Ulasan Akhir 10 Blog Sejawat

Blog No.1

  1. Nama pemilik Blog    : Muhammad Agus Massholeh
  2. Alamat Blog/Http      : http://blog.unnes.ac.id/agusms/
  3. Kelebihan/Keunggulan :Tampilan blog sangat menarik, blog sudah dimodifikasi, kreatif, artikelnya sudah bervariasi, sudah ada link blog teman, kategori  aktif bisa di klik, sudah ada profile dan keterangan informasi blog dibuat.
  4. Kekurangan/Kelemahan :Postingan artikel maupun materi sebagian besar tidak dirata kanan kiri sehingga terlihat kurang rapi.Untuk kategori “news” masih membingungkan.
  5. Saran dan Usulan tambahan / perbaikan :Saat memposting diperhatikan kembali kerapian di dalam penulisannya, di cek kembali ada materi SMA yang terlewat tidak diposting yaitu pada kelas XII tentang Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas. Untuk postingan materi diberi gambar agar yang membaca lebih tertarik, untuk kategori silabus sosiologi dimasukkan kedalam kategori sosiologi SMA,tidak perlu membuat kategori silabus sosiologi agar  sesuai ketentuan begitu juga dengan kategori silabus antropologi dimasukkan di dalam kategori antropologi SMA.

Lanjutkan membaca

Dipublikasi di Praktek Laboratorium | Tinggalkan Komentar

Materi Sosiologi kelas XII:Kearifan lokal dan pemberdayaan komunitas

Kearifan lokal

Konsep Kearifan Lokal
Kearifan lokal dapat didefinisikan sebagai: suatu kekayaan budaya lokal yang mengandung kebijakan hidup; pandangan hidup (way of life) yang mengakomodasi kebijakan (wisdom) dan kearifan hidup.
Kearifan lokal itu tidak hanya berlaku secara lokal pada budaya atau etnik tertentu, tetapi dapat dikatakan bersifat lintas budaya atau lintas etnik sehingga membentuk nilai budaya yang bersifat nasional.Contoh: hampir di setiap budaya lokal di Nusantara dikenal kearifan lokal yang mengajarkan gotong royong, toleransi, etos kerja, dan seterusnya.
Pada umumnya etika dan nilai moral yang terkandung dalam kearifan lokal diajarkan turun-temurun, diwariskan dari generasi ke generasi melalui sastra lisan (antara lain dalam bentuk pepatah, semboyan, dan peribahasa, folklore), dan manuskrip. Lanjutkan membaca

Dipublikasi di Pembelajaran Sosiologi SMA | Tinggalkan Komentar

Materi Sosiologi kelas XII:Ketimpangan sosial sebagai dampak perubahan sosial di tengah globalisasi

images (8)

Mengapa globalisasi berakibat ketimpangan sosial?globalisasi, terutama ekonomi, lebih didukung oleh pandangan yang bersifat kapitalistik. Integrasi perdagangan global menerobos batas-batas wilayah negara dan geografis, sehingga suatu negara tidak dapat melakukan proteksi terhadap produk-produk industri di dalam negerinya ketika berhadapan dengan produk-produk industri yang berasal dari luar negeri. Pengalaman dan efisiensi yang berlangsung dalam proses produksi di negara-negara maju memungkinkan untuk menghasilkan produk-produk yang bermutu baik dengan harga yang lebih murah. Sedangkan rendahnya teknologi, in-efisiensi, dan munculnya ekonomi biaya tinggi (high cost economy) yang menjadi ciri di negara-negara berkembang membuat produk-produk dalam negeri bermutu rendah tetapi tidak dapat dijual dengan biaya murah. Lanjutkan membaca

Dipublikasi di Pembelajaran Sosiologi SMA | Tinggalkan Komentar

Materi Sosiologi kelas XII:Globalisasi dan perubahan komunitas lokal

pngaruh globalisasi

Pengertian Globalisasi

Kata “globalisasi” diambil dari kata global, yang maknanya ialah universal. Globalisasi belum memiliki definisi yang mapan, kecuali sekadar definisi kerja (working definition), sehingga tergantung dari sisi mana orang melihatnya. Ada yang memandangnya sebagai suatu proses sosial, atau proses sejarah, atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain, mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan ko-eksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi dan budaya masyarakat. Dan Globalisasi juga merupakan suatu proses yang mencakup keseluruhan dalam berbagai bidang kehidupan sehingga tidak tampak lagi adanya batas-batas yang mengikat secara nyata, sehingga sulit untuk disaring atau dikontrol.
Lanjutkan membaca

Dipublikasi di Pembelajaran Sosiologi SMA | Tinggalkan Komentar

Materi Sosiologi kelas XII:Perubahan sosial dan dampaknya

Perub Sosbud

Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

  • Gillin: Pengertian perubahan sosial menurut Gillin adalah perubahan yang terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubhan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi maupun dengan difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.
  • Mac Iver: Menurut Mac Iver, pengertian perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi dalam hubungan sosial (social relation) atau perubahan terhadap keseimbangan (ekuilibrium) hubungan sosial.
  • Emile Durkheim: Pengertian perubahan sosial menurut Emile Durkheim bahwa perubahan sosial dapat terjadi sebagai hasil faktor-faktor ekologis dan demografis, yang mengubah kehidupan masyarakat dari kondisi tradisional yang diikat solidaritas mekanistik, ke dalam kondisi masyaakat modern yang diikat oleh solidaritas organistik.
  • William F. Ogburn: Pengertian perubahan sosial menurut William F. Ogburn bahwa arti perubahan sosial adalah perubahan yang mencakup unsur-unsur kebudayaan baik material maupun immaterial yang menekankan adanya pengaruh besar dari unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial.
  • Kingsley Davis: Pengertian perubahan sosial menurut Kingsley Darvis adalah perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.
  • Selo Soemardjan: Pengertian perubahan sosial meurut Selo Soemardjan adalah segala perubahan pada berbagai lembaga masyarakat dalam suatu lingkungan masyarakat yang memengaruhi sistem sosial, termasuk di dalamnya nilai sosial, sikap, pola perilaku antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.
  • Karl Marx: Pengertian perubahan sosial menurut Karl Marx adalah perubahan-perubahan yang terjadi karena perkemangan teknologi atua kekuatan produktif dan hubungan antara kelas-kelas sosial yang berubah.

Lanjutkan membaca

Dipublikasi di Pembelajaran Sosiologi SMA | Tinggalkan Komentar

Materi Sosiologi kelas XI:Integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya pemecahan masalah konflik dan kekerasan

Integrasi

A. Integrasi Sosial
Pengertian Integrasi Sosial
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) disebutkan bahwa integrasi adalah pembauran sesuatu yang tertentu hingga menjadi kesatuan yang utuh dan bulat. Istilah pembauran tersebut mengandung arti masuk ke dalam, menyesuaikan, menyatu, atau melebur sehingga menjadi seperti satu. Dengan demikian, integrasi merujuk pada masuk, menyesuaikan, atau meleburnya dua atau lebih hal yang berbeda sehingga menjadi seperti satu. Dari uraian tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa integrasi sosial adalah proses penyesuaian unsur-unsur yang berbeda dalam masyarakat sehingga menjadi satu kesatuan. Unsur-unsur yang berbeda tersebut dapat meliputi perbedaan kedudukan sosial, ras, etnik, agama, bahasa, kebisaaan, sistem nilai, dan norma. Lanjutkan membaca

Dipublikasi di Pembelajaran Sosiologi SMA | Tinggalkan Komentar

Materi Sosiologi kelas XI:Konflik, kekerasan, dan upaya penyelesaiannya

Konflik Sosial

 

Pengertian Konflik
Kata “konflik” berasal dari bahasa Latin “configure” yang artinya saling memukul. Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konflik didefinisikan sebagai percekcokkan, perselisihan, atau pertentangan. Dengan demikian, secara sederhana, konflik merujuk pada adanya dua hal atau lebih yang bersebrangan, tidak selaras, dan bertentangan.
Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (atau juga kelompok) yang berusaha menyingkirkan pihak lain dengan cara menghancurkan atau membuatnya tidak berdaya.
Konflik lahir dari kenyataan akan adanya perbedaan-perbedaan, misalnya perbedaan ciri badaniah, emosi, kebudayaan, kebutuhan, kepentingan, atau pola-pola perilaku antarindividu atau kelompok dalam masyarakat. Lanjutkan membaca

Dipublikasi di Pembelajaran Sosiologi SMA | Tinggalkan Komentar

Materi Sosiologi kelas XI:Perbedaan, kesetaraan dan harmoni sosial

bhinneka-tunggal-ika-masa-depan

“Perbedaan budaya tidak boleh memisahkan kita dari yang lain. Keragaman budaya justru harus membawa sebuah kekuatan kolektif yang dapat bermanfaat bagi seluruh umat manusia”. (Robert Alan)

Perbedaan dan keberagaman bukanlah sumber pemecah belah. Prinsip kesetaraan dan harmoni sosial menumbuhkan toleransi di dalam masyarakat. Lanjutkan membaca

Dipublikasi di Pembelajaran Sosiologi SMA | Tinggalkan Komentar

Materi Sosiologi kelas XI:Berbagai permasalahan sosial dalam masyarakat

Cara-mengatasi-masalah-sosial

Permasalahan sosial merupakan sebuah gejala atau fenomena yang muncul dalam realitas kehidupan bermasyarakat. Dalam mengidentifikasi permasalahan sosial yang ada di masyarakat berbeda-beda antara tokoh satu dengan lainnya.

Berikut beberapa definisi masalah sosial yang dikemukakan oleh para ahli, yaitu:

  1. Menurut Soerjono Soekanto, masalah sosial merupakan suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial.
  2. Menurut Soetomo masalah sosial adalah sebagai suatu kondisi yang tidak diinginkan oleh sebagian besar warga masyarakat.
  3. Menurut Lesli, masalah sosial sebagai suatu kondisi yang mempunyai pengaruh terhadap kehidupan sebagian besar warga masyarakat sebagai sesuatu yang tidak diinginkan atau tidak disukai dan karena perlunya untuk diatasi atau diperbaiki.
  4. Menurut Martin S. Weinberg, masalah sosial adalah situasi yang dinyatakan sebagai sesuatu yang bertentangan dengan nilai-nilai oleh warga masyarakat yang cukup signifikan, dimana mereka sepakat dibutuhkannya suatu tindakan untuk mengubah situasi tersebut.

Lanjutkan membaca

Dipublikasi di Pembelajaran Sosiologi SMA | Tinggalkan Komentar

Materi Sosiologi kelas XI:Pembentukan kelompok sosial

download

PENGERTIAN KELOMPOK SOSIAL

Kelompok Sosial merupakan kesatuan sosial yang terdiri atas kumpulan individu-individu yang hidup bersama dengan mengadakan hubungan timbal balik yang cukup intensif dan teratur, sehingga dari padanya diharapkan adanya pembagian tugas, struktur, serta norma-norma tertentu yang berlaku bagi mereka.

Definisi Kelompok Sosial menurut beberapa ahli:
1. Paul B. Horton dan Chester L. Hunt, kelompok social sebagai kumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotaannya dan saling berinteraksi.
2. Soerjono Soekanto, kelompok social adalah himpunan atau kesatuan-kesatuan manusia yang hidup bersama karena adanya hubungan antara mereka secara timbale balik dan saling mempengaruhi
3. Hendropuspito, kelompok social sebagai suatu kumpulan nyata, teratur dan tetap dari individu-individu yang melaksanakan peran-perannya secara berkaitan guna mencapai tujuan bersama. Lanjutkan membaca

Dipublikasi di Pembelajaran Sosiologi SMA | Tinggalkan Komentar