembuangan limbah di sungai, dan masih banyak lagi. Padahal jika saja masyarakat sadar akan dampak yang ditumbulkan dan mulai menjaga lingkungan kita ini. Pasti negara tercinta kita ini akan lebih indah. Untuk itu pendidikan konservasi sangatlah penting bagi masyarakat. Karena dapat mengajarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan alam ini.

Menurut Undang Undang No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS, Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Dan konservasi adalah upaya perlindungan, pemanfaatan, pengawetan secara berkelanjutan.

Maka dapat disimpulkan bahwa Pendidikan Konservasi adalah suatu usaha sadar dan terencana untuk menjadikan masyarakat yang memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap alam, serta memiliki pengetahuan, sikap,motivasi dan komitmen untuk ikut memecahkan masalah konservasi.

Tujuan Pendidikan Konservasi:

  1. Menyadarkan individu dan kelompok komunitas dan bangsa-bangsa terhadap arti penting konservasi sumberdaya alam.
  2. Mengembangkan etika konservasi.
  3. Membentuk pola perilaku yang ramah terhadap sumberdaya alam.
  4. Memberikan pengetahuan dan penambahan nilai-nilai lingkungan yang dapat ditanamankan kepada masyarakat.

 

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: