home HEALTH 4 Hal Penting Dalam Memilih Tabir Surya Bagi Penderita Eksim

4 Hal Penting Dalam Memilih Tabir Surya Bagi Penderita Eksim

Setiap orang pasti menginginkan kondisi tubuh yang sehat, tak terlewat untuk memiliki kulit yang sehat juga. Akan tetapi pada umumnya, sangat mudah bagi kita untuk menjumpai penyakit kulit yang timbul karena suatu kondisi tertentu.

Seperti kondisi cuaca, alergi makanan bahkan sampai kondisi faktor keturunan. Salah satu kondisi kulit yang tidak sehat dan disebabkan oleh riwayat keturunan dikenal dengan sebutan Eksim.

Penderita Eksim Memiliki Kulit Yang Sangat Sensitif

Eksim atau Eczema merupakan suatu kondisi kulit dimana kulit pendertia Eksim ini akan sangat sensitif terhadap sesuatu. Penderita penyakit Eksim ini memiliki ciri-ciri fisik seperti; kulit yang kering, terdapat ruam-ruam merah dan mengelupas. Tidak jarang juga menemukan para penderita eksim yang lebih parah dengan kulit yang tampak ruam-ruam merah yang bersik. Dari hasil penelitian, disebutkan bahwa untuk pemicu munculnya penyakit Eksim pada seseorang tentu saja dapat berasal dari berbagai faktor, seperti; alergi makanan, debu, penyakit keturunan atau karena sinar matahari.

Penderita Eksim Memiliki Kulit Yang Sangat Sensitif

Bagi para penderita Eksim memang tidak boleh terlalu lama terkena sinar matahari. Maka dari itu, mereka harus menggunakan sunblock agar dapat menjaga kondisi kulitnya. Untuk pemilihan sunscreen atau sunblock yang sesuai dengan kondisi kulit. Jangan sampai sunscreen yang digunakan malah menjadikan kondisi kulit semakin memburuk.

Berikut ini, adalah tips yang baik untuk memilih sunblock bagi para penderita eksim atau eczema;

Mengandung Mineral

Dokter kulit sekaligus Profesor Dermatologi di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas George di Washington, Adam Friedman, MD menyebutkan bahwa para penderita Eksim harus menggunakan sunscreen yang mengandung mineral-filter UV, seperti titanium dioksida dan seng. Disebutkan bahwa bahan tersebut merupakan bahan pilihan terbaik untuk penderita Eksim, dikarenakan tidak menyebabkan iritasi, dan tidak lengket serta cepat merata pada kulit.

Mengandung Broad Spectrum

Indonesia terkenal sebagai negara tropis, dengan memiliki cuaca yang begitu panas dengan sinar matahari yang cukup terik. Sedangkan sinar matahari sendiri mengandung UVA dan UVB yang dapat menyebabkan kulit yang memerah dan terbakar. Maka, penting bagi para penderita Eksim untuk menggunakan tabir surya yang mengandung Broas Spectrum, dengan tujuan agar dapat melindungi dari Sinar UVA dan UVB. Para ahli dermatologis menyarankan untuk selalu menggunakan tabir surya ketika berada di bawah terik matahari.

Tingkat SPF

SPF pada dasarnya merupakan singkatan dari Sun Protection Factor yang berarti takaran seberapa baik suatu produk sunscreen dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Dalam tingkatannya SPF memiliki beberapa tingkatan seperti; SPF 15, SPF 30, SPF 50 dan seterusnya. Dan para profesional pada bidang kesehatan kulit lebih menganjurkan kepada para penderita eksim untuk menggunakan tabir surya pada tingakatan minimal SPF 30.

Bebas Alkohol

Tentu saja Anda tidak akan membeli atau menggunakan obat atau vitamin yang di oleskan pada tubuh dengan memiliki kandungan alkohol. Ya, tentu saja hal yang sama bagi para penderita Eksim. Tabir surya yang memiliki kandungan alkohol akan memiliki efek buruk pada kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.