Beberapa Materi Kelas X dalam Penggalan Silabus Sosiologi SMA/MA

Haii guys…

Dibawah ini merupakan penggalan silabus sosiologi kelas X untuk SMA/MA yang berisi mengenai kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran dengan isi materi mengenai, Fungsi Sosiologi untuk mengenali gejala sosial di masyarakat, Individu, kelompok  dan hubungan sosial, Ragam gejala sosial dalam masyarakat, Metode Penelitian Sosial.

Alokasi waktu: 3 jam pelajaran/minggu

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching)  pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar

  • Memahami pengetahuan dasar Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang berfungsi mengkaji gejala sosial di masyarakat.
  • Menalar suatu gejala sosial di lingkungan sekitar dengan menggunakan pengetahuan sosiologis.
  • Mengenali dan mengidentifikasi realitas individu, kelompok dan hubungan sosial di masyarakat.
  • Mengolah realitas individu, kelompok dan hubungan sosial sehingga mandiri dalam memposisikan diri dalam pergaulan sosial di masyarakat.
  • Menerapkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami ragam gejala sosial di
  • Mengaitkan realitas sosial dengan menggunakan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk mengenali berbagai gejala sosial di masyarakat.
  • Memahami berbagai metode penelitian sosial yang sederhana untuk mengenali gejala sosial di masyarakat.
  • Melakukan penelitian sosial yang sederhana untuk mengenali ragam gejala sosial dan hubungan sosial di masyarakat.

Materi Pembelajaran

Fungsi Sosiologi untuk mengenali gejala sosial di masyarakat

  • Sosiologi sebagai ilmu sosial
  • Realitas sosial sebagai obyek kajian
  • Kehidupan sosial sebagai objektivitas
  • Gejala sosial (tindakan individu, tindakan kolektif, pengelompokkan sosial, interaksi antar individu dan kelompok sosial dalam kehidupan masyarakat)

Individu, kelompok  dan hubungan sosial

  • Pembentukan identitas :
  • Diri/saya/individu dalam hubungan dengan orang lain/kamu/individu lain
  • Hubungan antar individu dalam pembentukan kelompok (kami/kita)
  • Hubungan antara individu dengan kelompoknya (saya dan kami/kita)
  • Hubungan antara diri/saya/individu dengan kelompok lain (mereka)
  • hubungan antar kelompok (kami/ kita dan mereka)
  • Perlunya institusi atau lembaga sosial untuk terciptanya tatanan dan tertib sosial

Ragam gejala sosial dalam masyarakat

  • Perbedaan sosial, perbedaan individu, perbedaan antar kelompok,
  • multidimensi identitas dalam diri subyek individual maupun kelompok,
  • heterogenitas sosial dalam kehidupan masyarakat
  • Penghargaan, atau penghormatan, terhadap keanekaragaman atau hiterogenitas social.

Metode Penelitian Sosial

  • Metode penelitian sosial
  • Merancang penelitian
  • Merumuskan pertanyaan
  • Teknik pengumpulan data
  • Mengolah dan menganalisis data
  • Merumuskan dan menyajikan hasil penelitian

Kegiatan Pembelajaran

  • Mengamati gejala sosial di masyarakat dari berbagai sumber pengetahuan
  • Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang apa, mengapa dan bagaimana mempraktikkan pengetahuan Sosiologi dalam mengkaji gejala dan memecahkan permasalahan sosial dalam kehidupan bermasyarakat
  • Mengidentifikasi dan menjelaskan gejala sosial dalam kehidupan bermasyarakat dari berbagai sumber pengetahuan dan hasil pengamatan
  • Memberikan arti (menjelaskan), merumuskan (mengidentifikasi, menganalisis), dan menyimpulkan hasil pengamatan untuk memperdalam pengenalan terhadap kehidupan sosial untuk menanamkan sikap jujur dan terbuka dalam mengahargai perbedaan sosial di masyarakat
    • Menyampaikan hasil pengamatan dan kesimpulannya dalam diskusi kelas mengenai fungsi ilmu sosiologi.
  • Mengamati berbagai bentuk hubungan sosial antar individu dan antar kelompok di dalam bermasyarakat
  • Mengkaji hubungan sosial antar individu dan antar kelompok untuk memahami kehidupan sosial dalam bermasyarakat
  • Mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis dan mendiskusikan hasil pengamatan dan kajian tentang berbagai bentuk hubungan sosial antar individu dan antar kelompok serta proses pembentukan kelompok dengan rumusan pertanyaan yang sudah dikembangkan
  • Melakukan wawancara kepada individu atau kelompok yang ada di satuan pendidikan dan lingkungan sekitar terkait hubungan sosial antar individu dan antar kelompok
  • Menganalisis hasil wawancara mengenai hubungan sosial  antar individu dan antar kelompok dengan menggunakan konsep-konsep dasar Sosiologi
  • Menemukan konsep dasar Sosiologi berdasarkan hasil pengamatan dan analisis tentang hubungan sosial
  • Menyimpulkan hasil temuan mengenai konsep dasar Sosiologi sebagai dasar untuk memahami hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok serta antar kelompok untuk menumbuhkan sikap jujur dan terbuka dalam menghargai perbedaan sosial di masyarakat
    • Memaparkan hasil pengamatan tentang hubungan sosial dan mendiskusikannya untuk mendalami konsep dasar Sosiologi baik secara individual mau pun berkelompok.
  • Mengamati ragam gejala sosial di masyarakat sekitar
  • Mengajukan berbagai pertanyaan terkait hasil pengamatan berbagai gejala sosial dalam untuk memahami hubungan sosial di masyarakat
  • Mendiskusikan berbagai pertanyaan dengan mengaitkan kecenderungan gejala sosial di masyarakat sebagai akibat dari hubungan sosial
  • Melakukan survey di masyarakat setempat tentang berbagai gejala sosial melalui observasi, wawancara, dan kuesioner dengan menggunakan panduan yang telah dipersiapkan sebelumnya
  • Menganalisis data dari hasil survei mengenai ragam gejala sosial di masyarakat dengan mengaitkan konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial dalam  kehidupan kelompok dan masyarakat
    • Menentukan sikap dalam mengkritisi berbagai gejala sosial dan mengajukan pendapat dan atau jalan keluar atas berbagai gejala sosial yang ada sebagai bentuk tanggungjawab sosial dalam kehidupan kelompok dan masyarakat dalam rangka mengembangkan sikap jujur.
  • Mengolah data, menganalisis dan menyimpulkan data hasil penelitian  tentang berbagai gejala sosial di masyarakat untuk memperkuat sikap jujur dan terbuka dalam menghargai perbedaan sosial di masyarakat
  • Menyusun laporan hasil penelitian dengan mengikuti sistimatika penulisan ilmiah
  • Menyajikan hasil laporan dalam  berbagai bentuk, seperti tulisan/artikel, foto, gambar, tabel, grafik, dan audio-visual dengan tampilan yang menarik dan mudah dibaca.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: