Redistribusi: HUT RI di Kabupaten Cilacap

Panggung Gembira” Konsep Redistribusi memperingati HUT RI           

Kegembiraan menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada tanggal 17 Agustus selalu hangat diperbincangkan oleh setiap penduduk diseluruh pelosok negeri. Tua, muda, dewasa, maupun balita semua turut bersuka cita merayakan hari dimana teks proklamasi yang menjadi momentum kemenangan bangsa.

Desa karang reja, sebuah desa jauh dipelosok Kabupaten Cilacap turut merayakan hari kemerdekaan setiap tahunnya. Gapura, bendera, pathok, umbul-umbul, serta atribut-atribut serba merah-putih menjadi properti utama yang dipajang sepanjang jalan, pertigaan, perempatan, maupun halaman-halaman rumah warga. Kerja bakti yang dijunjung atas nilai gotong royongpun dilakukan demi mempersiapkan hari akbar bagi seluruh warga negara.

Puncak dari perayaan HUT RI di Desa Karang reja adalah pesta Panggung Gembira. Panggung Gembira adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh masyarakat desa setiap tanggal 17 Agustus. Panggung Gembira biasanya dipersiapkan oleh masyarakat desa beberapa hari sebelum tanggal 17 Agustus, dengan panggung dan tratag yang cukup mewah bagi warga desa dengan gaya hidup sederhata itu. Tak lupa juga pernak-pernik khas tujuhbelasan yang meramaikan panggung. Acara dimulai pada pukul 19.00 WIB atau setelah sholat Isya dan berakhir pada sekitar pukul 02.00 WIB (dini hari). Perayaan hari kemerdekaan tersebut berupa pengadaan makan bersama warga dan para petinggi-petinggi desa, pesta tari-tarian, pemotongan nasi tumpeng, lomba menyanyi, dan pertunjukkan kebudayaan yang tentunya sangat menghibur seluruh warga Desa Karang reja.

Menilik perayaan pesta panggung gembira, dapat kita lihat adanya konsep redistribusi, khusunya redistribusi sosial. Redistribusi adalah suatu bentuk kerjasama individu-individu anggota suatu masyarakat atau suatu kelompok dalam memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Redistribusi berarti suatu proses perpindahan hak dari satu orang ke orang lain atau satu kelompok ke kelompok lain, biasanya yang berpindah adalah barang dan jasa (Sairin, 2001;68). Pelaksanaaan redistribusi adalah murni penyaluran barang dan jasa tanpa mengharapkan adanya balas jasa pada pelaksanaannya.

Pesta panggung gembira adalah pesta yang dilaksanakan oleh warga desa sendiri. Dengan biaya yang didapat dari pungutan resmi yang dilakukan oleh para pegawai desa sebagai wakil simbolik kepala desa (kades) dan kepala dusun (kadus). Pungutan diambil dari setiap keluarga, pungutan berupa uang dengan besaran yang telah ditentukan bersama, selain dalam bentuk uang, warga juga nyumbang berbagai tumpeng dan makanan. Secara singkat, mekanisme redistribusinya adalah warga menyumbang kepada desa, lalu sumbangan yang telah terkumpul di desa, dibagikan lagi ke warga.

Konsep redistribusi sebenarnya dapat ditemukan dalam semua kelompok dan kegiatan masyarakat. Salah satunya pada masyarakat Desa Karang reja, dalam bentuk perayaan Panggung Gembira untuk memeperingati HUT Republik Indonesia. Nilai-nilai yang ada dalam sistem redistribusi sangat baik untuk menjaga nilai-nilai integrasi masyarakat. Maka secara tidak langsung, dengan adanya perayaan panggung gembira, maka nilai-nilai kesatuan serta hormat kepada pemimpin akan tetap lestari dan membumi.

 Artikel ini ditulis bersama Rani Meilina, untuk memberikan contoh dalam penjelasan konsep Redistribusi Mata Kuliah Antropologi Ekonomi

Tulisan ini dipublikasikan di Antropologi. Tandai permalink.

30 Balasan pada Redistribusi: HUT RI di Kabupaten Cilacap

  1. Rima A Riani berkata:

    sebaiknya judulnya ditulis di menu judul saja mb pina, biar gak dobel-dobel 😀

  2. artikenya membantu. jangan lupa mampir ke blog ane juga ya sis
    :v

  3. Novita Windiarti berkata:

    kereeeen deh. panggung gembira selain untuk memperingati kemerdekaan semoga juga bisa menguatkan solidaritas masyarakat cilacap ya 😀

  4. sebaiknya judulnya satu aja mba pin 🙂

  5. Arrum yuni berkata:

    Artikelnya cukup menarik. lanjutkan fin 😀

  6. Isi artielnya sudah bagus semoga bisa menambah wawasan 🙂

  7. panggung gembira semoga hatinya juga gembira always yah 🙂

  8. wah cilacap. kapan main ke cilacap fin 😀

  9. Sofiyatin berkata:

    Cilacap tempat yang keren buat hunting foto tau gak kak ?:D

  10. Menarik artikelnya, semangat untuk menulis yang lain

  11. Anis Istiqomah berkata:

    artikel nya bagus fin
    semangat memposting

  12. kalau bisa judul artikelnya satu saja mba fin 🙂

  13. ignasia intan berkata:

    Pengamatanmu jauh juga ya hehe lanjutkan yaaa

  14. mangats yaa fin, yuk ke cilacap bareng hehehe

  15. semangat ditingkatkan lagi yaa.

  16. Siti Farikhah berkata:

    artikelnya membawa wajah gembira 😀

  17. Yuh pada dolan cilacap pada dolan majenang fin 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: