Kopi Flores Bajawa Arabika

Kopi Flores Bajawa Arabika termasuk salah kopi Indonesia yang sangat disukai oleh kalangan penikmat kopi di dunia. Kopi dari dataran tinggi pulau Flores ini mempunyai rasa dan aroma yang khas, termasuk salah satu kopi terbaik Indonesia. Kopi Flores mempunyai wangi yang menggoda dan berbeda.

via : kopibejawa.com

dilihat dari tipografi Flores Bajawa memiliki daerah yang subur dan alami. Kopi Flores adalah kopi dengan jenis Arabika. Perkebunan kopi di Bajawa memiliki ketinggian diatas 1300 meter diatas permukaan laut. Semakin tinggi daerah perkebunan maka kopi yang dihasilkan akan semakin baik.

Seluruh kopi Flores Bajawa melalui proses organik, tanpa bahan kimia. Ini salah satu alasan mengapa kopi Flores memiliki citarasa yang kuat dan harum. Pemerintah setempat juga sangat mendukung para petani kopi di Flores. Mereka terus membina agar bisa menghasilkan kopi dengan kualitas ekspor dan terbaik, dan nampaknya ini sudah terbilang sukses, karena kini Flores menjadi penyumbang ekspor kopi yang besar untuk Indonesia.

Keunggulan dari Kopi Flores Bajawa

Seperti kopi daerah Indonesia Timur pada umumnya, kopi Flores memiliki citarasa yang kuat atau strong. Selain itu, kopi Flores juga memiliki harum yang kuat. Jumlah kopi Specialty yang di hasilkan tidak sebanyak dari daerah Sumatera. Hal ini membuat kopi Flores Bajawa memiliki harga yang lebih mahal dari kopi daerah Sumatera.

Kini kopi Flores telah diekspor hampir keseluruh dunia. Ekspor paling banyak ke Amerika. Warga Amerika dan Eropa sangat menyukai citarasa kopi yang kuat. Tahun ini permintaan Ekspor kopi Flores Bajawa ke Amerika mencapai 1000 ton, namun kita baru bisa memenuhi ekspor sebanyak 300 ton saja. Tidak hanya Amerika, kopi Flores juga diburu oleh Eropa, namun kita belum bisa memenuhi seluruh permintaan mereka karena memang jumlah nya masih sangat terbatas.

Source : kopibejawa.com

Posted in Celoteh and tagged , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: