Tips Untuk Menyelamatkan Smartphone Yang Terkena Air

terkena air

Hi, sobat Hitech!

Terkadang kita ceroboh saat menggunakan smartphone kita, bahkan akibat kecerobohan kita sendiri bisa saja smartphonemu mu rusak. Misalkan terkena air, jatuh di kolam, atau bahakn tenggelam di lautan. Wah, parah tuh! Postingan kali ini kau akan ngeposting mengenai, tips untuk kita menyelamatkan smartphone kita yang terkena air, check this out!

Smartphone merupakan salah satu perangkat elektronik yang cukup rentan dengan air. Meskipun sudah ditemukan teknolog anti air, namun mengingat harga yang tidak murah, sehingga tidak semua smartphone menggunakan fitur tersebut khususnya untuk smartphone kelas bawah. Berikut tips untuk memberikan pertolongan pada smartphonmu:

1. Ambil dan Matikan smartphone

Agar tidak terjadi konsleting dan air masuk secara berlebih, segeralah ambil smartphonemu dan matikan.

2. Lepas baterai smartphone

Langkah awal yang harus dilakukan adalah melepas bagian back cover dari smartphone dan keluarkan baterainya. Langkah ini dapat dilakukan bagi kamu yang menggunakan baterai berjenis Removable (dapat dilepas).

3Lepas memori eksternal dan SIM card

Agar proses pengeringan berjalan lebih baik, lepaslah memori card dan SIM card dari tempatnya. Hal tersebut juga bertujuan agar memori card dan SIM card tidak terkena korosi dan memastikan agar datamu tetap aman. Langkah ini dilakukan pada peragkat dengan baterai removable maupun non removable.

4. Keringkan dengan menggunakan bahan yang bersifat menyerap air

Salah satu bahan yang bersifat menyerap air di sekitar kita adalah beras. Untuk mengringkan smartphone kamu caranya cukup mudah, cukup masukan smartphone kamu kedalam semangkuk berasa selama beberapa jam. Agar lebih efektif, kamu dapat membolak-balikan ponselmu, agar penyerapannya lebih merata. Sebagai alternatif, kamu juga dapat mengeringkan perangkat kamu di bawah sinar lampu selama semalaman, agar air yang berada pada smartphone mengering.

5. Nyalakan perangkat anda

Setelah smartphone kamu sudah benar-benar kering, pasang kembali baterai, SIM card, dan memori card pada perangkatmu. Setelah itu coba nyalakan perangkat kamu. Jika berhasil, smartphonemu akan menyala dan berfungsi normal, namun jika gagal segeralah bawa ke Service Center yang terpercaya.

Nah, itu tadi tips yang bisa kamu pakai. Semoga bermanfaat!

 

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:


Lewat ke baris perkakas