Bentuk Ketahanan, Asimilasi, dan Inovasi Budaya

Tradisi Kupatan Kendeng dimeriahkan oleh Band Marjinal

doa-bersama

Oleh Tommy Apriando, Yogyakarta

Pukul 13.20. Matahari terik menyengat. Kondisi ini tak menyurutkan niat ratusan warga ikut “Kupatan Gunung Kendeng.” Ia tradisi Lebaran saling bermaaf-maafan dan mensyukuri alam yang terjaga. Warga Desa Mbitingan, Timbrangan dan Tegaldowo jadi penggagas acara yang digelar Rabu-Kamis, (21-22/7/15) di beberapa lokasi di Rembang.

Sumber air Sumur Gede, Desa Tegaldowo jadi lokasi utama perayaan. Panggung persis di kanan sumber air berukuran 3×3 meter. Dekorasi dari bambu dan hasil pertanian seperti jagung, labu, pisang, dan lain-lain buatan warga. Continue reading

Materi Antropologi Kelas XII tentang Relativitas Budaya

Relativitas Budaya

13534823501499075253

Sebelum kita mengetahui mengenai relativisme budaya terlebih dahulu kita tahu apa itu kebudayaan?

Kebudayaan asalah keseluruhan sistem gagasan tindakan dan hasil karya manusia dalam kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dan didapatkan dari hasil belajar ( Koentjaraningrat, 2009:144). Dari pengertian tersebut kebudayaan mempunyai 3 wujud yaitu knowledge Culturalseperti adat istiadat,Cultural behaviorseperti sistem sosial , dan Cultural artefac seperti kesenian, dan benda-benda yang dapat diraba, dilihat dan di foto ( Koentjaraningrat,2009:153). Continue reading

Review Artikel Ekologi

terumbu-karang

Perilaku Eksploitasi Sumberdaya Perikanan Taka dan Konsekuen Lingkungan dalam Konteks Internal dan Eksternal : Studi Kasus pada Nelayan Pulau Sembilan

Artikel Jurnal oleh : Munsi Lampe, Sjafri Sairin, Heddy S.Ahima

Jurnal Humaniora tahun 2015 Vol. 17 (3) hal 312-325

REVIEW ARTIKEL

Eksploitasi laut telah terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Eksploitasi laut seringkali dilakukan oleh para nelayan didaerah pesisir. Ada beberapa bentuk eksploitasi laut yang terjadi, yang pertama eksploitasi ikan. Dalam hal ini masyarakat nelayan menangkap ikan tanpa memilah-milih ikan tangkapannya. Sehingga banyak ikan kecil-kecil yang ditangkap juga oleh nelayan. Sebenarnya hal semacam ini merupakan salah satu tindakan eksploitasi ikan laut. Seharusnya ikan yang harus di ambil di laut hanyalah ikan yang sudah besar saja. Dengan demikian secara tidak langsung nelayan telah ikut serta dalam upaya pelestarian lingkungan. Bentuk eksploitasi yang kedua yaitu adanya penebangan hutan bakau secara liar. Penebangan hutan bakau yang dilakukan oleh nelayan memiliki dampak yang buruk bagi lingkungan seperti terjadinya abrasi pantai. Yang ketiga yaitu adanya pembuatan tambak dilaut yang dapat merusak terumbu karang. Dengan rusaknya terumbu karang maka menyebabkan terjadinya penurunan ekosistem ikan laut Continue reading

Kajian Masyarakat Jawa

jawa

Yuk lihat tulisan tentang masyrakat Jawa dibawah ini bagaimana masyarakat jawa mempertahankan kebudayaannya! semoga enjoy.. !!!

Nilai Rukun dan Nilai Hormat sebagai Cara Mempertahankan Keteraturan Sosial dalam Masyarakat Jawa di Desa Gringsing

Pengantar

Masyarakat Jawa merupakan masyarakat yang heterogen dimana banyak budaya yang ada dalam masyarakat Jawa. Jawa dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu Jawa yang menjadi pusat kebudayaan yaitu Solo dan Yogyakarta, Jawa pegunungan, dan Jawa yang terletak di pesisir pantai. masing-masing bagian tersebut mempunyai ciri khas masing-masing.

Membahas mengenai etika Jawa dengan tiga nilai yang dijunjung tersebut. Banyak fenomena yang terjadi dalam masyarakat. Misalnya dalam dalam sebuah keluarga, mereka lebih memillih untuk menutupi walaupun tidak dapat dipungkiri dibelakang mereka sering membicarakan. Mereka lebih menunjukan sikap senangnya walaupun ada permasalahan pada mereka. Tegasnya orang Jawa yang benar lakunya saling hormat-menghormati, yang rendah merasa rendah yang tinggi melindungi (“ngayomi”). Implikasi peran ini tercermin pada “tata krama”undha saking basa”, “Uda Angara”, “Suba sita”, dan sebagainya ( Soetomo,2000:3 ) Continue reading

Silsbus Mata Pelajaran Antropologi Kelas XII SMA

K132

SILABUS MATA PELAJARAN: ANTROPOLOGI

(PEMINATAN BAHASA)

Satuan Pendidikan         : SMA

Kelas /Semester            : XII /1-2

Kompetensi Inti

KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

Continue reading

Silabus Mata Pelajaran Antropologi Kelas XI SMA K13

K132

 Silabus Mata Pelajaran Antropologi Kelas XI SMA K13 

( Peminatan Bahasa )

Satuan Pendidikan         : SMA

Kelas /Semester            : XI /1-2

Kompetensi Inti

KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia Continue reading

Silabus Mata Pelajaran Antropologi SMA kelas X K13

K132

Silabus Mata Pelajaran Antropologi SMA kelas X K13

Satuan Pendidikan         : SMA

Kelas /Semester            : X/1-2

Kompetensi Inti

KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. Continue reading

Pemberdayaan Masyarakat dari LRC-KJHAM

lrc-kjham

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat

Lembaga Research Center-Kajian Jender dan Hak Asasi Manusia

  1. Profil Lembaga

LRC-KJHAM (Legal Resiurces Center untuk Keadilan Jender dan Hak Asasi Manusia) adalah sebuah NGO yang berdomisil di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. LRC-KJHAM berdiri untuk memajukan nilai-nilai dan prinsip keadilan jender dalam proses perumusan kebijakan dan selalu bekerja untuk membangun, melindungi, dan meningkatkan hak asasi perempuan. LRC-KJHAM menyediakan layanan bantuan hukum, support psikologi untuk perempuan dan anak-anak, juga fokus pada pedidikan, penelitian, advokasi kebijakan dan pendokumentasian pelenggaran hak asasi manusia. Continue reading

Silabus Sosiologi Kelas XII Kurikulum 2013

K132

SILABUS MATA PELAJARAN: SOSIOLOGI

Satuan Pendidikan        : SMA/MA

Kelas                                 : XII

Kompetensi Inti              :

KI 1   : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2   : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia Continue reading

Silabus kelas XI Kurrikulum 2013

K132

SILABUS MATA PELAJARAN: SOSIOLOGI

(PEMINATAN ILMU-ILMU SOSIAL)

Satuan pendidikan        : SMA/MA

Kelas                              : XI

Kompetensi Inti              :

KI 1     : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2     : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia Continue reading