Mari ciptakan Indonesia yang konservasi

Solusinya Revolusi Energi

Indonesia boleh dikatakan sebagai lumbungnya energi baru terbarukan di dunia. Negeri di Khatulistiwa yang disinari matahari sepanjang tahun, negeri dengan garis pantai terpanjang ke tiga di dunia. Negeri dengan lintasan garis api (ring of fire). Semuanya menunggu untuk dimanfaatkan, sumber-sumber energi bersih dan aman untuk kemandirian energi bangsa

Menurut studi dari Standford University, “Seluruh dunia dapat diterangi dengan energi baru terbarukan dengan teknologi yang ada saat ini dalam waktu 20-40 tahun. Tidak ada hambatan teknologi ataupun ekonomi dalam menerapkannya, hanya butuh kemauan sosial dan politik”.

Berikut ini adalah beberapa alasan singkat kenapa Indonesia juga harus memprioritaskan Energi Baru Terbarukan:

  • Energi baru terbarukan cocok untuk kemandirian energi, karena umumnya sumber enegi baru terbarukan bersifat lokal dan tidak bisa di pindahkan/export. Sebesar-besarnya potensi energi akan dipakai untuk pemenuhan kebutuhan energi dalam negeri selamanya.
  • Saat ini terdapat peningkatan sebesar 15 kali lipat pada penggunaan energi surya di seluruh dunia sejak tahun 2007. Akan sangat disayangkan jika Indonesia yang berada di garis khatulistiwa, yang disinari oleh matahari sepanjang tahun malah tidak memanfaatkannya.
  • Dengan garis pantai terpanjang ke tiga di dunia dan bentuk negara kepulauan yang diapit dua samudera besar dan dua benua. Potensi Energi Angin seharusnya dapat dimaksimalkan, mengingat tren pemanfaatan angin secara global juga semakin meningkat.
  • Negeri Ring Of Fire menjadikan potensi Panas Bumi di Indonesia memenuhi 40% dari total cadangan panas bumi dunia, dengan potensi sekitar 29GW. Namun saat ini yang termanfaatkan hanya sekitar 4% saja.
  • Dengan jumlah sungai di Indonesia yang mencapai ribuan tentu membawa potensi Mikrohidro yang besar, berikut juga Gelombang Laut yang melimpah.
  • dan masih banyak alasan lainnya…

Tidak ada alasan lagi bagi pemerintah untuk melanjutkan kebijakan energi negeri ini ke energi fosil yang kotor, terutama batubara. Saatnya melakukan Revolusi Energi ke energi bersih dan aman demi masa depan bangsa dan dunia.

 

Sumber: https://act.greenpeace.org/ea-action/action?ea.client.id=1827&ea.campaign.id=38450

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: