home TRAVEL 5 Air Terjun Yang Indah di Gunung Raung

5 Air Terjun Yang Indah di Gunung Raung

Selain menjadi salah satu gunung dengan jalur pendakian yang sulit di Indonesia, Gunung Raung ternyata memiliki pesona alam yang tiada duanya. Dimana terdapat air terjun yang mengalir yang menambah keindahan dari Gunung Raung tersebut.

Keberadaan air terjun yang berada di sekitaran Gunung Raung tersebut tentu saja menambah nilai keindahan alam serta kesejukkan udara bagi para pendaki dalam menakhlukkan jalur daki yang sangat sulit.

Mengenai letaknya, Gunung Raung terletak di tiga kabupaten wilayah Besuki, Jawa Timur, Banyuwangi, Bondowoso dan Jember.

Jika memiliki kesempatan untuk mengunjungi gunung tersebut. Pastikan untuk mampir ke beberapa air terjun yang ada. Berikut adalah sederetan air terjun yang dapat Anda nikmati di Gunung Raung:

1.Air Terjun Telunjuk Raung

Dimana Air Terjun Raung merupakan sebuah surga kecil yang terletak di kaki Gunung Raung, Banyuwangi. Selain dikenal memiliki medan yang cukup sulit, gunung yang satu ini juga terkenal dengan kemistisannya, namun air terjun yang satu ini memiliki kesan yang jauh dari seram melainkan tampak sangat segar, sejuk dan asri.

2.Air Terjun Lider

Air terjun yang berada di Gunung Raung ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Terletak di 1300 mdpl, dengan memiliki udara di sekitar air terjun yang sejuk dan dingin. Uniknya pada bagian sisi air terjun utama, terdapat air terjung lainnya yang berukuran lebih kecil. Hal tersebut membuat air terjun Lider bertambah indah untuk dipandang. Dengan lokasi di hutan Lindung Petak 74 Blok Lider, lereng timur Gunang Raung karena itu air terjun ini dinamai serupa dengan lokasinya.

3.Air Terjun Rowosari

Warga Desa Rowosari sangat beruntung dengan memiliki banyak air terjun di desanya, Dimana desa yang termasuk dalam kecamtan Sumberjambe ini memiliki sekitar tujuh air terjun yang dapat dinikmati keindahannya. Dan memiliki udara yang segar dan sejuk di sekitaran Air Terjun Rowosari. Namun pastikan untuk berhati-hati saat melintasinya, karena memiliki permukaan yang sangat licin.

4.Air Terjun Pertemon

Keunikan air terjun yang satu ini berada di balik Gunung Raung. Air Terjun Pertemon, secara dramatis jatuh di atas tebing yang saling berhampitan. Sedangkan derasnya aliran membentuk kolam dengan kedalaman 1 meter. Lingkunan di sekitar air terjun yang masih sangat asri dan sejuk membuat siapapun merasa betah untuk berlama-lama di sini.

5.Air Terjun Kembar Arum

Air terjun yang satu ini berada di lereng Gunung Raung, Air Terjun Kembar Arum memiliki suasana yang tenang sehingga nyaman sekali untuk beristirahat dan menyegarkan tubuh sebelum melanjutkan pendakian. Suhu udara di sekitar air terjun ini juga masih sangat sejuk sama seperti udara khas di kawasan wisata alam lainnya. Air Terjun Kembar Arum berada di kawasan Kampung Timur Corah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.