Dengan wakaf mereka yang besar dan sejarah bertingkat, beberapa perguruan tinggi seperti Harvard, Stanford, MIT, Caltech, atau Oxford dan Cambridge di Inggris, serta University of Tokyo menempatkan diri dalam 10 daftar universitas bergengsi.
Tidak mengherankan, banyak perguruan tinggi lain, dari negara-negara lain yang memimpikan status mereka. Bersemangat untuk bersaing untuk menciptakan keberhasilan ekonomi dengan merancang sistem pendidikan yang lebih canggih, negara-negara ini tidak sabar untuk memecahkan monopoli pendidikan yang dikuasai beberapa negara di Barat.
Philip Altbach, profesor Boston College menulis, dalam jurnal Internasional Pendidikan Tinggi: “Semua orang menginginkan universitas kelas dunia. Tidak ada negara merasa ia bisa melakukannya. Masalahnya adalah bahwa tidak ada yang tahu apa yang yang menjadikan universitas berkelas dunia, dan tidak ada yang tahu bagaimana untuk mencapainya. “Jadi bagaimana negara-negara lain bisa mengejar?
Setelah mempelajari dari universitas Ivy League dan lain-lain di Inggris, Jepang dan seterusnya, saya menulis sebuah laporan Bank Dunia yang bertujuan untuk mengungkap misteri yang terbaik dari yang terbaik.Serta menawarkan saran bagi negara-negara yang ingin meningkatkan universitas mereka dan, sebagai hasilnya, untuk memerangi kemiskinan dan ketidaksetaraan dan untuk memacu kemajuan abadi.
Tiga faktor membedakan universitas internasional atas pesaing mereka. Yang pertama: konsentrasi tinggi guru berbakat, peneliti dan mahasiswa.
Dalam kebanyakan kasus, universitas kelas dunia merekrut mahasiswa dan fakultas tanpa mempedulikan batas-batas negara. Hal ini memungkinkan mereka untuk fokus pada menarik orang-orang yang paling berbakat, tidak peduli dari mana mereka berasal, dan membuka diri terhadap ide-ide dan pendekatan baru.
Harvard, misalnya, memiliki populasi mahasiswa internasional 19%; Stanford, 21%; Columbia, 23%. Di Universitas Cambridge, 18% dari siswanya dari luar Uni Eropa. Universitas-universitas AS di peringkat atas berdasarkan survei global juga mempekerjakan sejumlah besar akademisi asing. Caltech, misalnya, memiliki 37%.
Faktor kedua yang menjadikan universitas top ialah anggaran yang cukup besar. Perguruan tinggi elit memiliki beberapa sumber pendanaan: uang pemerintah untuk belanja operasional dan penelitian, penelitian kontrak dari organisasi publik dan perusahaan swasta, dan pendapatan dari wakaf, hadiah dan biaya kuliah.
AS , Jepang membanggakan universitas riset swasta yang berkembang. Universitas di Amerika memiliki wakaf besar, yang meliputi biaya langsung dan memungkinkan sekolah untuk fokus pada prioritas kelembagaan jangka menengah dan panjang, dan fakultas mereka diberikan banyak dana penelitian oleh pemerintah. Per siswa, perguruan tinggi swasta terkaya di AS menerima lebih dari $ 40.000 dalam pendapatan endowment setiap tahun.
Di Asia, National University of Singapore telah berhasil mengelola wakaf, dengan portofolio saat ini $ 774.000.000 yang dikumpulkan melalui penggalangan dana. Ketersediaan sumber daya yang berlimpah memicu lembaga pendidikan untuk menarik profesor bahkan peneliti, dan dengan demikian lebih banyak uang.
Faktor sukses ketiga adalah kombinasi dari kebebasan, otonomi dan kepemimpinan. Universitas kelas dunia berkembang dalam lingkungan yang menumbuhkan daya saing, penyelidikan ilmiah terkendali, berpikir kritis, inovasi dan kreativitas. Lembaga yang memiliki otonomi penuh juga lebih lincah, karena mereka tidak terikat dengan birokrasi kikuk dan standar eksternal yang dikenakan. Akibatnya, mereka dapat mengelola sumber daya secara efisien dan cepat merespon tuntutan pasar global yang cepat berubah.
Sebuah kata : Negara yang bergegas untuk membangun universitas riset elit harus mempertimbangkan apakah mereka mampu membayar harga yang sangat besar untuk membangun dan menjalankan lembaga tersebut, tanpa mengubah seluruh sistem pendidikan negara.
Bahkan, beberapa negara mungkin akan lebih baik jika mereka fokus pada pengembangan universitas terbaik nasional yang mungkin, seperti Cornell, atau universitas politeknik dari Jerman dan Kanada. Perguruan tinggi, baru-baru ini dipromosikan dengan semangat oleh Jill Biden pada Konferensi Dunia UNESCO tentang Pendidikan Tinggi, menawarkan model yang sangat baik untuk penerbangan yang murah, efisiensi tinggi pendidikan tinggi.
Jenis sekolah harus memenuhi kebutuhan penduduk yang beragam. Dan dengan berkonsentrasi pada upaya mengembangkan masyarakat setempat dan ekonomi, sehingga lembaga-lembaga tersebut bisa lebih efektif dan membangun ekonomi yang berkelanjutan bahkan lebih dari apa yang disebut orang-orang kelas dunia.
Intinya di sini adalah negara-negara berpenghasilan menengah harus meninggalkan mimpi untuk mendirikan sendiri universitas kelas dunia mereka. Sebaliknya, mereka harus memahami bahwa ada trade-off yang terlibat, dan bahwa mereka tidak perlu terburu-buru. Sebagian besar lembaga elit dunia dimulai sebagai perguruan tinggi yang melakukan pembelajaran kecil yang dari waktu ke waktu, dengan stabilitas keuangan dan kepemimpinan bijaksana, tumbuh menjadi lembaga bergengsi seperti sekarang.
Akhirnya, penting untuk dicatat bahwa universitas elit tidak berlabel dari deklarasi diri, status mereka diberikan oleh dunia luar bukan atas dasar pengakuan internasional. Kompetisi untuk menjadi universitas kelas dunia, akan terus menjadi kasus, di mana banyak yang dipanggil tetapi sedikit yang dipilih.
Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.
Recent Comments